Dari paparan tersebut silahkan uraikan makna dari identitas nasional dan berikanlah contoh identitas nasional yang ada di Indonesia!

Dari paparan tersebut silahkan uraikan makna dari identitas nasional dan berikanlah contoh identitas nasional yang ada di Indonesia!


Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Dari paparan tersebut silahkan uraikan makna dari identitas nasional dan berikanlah contoh identitas nasional yang ada di Indonesia!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Setiap negara mempunyai identitas nasional masing-masing tak terkecuali dengan Indonesia. Fungsi dari identitas nasional adalah untuk membbedakan negara yang stau dengan negara yang lainnya. Identitas nasional tersebut baisanya lahir dari berbagai nilai-nilai yang ada di suatu bangsa.

Dari paparan tersebut silahkan uraikan makna dari identitas nasional dan berikanlah contoh identitas nasional yang ada di Indonesia!

Jawaban

1. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan bahwa kata identitas memiliki arti "ciri-ciri atau keadaan khusus seseorang" atau "jati diri". Kata identitas berasal dari kata "identity" Inggris. 

Identitas sama halnya dengan kehidupan seseorang, identitas menjadi salah satu hal yang penting dalam kehidupan bangsa, tak terkecuali di Indonesia. Identitas nasional mempunyai tujuan utama yakni sebagai alat pemersatu bangsa, seperti keadaannya Indonesia terdiri dari berbagai ras, suku, budaya, dan agama. Identitas nasional di fungsikan untuk mempersatukan keberagaman yang ada di Indonesia. 

Tujuan lain dari Identitas nasional adalah sebagai pembeda suatu bangsa dengan bangsa yang lainnya, sebagai landasan negara yang digunakan sebagai panduan, pemersatu dan pegangan supaya bisa mewujudkan tujuan dan cita-cita bangsa tersebut, serta sebagai nilai potensi bangsa yang digunakan untuk memberikan gambaran dan juga potensi dari negara tersebut. 

Peranan identitas nasional diantaranya adalah sebagai objek dalam integrasi nasional, sebagai penanda ikatan solidaritas, menjadi defenisi teritorial, mengatur pemerintahan, melegitimasi hak dan kewajiban warga negara, pengontrol sumber daya ekonomi, menumbuhkan rasa cinta tanah air, menjadi penyaring budaya asing, sebagai Penghargaan untuk pendiri bangsa dan sebagai ciri khas dari suatu bangsa. 

Dari paparan di atas bisa di dapatkan bahwasannya makna dari Identitas nasional ialah kepribadian atau jati diri nasional yang dimiliki suatu bangsa yang membedakan antara bangsa dan satu dengan bangsa yang lainnya. Dengan memiliki identitas nasional maka Indonesia dapat menjadi bangsa yang berdaulat, yang berkepribadian, yang memiliki karakter yang kuat sehingga Indonesia bisa menghadapi tantangan zaman saat ini yang semakin sulit. 

Penerapan tentang identitas nasional harus tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang senantiasa mendahulukan kepentingan bangsa dan negara dari pada kepentingan pribadi atau kelompok. Dengan kata lain, identitas nasional menjadi pola yang mendasari cara berpikir, bersikap, dan bertindak dalam rangka menghadapi berbagai masalah menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Identitas nasional di dalam konteks Kebangsaan cenderung mengacu pada kebudayaan, adat istiadat serta karakter khusus dari suatu negara. Sedangkan identitas nasional dalam konteks negara tercermin dalam simbol-simbol kenegaraan.

Contoh-contoh Identitas nasional yang ada di Indonesia dapat dilihat di bawah ini:

1) Bendera Negara Indonesia adalah Sang Saka Merah Putih

2) Bahasa Nasional Indonesia atau Bahasa Persatuan Indonesia adalah Bahasa Indonesia

3) Lagu Kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya

4) Lambang Negara Indonesia adalah Garuda Pancasila 

5) Semboyan Negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika 

6) Dasar Falsafah Negara Indonesia adalah Pancasila 

7) Konstitusi (Hukum Dasar) Negara Indonesia adalah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

8) Bentuk Negara Indonesia adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

9) Konsepsi Wawasan Nusantara

10) Kebudayaan-Kebudayaan daerah diterima sebagai Kebudayaan Nasional 

Adapun beragam contoh Identitas nasional dalam berbagai bidang diantaranya:

1) Pada bidang pendidikan, contohnya dengan mengajarkan anak didik maupun masyarakat untuk senantiasa menjaga sikap gotong royong serta melakukan musyawarah dan mufakat dalam mengambil suatu keputusan.

2) Pada bidang pengetahuan, contohnya dengan melestarikan pengetahuan lokal daerah yang umumnya masih kental dengan alam lingkungan. 

3) Pada bidang teknologi, contohnya dengan menggunakan akses teknologi yang dimilikinya untuk menunjukkan keunikan yang ada di Indonesia.

4) Pada bidang ekonomi, contohnya dengan ikut serta mendukung program perekonomian lokal Indonesia.

5) pada bidang sosial, contohnya bisa dilihat pada kegiatan ronda yang dilakukan anggota masyarakat di desa sebagai bentuk upaya solidaritas juga bentuk tanggung jawab sosial antar masyarakat.

Referensi: 

  • Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
  • https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_pendidikan_1_dir/20bb958d430cc7d21ef6c2b58d14da41.pdf
  • https://dosensosiologi.com/contoh-identitas-nasional/
  • https://pelayananpublik.id/2019/12/11/arti-identitas-nasional-fungsi-tujuan-dan-perannya/#:~:text=Fungsi%20Identitas%20Nasional&text=Identitas%20nasional%20digunakan%20sebagai%20panduan,cita%20dan%20tujuan%20negara%20tersebut.&text=Selain%20itu%2C%20identitas%20nasional%20digunakan,yang%20dimiliki%20oleh%20negara%20tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Dari paparan tersebut silahkan uraikan makna dari identitas nasional dan berikanlah contoh identitas nasional yang ada di Indonesia!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain