Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepemilikan bisnis dan bisnis kecil!

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepemilikan bisnis dan bisnis kecil!

Haloo semuanya, apakabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Pengantar Bisnis. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Terkait benar atau tidaknya jawaban disini, itu tidak menjadi jaminan 100%. Namun, kamu dapat mempercayainya. Jangan lupa untuk memparafrase dan menggunakan dengan kalimat sendiri yaaa.

Dibawah ini, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepemilikan bisnis dan bisnis kecil!

Jawaban

Kepemilikan bisnis merupakan bentuk bentuk kegiatan bisnis yang diperhatikan siapa pemilik atau pendirinya, sumber modalnya, serta apa tujuan dari pendirian bisnis tersebut. Kepemilikan bisnis terdiri dari bermacam-macam bentuk, diantaranya sebagai berikut:
 
1) Perusahaan Perseorangan
 
Perusahaan perseorangan adalah bisnis yang biasanya didirikan dan dimiliki oleh satu orang saja. Sehingga, pendiri atau pemilik dari perusahaan ini memiliki tanggung jawab juga kuasa yang tidak terbatas atas aset-asetnya termasuk resiko perusahaan yang ada. Keberlanjutan perusahaan ini hanya ditentukan oleh pemiliknya saja, jika tidak ada penerusnya maka perusahaan ini akan mati dan juga pemilik perusahaan harus menyiapkan dana yang cukup besar agar bisnisnya dapat berjalan.
 
2) Persekutuan atau Partnership
 
Persekutuan atau Partnership adalah bisnis yang atas persekutuan antara dua (2) orang atau lebih dengan menggunakan nama bersama dalam menjalankan bisnisnya. Karena, tidak semua orang mampu untuk bergerak sendiri, terkadang ada yang mempunyai modal namun tidak mempunyai kemampuan bisnis yang hebat, begitu juga sebaliknya. Setiap anggota persekutuan memiliki tanggung jawab yang tidak terbatas, begitu pula dengan kerugian dan keuntungan yang diperoleh semua dibagi sama rata kepada masing-masing anggota, tidak bisa dinikmati sendiri.
 
Jenis persekutuan terbagi tiga, yaitu: Persekutuan umum, persekutuan terbatas dan persekutuan yang terbatas kepemilikannya.
 
3) Korporasi
 
Korporasi adalah pemisah perbedaan bisnis yang dimiliki oleh para pemegang saham. Korporasi merupakan suatu organisasi dimana sumber daya, seperti tenaga kerja dan bahan baku diproses agar menghasilkan barang dan jasa.
Korporasi juga merupakan tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi, konsumsi dan distribusi.
 
4) Waralaba
 
Waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis antara pemilik merek, produk, atau sistem operasional dengan pihak kedua yang berupa pemberian izin untuk pemakaian merek, produk, dan sistem operasional. Tingkat kesalahan pada bisnis waralaba paling minim.
 
Dalam waralaba, pemilik bisnis atau yang dikenal dengan sebutan franchisor menggunakan uang sang pembeli franchise (franchisee) untuk mengembangkan bisnisnya. Sebagai barternya, dia akan menyediakan sistem bisnis yang sudah siap jalan kepada pihak franchisee. Dengan demikian, franchisee dapat berbisnis dengan merk, sistem, dan prosedur yang sudah ada sehingga tidak perlu membangun dari nol lagi.
 
5) Koperasi
 
Koperasi adalah bentuk bisnis yang beranggotakan orang-orang atau badan-badan yang bekerja sama dengan atas dasar kekeluargaan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota. Organisasi yang dimiliki akan dikendalikan oleh orang-orang yang menggunakannya seperti produsen, konsumen, dan juga pekerja guna untuk memperoleh keuntungan bersama.
 
Bisnis Kecil merupakan bisnis yang dimiliki secara independen, tidak dominan dalam bidang operasinya, dan  memenuhi standar ukuran tertentu dalam hal jumlah karyawan atau penerimaan tahunan. Bisnis kecil merupakan bisnis yang baru saja dimulai oleh seseorang yang skalanya masih terbilang kecil, bisnis kecil ini terjadi karena beberapa faktor seperti melihat banyak keuntungan yang akan didapat, adanya kesempatan, adanya tantangan, dan rasa tidak nyaman bekerja dengan orang lain dan ingin kerja secara mandiri.  
 
Bisnis kecil diperkirakan kurang memenuhi standar kualitas tertentu. Dalam bisnis kecil, pelanggan memerlukan perhatian yang lebih besar, dengan teknik produksi massal maka produk mudah dihasilkan, pemilik bisnis kecil harus memperhatikan pesaing, dan sebagainya.
 
Bisnis kecil dapat mengalami kegagalan dikarenakan beberapa hal, diantaranya: modal yang tersedia terlalu kecil, kurang teliti dan kurang berhati-hati dalam menggunakan modalnya, tak memahami siklus bisnis, harga yang ditetapkan terlalu tinggi atau rendah dan juga hutang piutang semakin membengkak.
 
Agar tidak terjadinya kegagalan pada bisnis maka pemilik harus mencari pengalaman sebanyak mungkin, banyak belajar dari orang lain dan mau mengambil alih perusahaan yang berhasil. Pemilik bisnis juga harus menyediakan sumber daya dan keuangan yang baik untuk bisnisnya, menetapkan rencana bisnis yang berkualitas, mengetahui target pasar, memberdayakan tenaga kerja dengan baik, dan menggunakan hasil penelitian dari data yang telah untuk mengelola bisnisnya.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Jelaskan apa yang dimaksud dengan kepemilikan bisnis dan bisnis kecil!. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain