Dari uraian di atas lakukanlah analisis terkait dengan sila-sila Pancasila dilihat dari causa materialis dari Pancasila!

Dari uraian di atas lakukanlah analisis terkait dengan sila-sila Pancasila dilihat dari causa materialis dari Pancasila!

Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah analisis terkait dengan sila-sila Pancasila dilihat dari causa materialis dari Pancasila!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa Indonesia sudah final dan menjadi harga mati. Sebagai ideologi dan dasar negara Pancasila mempunyai nilai-nilai luhur untuk kehidupan berbangsa dan bernegara serta menjadi sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia. Sila-sila dalam Pancasila mempunyai keterkaitan dan membentuk sebuah hirarki pyramidal. Oleh karena itu, Pancasila mempunyai makna yag mendasar dan tidak dapa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Dari uraian di atas lakukanlah analisis terkait dengan sila-sila Pancasila dilihat dari causa materialis dari Pancasila!

Jawaban

2. Hal apapun pastinya mempunyai asal muasal, begitu juga dengan Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara dulunya juga tidak ada, Pancasila terlahir sebab asal muasal tentunya. Pancasila berada pada konstitusi yang tinggi, terdapat pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yang merupakan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.  

Pancasila lahir dalam situasi kehidupan sosial, budaya dan ekonomi bangsa pada waktu itu. Pancasila baru dikenal setelah para pendiri negara (founding fathers) ini merumuskan dasar negara lewat sidang-sidang BPUPKI. Pancasila digali dari nilai yang berakar pada kehidupan bangsa. 

Causa materialis merupakan prinsip dari Pancasila yang digali dari nilai dan norma yang terdapat pada bangsa Indonesia, begitu banyak keanekaragaman yang terdapat di Indonesia, ini memiliki arti Pancasila mencakupi seluruh perbedaan yang terdapat pada bangsa Indonesia, bukan yang terdapat pada bangsa lain dan menyatukan bangsa Indonesia agar dapat hidup dengan baik dan mencapai tujuan pembangunan nasional.

Dengan prinsip ini nantinya pelaksanaan Pancasila akan lebih mudah diterima dan juga mudah untuk dilaksanakan. Hal ini juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan keberadaan Pancasila menjadikannya wadah untuk menjaga kesatuan dan persatuan tetap terjaga. 

Menurut Notonagoro (1975:32) mengatakan bahwasannya causa materialis Pancasila berasal dari adat istiadat, kebudayaan dan juga agama yang ada di Indonesia. Tidak perlu diragukan lagi, ternyata dasar negara Indonesia digali dari nilai yang ada dalam masyarakat dan juga tidak perlu diragukan lagi ternyata Pancasila merupakan budaya dan pembudayaan yang perlu dipahami oleh bangsa Indonesia. 

Adat istiadat merupakan urusan kelompok dan juga urusan masyarakat, diambilnya adat istiadat sebagai unsur Pancasila merupakan suatu hal yang tepat, karena para pemimpin yang merumuskan sila-sila pancasila menginginkan negara yang berasalkan dari Pancasila negara yang berkekeluargaan. namun perlu diingat  adat-istiadat yang dimaksud disini berhubungan dengan masalah bidang sosial, ekonomi, politik dan ketatanegaraan. Sebab, tak semua bentuk adat-istiadat tersebut ditransformasikan ke dalam sila-sila Pancasila. 

Kebudayaan merupakan hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal. Kebudayaan merupakan keluaran dari akal budi, sehingga seluruh hasil akal manusia seperti ilmu, ekonomi, teknologi juga termasuk dalam kebudayaan. Kebudayaan juga dapat dikatakan sebagai hasil olahan akal manusia mengenai alam ini. 

Sejak dulu bangsa Indonesia dikatakan sebagai bangsa yang beragama, bangsa yang mengakui keberadaan Tuhan Yang Maha Esa. Pada pidato lahirnya Pancasila Ir. Soekarno mengusulkan prinsip Ketuhanan, prinsip Ketuhanan bukan saja bangsa Indonesia yang ber-Tuhan, namun individu masing-masing juga ber-Tuhan sesuai dengan keyakinannya. 

Terkait pada sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa: bangsa Indonesia tak pernah hilangnya rasa kepercayaan kepada Tuhan, bisa dilihat pada tempat ibadah, kitab suci dari berbagai kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, perbuatannya (upacara keagamaan, peringatan hari besar agama, pendidikan agama), tulisan karangan sejarah/ dongeng yang mengandung nilai-nilai agama. Ini artinya sila pertama sudah terkait dengan causa materialis Pancasila dalam hal keagamaan.

Terkait pada sila kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab: bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, sopan santun, lemah-lembut dengan sesama manusia sejak dari dulu. Bisa dilihat dari peninggalan bangunan,tulisan, dan semboyan yang ada. Ini artinya sila kedua sudah terkait dengan causa materialis Pancasila dalam hal kebudayaan. 

Terkait pada sila ketiga, Persatuan Indonesia: bangsa Indonesia mempunyai ciri-ciri rukun, bersatu, peduli dengan sesama dan mempunyai sifat kekeluargaan. Bisa dilihat dari perbuatan-perbuatannya. Ini artinya sila ketiga sudah terkait dengan causa materialis Pancasila dalam hal adat istiadat.

Terkait pada sila keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat Kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan: unsur-unsur demokrasi sudah ada dalam bangsa Indonesia sejak dulu, ini bisa dilihat dari perbuatan-perbuatannya. Ini artinya sila keempat sudah terkait dengan causa materialis Pancasila dalam hal adat istiadat dan kebudayaan.

Terkait pada sila kelima, Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia: bangsa Indonesia dalam melaksanakan tugasnya terkenal dengan sifat sosial dan berperilaku adil kepada sesama, begitu juga dalam hal keagamaan, hal ini dapat dilihat dari perbuatan-perbuatannya. Ini artinya sila keempat sudah terkait dengan causa materialis Pancasila dalam hal adat istiadat, kebudayaan dan juga keagamaan.

Referensi: 

  • Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  • https://media.neliti.com/media/publications/80416-ID-causa-materialis-pancasila-menurut-noton.pdf
  • https://guruppkn.com/prinsip-prinsip-filsafat-pancasila
  • http://bahanajar.ut.ac.id/app/webroot/epub/original_files/extract/1179/EPUB/xhtml/raw/sbg6ay01.xhtml#:~:text=Causa%20materialis%20(asal%20mula%20bahan,adat%20kebudayaan%20dan%20nilai%2Dnilai

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Dari uraian di atas lakukanlah analisis terkait dengan sila-sila Pancasila dilihat dari causa materialis dari Pancasila!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain