Jelaskan mengenai Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial.

Jelaskan mengenai Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial.

Haloo semuanya, apakabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Pengantar Bisnis. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Terkait benar atau tidaknya jawaban disini, itu tidak menjadi jaminan 100%. Namun, kamu dapat mempercayainya. Jangan lupa untuk memparafrase dan menggunakan dengan kalimat sendiri yaaa.

Dibawah ini, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Jelaskan mengenai Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial.

Jawaban

Etika ialah komitmen untuk melakukan sesuatu yang benar dan menghindari sesuatu yang tidak benar. Dari pengertian etika tersebut dapat disimpulkan arti dari Etika Bisnis. Etika Bisnis ialah Kode etik perilaku seorang pengusaha ataupun perusahaan yang mengikuti dasar nilai-nilai moral dan norma yang dijadikan ketentuan disaat membuat keputusan bisnis dan melaksanakan kegiatan bisnisnya.

Etika bisnis sangat diperlukan sebab kinerja bisnis tidak hanya diukur dari kinerja manajerial saja, tetapi juga diukur dari yang berkaitan dengan komitmen moral, pelayanan, jaminan mutu dan tanggung jawab sosial. Lain daripada itu perusahaan juga harus mampu mempertahankan kepercayaan dari konsumen dan masyarakat. Lalu, perusahaan juga perlu menjalankan bisnis tanpa merugikan hak dan kepentingan semua pihak yang terkait dengan bisnis.

Di Dalam etika bisnis, perusahaan harus menerapkan beberapa sikap dan kemampuan diantaranya:
Sikap dan kemampuan dalam mengambil keputusan dan bertindak secara sadar mengenai apa yang harus dilakukan yang dianggap baik, melaksanakan sikap jujur yang bisa membuat relasi serta keberlangsungan kehidupan bisnis, adil dan tidak merugikan pihak manapun, menguntungkan semua pihak, serta menjaga nama baik perusahaan.

Tanggung Jawab Sosial ialah cara yang dilakukan pada bisnis secara menyeluruh guna menyelaraskan komitmen kepada kelompok yang sesuai dan individu dalam lingkungan sosialnya. Tanggung jawab sosial adalah wujud dari kepedulian suatu usaha pada masyarakat dan lingkungan disekitar dimana usaha tersebut berada dan Tanggung jawab sosial dapat dikatakan sebagai aktivitas penting untuk meningkatkan kelancaran bisnis.

Tanggung jawab sosial meliputi berbagai hal seperti, tanggung jawab kepada pelanggan/konsumen, tanggung jawab kepada karyawan, tanggung jawab kepada kreditor, tanggung jawab kepada pemegang saham/investor dan tanggung jawab kepada lingkungan masyarakat.
Tanggung jawab sosial harus dilaksanakan dan dimulai dari pimpinan teratas di suatu perusahaan, jika tidak dimulai dari pimpinan teratas maka tanggung jawab sosial tidak akan pernah terlaksana. Pimpinan teratas di perusahaan juga harus mendukung program ini serta bertanggung jawab untuk melaksanakan tanggung jawab sosial.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Jelaskan mengenai Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain