Sesuai materi yang telah diberikan, diketahui terdapat lima langkah urutan perancangan. Berdasarkan lima langkah urutan tersebut, rancanglah sebuah sistem berbasis pengisian borang (formulir) untuk menyimpan stok buku pada suatu perpustakaan.

Sesuai materi yang telah diberikan, diketahui terdapat lima langkah urutan perancangan. Berdasarkan lima langkah urutan tersebut, rancanglah sebuah

Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Sesuai materi yang telah diberikan, diketahui terdapat lima langkah urutan perancangan. Berdasarkan lima langkah urutan tersebut, rancanglah sebuah sistem berbasis pengisian borang (formulir) untuk menyimpan stok buku pada suatu perpustakaan."

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Sesuai materi yang telah diberikan, diketahui terdapat lima langkah urutan perancangan. Berdasarkan lima langkah urutan tersebut, rancanglah sebuah sistem berbasis pengisian borang (formulir) untuk menyimpan stok buku pada suatu perpustakaan.

Jawaban

Berikut adalah rancangan sistem berbasis pengisian borang (formulir) untuk menyimpan stok buku pada suatu perpustakaan berdasarkan langkah-langkah perancangan yang telah disebutkan:

1)    Pemilihan Ragam Dialog

Dalam hal ini, ragam dialog yang paling sesuai adalah dialog antara pengguna (petugas perpustakaan) dan sistem. Pengguna akan mengisi borang/formulir untuk memasukkan informasi mengenai stok buku yang akan disimpan dalam perpustakaan.

2) Perancangan Struktur Dialog

Struktur dialog yang diusulkan adalah sebagai berikut:
  • Sistem memberikan pesan selamat datang dan meminta pengguna untuk mengisi formulir.
  • Pengguna akan diminta untuk memasukkan detail buku, seperti kode buku, judul buku, pengarang, penerbit, tahun terbit, kategori, dan jumlah eksemplar.
  • Setelah pengguna mengisi formulir, sistem akan memeriksa kevalidan data yang dimasukkan.
  • Jika terdapat kesalahan atau data yang kurang valid, sistem akan memberikan pesan kesalahan dan meminta pengguna untuk memperbaikinya.
  • Jika semua data valid, sistem akan menyimpan informasi buku ke dalam basis data perpustakaan.
  • Sistem akan memberikan konfirmasi kepada pengguna bahwa stok buku telah berhasil disimpan.

3) Perancangan Format Pesan

Format pesan yang digunakan dalam sistem ini harus jelas dan mudah dipahami oleh pengguna. Contoh format pesan yang dapat digunakan adalah:
  • Pesan permintaan pengisian formulir: "Silakan masukkan detail buku berikut:"
  • Pesan kesalahan: "Terjadi kesalahan. Mohon periksa kembali data yang Anda masukkan."
  • Pesan konfirmasi: "Stok buku telah berhasil disimpan dalam perpustakaan."
  • Pesan selamat datang: "Selamat datang di sistem pengisian borang stok buku perpustakaan. Silakan isi formulir di bawah ini."

4) Perancangan Penanganan Kesalahan

Sistem harus mampu mengidentifikasi dan menangani kesalahan yang mungkin terjadi saat pengguna mengisi formulir. Beberapa contoh penanganan kesalahan yang dapat dilakukan adalah:
  • Memeriksa apakah semua kolom formulir telah diisi dengan benar dan tidak ada yang kosong.
  • Memvalidasi tahun terbit buku, misalnya dengan memastikan bahwa tahun tersebut berada dalam rentang yang valid.
  • Memeriksa apakah jumlah eksemplar buku adalah angka positif.
Jika terdapat kesalahan, sistem akan memberikan pesan yang jelas kepada pengguna tentang kesalahan yang terjadi dan instruksi untuk memperbaikinya.

5) Perancangan Struktur Data

Untuk menyimpan jumlah/ stok buku, perlu menggunakan struktur data yang sesuai. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah menggunakan basis data relasional. Misalnya, kita dapat memiliki tabel "Buku" dengan kolom-kolom seperti judul, pengarang, penerbit, tahun terbit, dan jumlah eksemplar.

Dengan menggunakan basis data, sistem dapat melakukan operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) untuk mengelola stok buku perpustakaan. Pengguna dapat menambahkan buku baru dengan mengisi formulir, melihat daftar buku yang ada, memperbarui informasi buku, atau menghapus buku dari stok perpustakaan.

Rancangan Berbasis Pengisian Borang (Formulir) Untuk Menyimpan Stok Buku Pada Suatu Perusahaan, dapat dilihat sebagai berikut:

Pada tahun terbit dan kategori, terdapat menu dengan jenis gulungan sebagai berikut:


Dengan rancangan ini, sistem berbasis pengisian borang (formulir) dapat digunakan untuk mengelola dan menyimpan stok buku pada suatu perpustakaan.

Sumber/Referensi:

  • Santosa Insap, P. (2020). MSIM4208 - Informasi Interaksi Manusia dan Komputer (Modul 8 - Modul 9). Universitas Terbuka.

Akhir Kata


Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain