Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!

Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!

Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Pada praktek good governance menyaratkan harus terdapat transparasi dalam proses penyelenggaraan pemerintah secara keseluruhan. Transparasi merupakan konsep yang penting yang mengringi kuatnyakeinginan untuk praktek good governance. Masyarakat diberikan kesempatan yang luas untuk mengetahui informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan, sehingga masyarakat dapat memberikan penilaian keberpihakan pemerintah terhadap kepentingan public. Oleh karena itu, masyarakat dapat dengan mudah menetukan apakah akan memerikan dukungan kepada pemerintah atau malah sebaliknya.

Dari uaraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!

Jawaban

4. Good Governance yang diartikan dalam tata pemerintahan ialah penggunaan suatu wewenang ekonomi, politik dan administrasi untuk mengelola urusan-urusan negara pada semua tingkatan. Terdapat empat karakteristik seorang pemimpin yang dapat memimpin suatu negara, yaiu cendekia, jujur, berani dan teguh pendirian atau dapat diartikan sebagai wujud tata kelola pemerintahan yang baik. 

Dalam praktek good governance, mahasiswa mempunyai peranan sebagai berikut:

Sebagai Agent of Change, mahasiswa sebagai kaum intelektual dituntut agar membuat suatu perubahan ke arah yang lebih baik lagi. Jika terjadi kondisi yang sedang tidak baik-baik saja disekitarnya, maka mahasiswa harus segera bertindak tidak boleh diam. Karena saat ini banyak sekali penyakit-penyakit pada masyarakat yang menghinggapi hati bangsa Indonesia ini, mulai dari pejabat-pejabat diatas sana hingga pejabat-pejabat dibawahnya, dan ini tentunya akan tertular pada banyak masyarakat. Sudah seharusnya mahasiswa bisa menghadapi masalah ini dan mahasiswa harus bisa melakukan perubahan sebab perubahan itu merupakan harga mutlak dan pasti akan terjadi walaupun mahasiswa diam.

Sebagai Agent of Control, mahasiswa juga harus berperan sebagai pengontrol atas kebijakan-kebijakan yang telah dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah, karena kebijakan-kebijakan tersebut didalamnya terdapat katitan dengan kehidupan orang banyak. Mahasiswa bisa menjadi peranan penting good governance pasa sistem pemerintahan. Mahasiswa harus berperan aktif sebagai pengawal dan pendorong good governance yang dilakukan agar menciptakan kesejahteraan yang seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Sebagai Iron Stock, mahasiswa merupakan aset, harapan bangsa dan cadangan di masa depan, mahasiswa diharapkan bisa menjadi generasi yang tangguh serta mempunyai kemampuan, akhlaku mulia dan moralitas agar dapat menggantikan generasi sebelumnya dengan lebih baik lagi. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya organisasi yang ada dikampus yang pengurusannya selalu berganti-ganti tiap generasinya, yang muda akan menjadi pemimpin. Bisa juga dilakukan dengan cara mempelajari berbagai pengetahuan baik dari segi profesi maupun segi kemasyarakatan.

Mahasiswa sebagai aktor dalam social development berperan sebagai tenaga-tenaga terdidik yang bisa menyalurkan keterampilan yang dimilikinya pada masyarakat mengenai isu-isu masyarakat, contohnya dengan memberikan penyuluhan, pelatihan, program pendampingan masyarakat, kuliah kerja nyata (KKN), dan sebagainya.

Mahasiswa sebagai "Guardian of Value", artinya mahasiswa mempunyai peran sebagai penjaga nilai-nilai yang ada di masyarakat, nilai apa yang harus dijaga? yaitu nilai mahasiswa sebagai insan akademis yang dalam memecahkan masalah dan mencari kebenaran selalu dengan cara berpikir ilmiah, tidak dengan asal-asalan. Nilai yang dijaga harus terbukti kebenarannya dan mahasiswa wajib menjaga kebenaran itu.

Mahasiswa Mempunyai keinsafan tanggung jawab terkait kesejahteraan masyarakat, Cekatan dan mandiri dalam memperoleh, memelihara, dan memajukan ilmu pengetahuan, Mampu memangku jabaran atau pekerjaan di masyarakat dengan amanah dan adil. 

Mahasiswa memberikan informasi pada masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum dengan menggunakan hak pilih sebaik-baiknya, agar bangsa dan negara Indonesia bisa maju seperti negara lainnya di berbagai belahan dunia.

Mahasiswa memberikan dorongan dan dukungan serta memandu masyarakat secara langsung untuk memilih partai politik dan calon wakil rakyat yang jujur, amanah, cerdas, berani, pejuang serta mempunyai perjalanan hidup yang baik di mata masyarakat.

Mahasiswa memberikan infomasi pada masyarakat mengenai partai politik dan calon wakil rakyat yang baik dan pantas untuk dipilih, agar hasil pemilihan umum bisa membawa bangsa ini semakin maju dibawah pemimpin yang benar dan tepat.

Referensi:

  • Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  • https://slideplayer.info/slide/2608898/
  • https://www.slideserve.com/star/peran-mahasiswa-dalam-mewujudkan-pemerintahan-yang-baik-good-governance

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait peran mahasiswa dalam upaya mewujudkan praktek good governance!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com 

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain