Pada prinsipnya perencanaan itu untuk membantu tercapainya tujuan suatu organisasi atau perusahaan. Apa yang Anda ketahui mengenai kontroversi dari perencanaan? Berikan contoh kasusnya.

Apa yang Anda ketahui mengenai kontroversi dari perencanaan? Berikan contoh kasusnya.

Haloo semuanya, apakabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Manajemen. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Terkait benar atau tidaknya jawaban disini, itu tidak menjadi jaminan 100%. Namun, kamu dapat mempercayainya. Jangan lupa untuk memparafrase dan menggunakan dengan kalimat sendiri yaaa.

Dibawah ini, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Pada prinsipnya perencanaan itu untuk membantu tercapainya tujuan suatu organisasi atau perusahaan. Apa yang Anda ketahui mengenai kontroversi dari perencanaan? Berikan contoh kasusnya.

Jawaban Pertama

Perencanaan merupakan salah satu fungsi dari manajemen yang sangat mendasar yang didalamnya melibatkan pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan, kapan harus dilakukan, bagaimana cara melakukannya, dan serta siapa yang melakukannya. Perencanaan dapat menentukan tujuan individu, organisasi maupun perusahaan ke berbagai tindakan guna mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan harapan perencanaan yang dilakukan sudah direncanakan dengan matang agar bisa memperoleh keuntungan dan mencapai tujuan utama.
 
Namun, daripada itu perencanaan juga mempunyai sebuah kontroversi. Menurut saya, kontroversi dari perencanaan biasanya terjadi dengan berbagai hambatan dan juga perdebatan. Contoh dari hambatannya seperti, ada seseorang dalam suatu perusahaan itu yang tidak memahami tentang perusahaan tersebut, tidak memahami lingkungan perusahaan, tidak untuk melepaskan tujuan lain, serta tujuan yang tidak tepat dalam sebuah perencanaan yang bisa menimbulkan perdebatan antar divisi atau individu tentang perencanaan yang sudah disusun sebelumnya.
 
Kontroversi yang telah terjadi sebelumnya dapat diatasi dan diminimalisir oleh para manajer dengan banyak cara, seperti memberi penjelasan lebih detail kepada orang yang ada di perusahaan itu tentang perusahaan tersebut, memberi pemahaman mengenai lingkungan perusahaan, membuat orang-orang di dalam perusahaan tersebut yakin dengan tujuan baru yang telah ditetapkan juga membantu untuk menetapkan tujuan baru, juga saling memahami satu sama lain antar individu, maupun divisi dalam perusahaan sehingga perencanaan yang akan dilakukan dapat dilaksanakan dengan baik dan matang.
 
Contoh Kasus Mengenai Kontroversi Perencanaan
 *Disini saya akan mengambil contoh mengenai perencanaan di bidang pendidikan.
 
KONTROVERSI UJIAN NASIONAL SEPANJANG MASA
 
Keberadaan dan Penerapan Ujian Nasional (UN) banyak menuai kritik dan kontroversi apabila dikaitkan dengan UU Sisdiknas Nomor 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Rangkaian butir-butir kritik itu terjalin dalam tujuh untaian pelanggaran UN yakni hanya mengukur aspek kognitif sehingga tidak dapat dijadikan standar untuk mengukur mutu pendidikan, mengabaikan diversifikasi potensi daerah dan peserta didik, merampas hak guru untuk melakukan evaluasi hasil belajar peserta didiknya, mendasarkan evaluasi pada peserta didik semata, penentuan kelulusan bukan oleh guru, pemerintah dan pemerintah daerah merampas hak pemberian ijazah kepada peserta didik setelah lulus ujian.
 
UN hanya mengevaluasi hasil akhir proses pembelajaran secara momental dan tidak komprehensif serta mengabaikan orientasi tujuan pendidikan sehingga tidak mengindikasikan mutu pendidikan. Paparan kontroversi ini dimaksudkan untuk dimanfaatkan para pendidik dan pemerhati pendidikan guna menemukan solusi dalam rangka pembenahan kebijakan penilaian pendidikan demi peningkatan pendidikan yang berakses pada pembangunan nasional bangsa menuju bertambahnya kesejahteraan rakyat.
 
Kontroversi mengenai UN diantaranya:
  1. Cara penilaiannya yang sangat terbatas, UN tidak akan memperlihatkan mutu pendidikan. Apalagi jika kelulusan peserta didik hanya didasarkan atas hasil UN yang momental dan tidak komprehensif, maka UN menjadi sangat kejam karena ratusan ribu peserta didik akan menjadi korban kebijakan yang salah.
  2. Penilaian yang dilakukan dalam UN tidak memperhatikan keragaman potensi daerah dan peserta didik.
  3. Hak guru untuk melakukan evaluasi hasil belajar peserta didiknya diambilalih oleh pemerintah dengan diberlakukannya UN.
  4. UN hanya melakukan evaluasi terhadap peserta didik, yang mana seharusnya tidak hanya peserta didik saja yang dievaluasi tetapi juga lembaga dan program pendidikan harus ikut dievaluasi.
  5. Ijazah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditas.
Dengan kontroversi-kontroversi yang telah disebutkan diatas, bisa kita katakan bahwa perencanaan yang dilakukan dalam sistem pendidikan mengenai Ujian Nasional itu masih banyak hambatan-hambatan.
 
Dalam pelaksanaan Ujian Nasional apabila terjadi kebocoran soal dan jawaban maka akan berpotensi terjadinya ujian ulang, didalam pelaksanaan Ujian Nasional peserta didik juga mempertaruhkan antara kompetensi dan kompetisi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
 
Dengan kejadian seperti itu banyak tanggapan mengenai Ujian Nasional diantaranya:
Ujian Nasional tetap dipertahankan, Ujian Nasional dipertahankan lalu ditelaah ulang, dan  Ujian Nasional dihapuskan.
 
Namun jika kita lihat dengan keadaan saat ini, Pemerintah sudah melakukan hal yang terbaik dalam dunia pendidikan, dengan menerapkan perencanaan baru yang telah dipersiapkan dengan matang dan akhirnya perencanaan ini pun berhasil dilakukan.
 
Saat ini Ujian Nasional sudah dihapuskan dan diganti dengan Ujian Asesmen Nasional yang berguna untuk meminimalisir kontroversi yang sudah terjadi pada waktu yang telah berlalu.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Pada prinsipnya perencanaan itu untuk membantu tercapainya tujuan suatu organisasi atau perusahaan. Apa yang Anda ketahui mengenai kontroversi dari perencanaan? Berikan contoh kasusnya. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain