Dari uraian di atas lakukanlah silahkan lakukan analisis kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indoneisa dalam kehidupan sehari-hari!

Dari uraian di atas lakukanlah silahkan lakukan analisis kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indoneisa dalam kehidupan sehari-hari!


Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah silahkan lakukan analisis kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indoneisa dalam kehidupan sehari-hari!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Pancasila lahir pada tanggal 1 Juni 1945 dan disahkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mempunyai fungsi utama sebagai dasar negara Indonesia. Kedudukan Pancasila adalah yang paling tinggi karena sebagai sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia.

Dari uraian di atas lakukanlah silahkan lakukan analisis kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indoneisa dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban

4. Kepribadian bangsa terdiri atas dua kata, yaitu kepribadian dan bangsa. Kepribadian artinya ialah orientasi sifat yang berbeda dalam diri seseorang ketika menghadapi suatu kondisi tertentu. Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia tergolong dalam hakikat fungsi yang harus diketahui warga negara. 

Dengan mengetahui fungsi Pancasila maka sama halnya dengan memahami kedudukan bangsa itu. Tertera dalam Undang-Undang Dasar Tahun 1945 Pancasila mempunyai fungsi yang berkaitan erat dengan pokok negara yang fundamental. 

Hal ini melekat dan mempengaruhi kelangsungan hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Fungsi kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa merupakan bentuk perwujudan dari nilai-nilai budaya bangsa dipercayai kebaikan dan kebenarannya. Nilai-nilai itu dapat dilaksanakan dalam sikap, tingkah laku, dan amal perbuatan dalam kehidupan sehari-hari oleh bangsa Indonesia. Pancasila sebagai kepribadian bangsa terlahir dari jiwa masyarakat pada bangsa Indonesia. Pancasila mempunyai peran untuk membimbing dan mengarahkan perilaku bangsa dalam kehidupan kesehariannya. 

Kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia juga mempunyai arti bahwa Pancasila terlahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia, sangat penting dan menjadi ciri khas bangsa dan juga identitas bangsa Indonesia dalam sikap juga tingkah lakunya dalam membedakan bangsa lain. Pancasila wajib ditanamkan sedari dini dalam setiap individu bangsa Indonesia.  

Pancasila pada dasar terdiri atas lima butir sila yang selalu terikat antara satu dengan lainnya, butir sila tersebut berbunyi:

1) Ketuhanan Yang Maha Esa

2) Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

3) Persatuan Indonesia 

4) Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

5) Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Keterikatan itu menunjukkan hubungan antar nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat. Nilai-nilai Pancasila mempunyai peranan penting guna membentuk kepribadian bangsa Indonesia, membuat karakteristik bangsa Indonesia menjadi terbuka dalam segala perubahan yang terjadi baik didalam ataupun diluar negeri tanpa harus meninggalkan kebudayaan asli yang dipunyai bangsa Indonesia sendiri. 

Tiap-tiap butir pada sila di atas mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia. Seluruh 

warga negara wajib memahami apa kandungan yang ada dalam butir sila tersebut lalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut contoh-contoh dari kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:  

Pada Sila Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa

Contohnya dengan melaksanakan ibadah dengan rajin dan menghormati para pemeluk agama lain,bekerjasama antar umat beragama agar terciptanya kedamaian, kerukunan, dan kenyamanan antarumat beragama, dan tak memaksakan kepada orang lain harus suatu agama atau kepercayaan.

Pada Sila Kedua, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

Contohnya dengan saling menghormati juga mau bekerjasama dengan orang lain, harus berani membela keadilan dan kebenaran, memegang teguh nilai-nilai kemanusiaan, mengakui persamaan derajat, hak dan kewajiban, mempunyai sikap tenggang rasa terhadap orang lain, tak berperilaku sesuka hati kepada orang lain. 

Pada Sila Ketiga, Persatuan Indonesia

Contohnya dengan mempunyai rasa bangga menjadi bangsa Indonesia dan bertanah air Indonesia, mempunyai rasa cinta tanah air, rela berkorban guna kepentingan bangsa. 

Pada Sila Keempat, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan

Contohnya dengan melakukan musyawarah dalam mengambil keputusan guna kepentingan bersama, menerima dan melaksanakan keputusan musyawarah dan berani bertanggung jawab atas keputusan musyawarah yang didapat secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Pada Sila Kelima, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia 

Contohnya dengan menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, adil dan menghormati hak-hak orang lain, serta mempunyai sifat gemar membantu dan saling menolong dengan masyarakat sekitar.

Referensi: 

  • Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  • https://kumparan.com/berita-hari-ini/pancasila-sebagai-kepribadian-bangsa-apa-maksudnya-1wG59rvYvLG/2
  • https://www.bola.com/ragam/read/4619535/kedudukan-pancasila-sebagai-dasar-negara-yang-perlu-diketahui-dan-dipahami

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah silahkan lakukan analisis kedudukan Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indoneisa dalam kehidupan sehari-hari!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain