Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!

Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!

Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Pada kurun waktu lebih dari satu dasawarsa berjalannya otonomi daerah sejak disahkan UU No. 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah sudah banyak yang dicapai, namun amsih banyak hal yang belum bisa ditangani terkait dengan upaya dalam mengatasi implementasi kebijakan otonomi daerah. Contoh keberhasilan dari otonomi daerah dalah semakin luasnya kewenangan dari DPRD selaku Lembaga legeslatif serta kewenangan kepala daerah selaku eksekutif dan semakin terbukanya informasi serta partisipasi dari masyarakan dalam hal pengambilan keputusan dan penagwasan terhadap jalannya pemerintahan di tingkat daerah. Namun, keberhasilan tersebut juga diiringi dengan hambatan seperti munculnya istilah raja-raja kecil di daerah dan banyak kasus korupsi yang melibatkan kepala daerah sehingga menyebabkan anggaran yang seharusnya untuk membangun daerahnya dikorupsi dan pembangunan menjadi terhambat.

Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!

Jawaban

3. Otonomi daerah merupakan kewenangan suatu daerah untuk mengatur dan mengurus pemerintahan dan kepentingan masyarakatnya secara mandiri menurut peraturan dan caranya sendiri dengan tidak melanggar pada peraturan perundangundangan pusat yang sudah berlaku. 

Sejak diberlakukannya paket Undang-Undang mengenai Otonomi Daerah, banyak orang sering membicarakan aspek positifnya. Memang tidak disangkal lagi, bahwa otonomi daerah membawa perubahan positif di daerah dalam hal kewenangan daerah untuk mengatur diri sendiri. 

Akan tetapi apakah di tengah-tengah optimisme itu tidak terbersit kekhawatiran bahwa otonomi daerah juga akan menimbulkan beberapa persoalan yang jika tidak segera dicari pemecahannya, akan menyulitkan upaya daerah untuk memajukan rakyatnya? Jika jawabannya tidak, tentu akan sangat naif. Mengapa? Karena, tanpa disadari, beberapa dampak yang tidak menguntungkan bagi pelaksanaan otonomi daerah telah terjadi.

Masalah-masalah yang timbul diantarnya adalah: Adanya eksploitasi pendapatan daerah, pemahaman terhadap konsep desentralisasi dan otonomi daerah yang belum mantap, penyediaan aturan pelaksanaan otonomi daerah yang belum memadai, kondisi sumber daya manusia aparatur pemerintahan yang belum menunjang sepenuhnya, korupsi di daerah, adanya potensi munculnya konflik antar daerah.

Dari masalah-masalah diatas yang telah disebutkan, kita dapat melakukan suatu solusi nyata sebagai masyarakat agar dapat menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah. Diantaranya ialah:

Kita sebagai masyarakat disuatu daerah, harus menjadi pribadi yang kreatif, unggul dan harus bisa ikut serta dan berperan dalam kegiatan pelaksanaan otonomi daerah di daerahnya. Dengan ikut serta dalam kegiatan otonomi daerah, artinya kita selaku masyarakat telah turut membantu suksesnya pelaksanaan otomo daerah di daerahnya.

Kita juga harus bisa untuk meningkatkan rasa nasionalisme dengan mengadakan berbagai kegiatan nasionalisme seperti kegiatan wajib untuk mengibarkan bendera merah putih, mengharumkan nama bangsa, mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. 

Kita sebagai masyarakat juga harus selalu memperhatikan, mengawasi jika ada suatu kesalahan-kesalahan fatal yang terjadi yang bisa mengakibatkan gagalnya pelaksanaan otonomi di daerah tempat kita tinggal, seperti perilaku korupsi dan konflik antar daerah harus segera diatasi dan ditindaklanjuti agar masalah nya dapat segera diselesaikan.

Jika kita sebagai masyarakat telah ikut serta dalam pelaksanaan otonomi daerah, sebaiknya hindari perlakuan menyimpang dari peraturan-peraturan yang telah ditetapkan, seharusnya kita harus selalu mengikuti peraturan dan ketentuan yang telah berlaku agar pelaksanaan otonomi daerah dapat berjalan dengan baik, kita juga berhak untuk melarang anggota keluarga dari kepala daerah untuk maju dalam pemilihan daerah demi mencegah terbenuknya dinasti politik.

Selain dari itu kita sebagai masyarakat di daerah yang melaksanakan otonomi daerah, bisa meningkatkan kontrol dan pengawasan terhadp pembangunan di daerah dengan memilih mentri dalam negeri yang berkapasitas dan amanah agar pembangunan di daerah dapat selalu diawasi. 

Jika mendapatkan informasi daerah kita mendapatkan masalah mengenai pendanaan yang kurang untuk melaksanakan otonomi daerah, maka kita sebagai masayarakat di daerah tersebut harus bisa bekerjasama dengan pemerintah daerah dan mencari solusi bagaimana masalah pendanaan ini dapat segera diatasi dan diselesaikan. Misalkan dengan  cara, membantu dan menciptakan produk yang memiliki nilai jual sebagai pendanaan bantuan yang berguna untuk pelaksanaan otonomi daerah di daerahnya. 

Juga dari itu semua, hendaknya kita sebagai masyarakat harus selalu mau dan ikut membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan otonomi agar daerah yang kita tinggali semakin maju dan berkembang. 

Referensi:

  • Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  • https://ja.ejournal.unri.ac.id/index.php/JA/article/download/3370/3287

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com 

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain