Dalam sebuah basis data relasi, terdapat 4 tingkatan data yang tersimpan dalam basis data yaitu tabel, record, field, dan karakter. Berikan contoh kasus yang Anda ketahui disertai penjelasan ke 4 tingkatan tersebut!

Dalam sebuah basis data relasi, terdapat 4 tingkatan data yang tersimpan dalam basis data yaitu tabel, record, field, dan karakter. Berikan contoh


Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Dalam sebuah basis data relasi, terdapat 4 tingkatan data yang tersimpan dalam basis data yaitu tabel, record, field, dan karakter. Berikan contoh kasus yang Anda ketahui disertai penjelasan ke 4 tingkatan tersebut!"

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Dalam sebuah basis data relasi, terdapat 4 tingkatan data yang tersimpan dalam basis data yaitu tabel, record, field, dan karakter. Berikan contoh kasus yang Anda ketahui disertai penjelasan ke 4 tingkatan tersebut!

Jawaban

Pada suatu Basis Data Relasi, data yang tersimpan di dalam DBMS memiliki tingkatannya masing-masing, tingkatan tersebut terbagi atas 4 tingkatan, yaitu: Tabel/Entity, Record atau Tupple, Field atau Atributte, dan Karakter

Pada contoh kasus ini, saya akan membuat dan menggunakan Database "Penjualan", yang berisi satu table yang diberi nama “tbl_barang” dengan rincian sebagai berikut. Dibawah ini terdapat penjelasan dan contoh kasus dari 4 tingkatan Basis Data Relasi.

1.    Table/Entity

Dalam database, sebuah tabel (table) adalah kumpulan data yang terdiri dari baris dan kolom yang terorganisir secara terstruktur. Setiap baris dalam tabel mewakili satu unit data atau satu entitas, sedangkan setiap kolom dalam tabel mewakili satu atribut dari entitas tersebut. Dalam aplikasinya, penggunaan istilah entity sering disamakan dengan istilah tabel (entity = table).

Contoh tabel dalam database “penjualan” yang sudah saya buat ialah “tbl_barang”, dimana dalam “tbl_barang” berisi informasi mengenai id_barang, kode_barang, nama_barang, dan harga_barang. Tabel “tbl_barang” dapat dilihat pada kotak hijau dibawah ini.
Setiap tabel dalam database memiliki nama yang unik dan dapat diidentifikasi secara unik di dalam database. Setiap tabel juga dapat memiliki satu atau beberapa kunci utama (primary key) yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap baris secara unik. Kunci utama ini juga digunakan sebagai referensi oleh tabel lain dalam database untuk membentuk relasi antar tabel dalam suatu hubungan yang disebut relasi basis data atau hubungan basis data (database relation).

Table/Entity merupakan salah satu elemen penting dalam struktur basis data relasional, dan digunakan sebagai basis untuk membangun relasi antar tabel dalam database. Tabel dapat dimodifikasi, dihapus, atau ditambahkan data di dalamnya melalui perintah-perintah SQL (Structured Query Language) yang digunakan untuk mengakses dan mengelola data dalam basis data.

2.    Record atau Tupple

Dalam database, Record/Tupple adalah kumpulan data value dari attribute yang berkaitan, sehingga dapat menjelaskan sesuatu entity secara lengkap. Pada contoh kasus ini entity barang ialah kumpulan data value dari field id_barang, kode_barang, nama_barang dan harga barang. Record biasanya disebut juga dengan baris.

Record ini juga sering disebut sebagai tupel dalam teori database dan biasanya memiliki kunci unik untuk mengidentifikasi dan membedakan satu record dari yang lainnya. Kunci ini bisa berupa nomor urut, kode, atau kombinasi nilai dari beberapa kolom dalam record. Dibawah ini jumlah Record-nya adalah 4.


3.    Field atau Attribute

Dalam database, Field/Attribute adalah bagian dari Record/Tupple yang mengandung informasi atau data spesifik tentang suatu entitas atau objek dalam database. Field biasanya terdiri dari tipe data tertentu, seperti teks, angka, tanggal, dan sebagainya. Contoh field dalam kasus ini ialah field id_barang, kode_barang, nama_barang dan harga_barang. Dalam tabel dari sebuah database, field biasanya disebut juga dengan kolom. Dibawah ini jumlah Field-nya adalah 4.

4.    Karakter (Character)

Dalam database, Karakter adalah bagian terkecil di dalam database, dimana karakter tersebut dapat berupa karakter numerik/angka (0-9), huruf (A-Z) atau karakter khusus (@#$%&!-) yang membentuk suatu item/field. Karakter dapat digunakan untuk mempresentasikan informasi teks, seperti id_barang, kode_barang, nama_barang dan harga_barang.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Dalam sebuah basis data relasi, terdapat 4 tingkatan data yang tersimpan dalam basis data yaitu tabel, record, field, dan karakter. Berikan contoh kasus yang Anda ketahui disertai penjelasan ke 4 tingkatan tersebut!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain