Sebutkan dan jelaskan secara ringkas, padat serta berikan contoh keluaran dari setiap tahapan di SDLC!

Sebutkan dan jelaskan secara ringkas, padat serta berikan contoh keluaran dari setiap tahapan di SDLC!

Haiii, apakabar kamu? Semoga tetap dalam keadan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Sebelum itu, apakah kalian sudah mengetahui arti dari Sistem Informasi Manajemen? Jika belum kalian bisa mengetahui artinya pada paragraf dibawah ini.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu Sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan guna memenuhi tujuan tertentu pada suatu kegiatan manajemen. Pengaplikasian dari sistem informasi manajemen memberikan kontribusi dan keunggulan terhadap pengambilan keputusan manajemen dan meningkatkan sumber daya informasi yang kompetitif.

Nah, kamu sudah mengertahui arti dari Sistem Informasi Manajemen. Selanjutnya, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Sebutkan dan Jelaskan Secara Ringkas, Padat Serta Berikan Contoh Keluaran Dari Setiap Tahapan  di SDLC!

Jawaban

Tahapan SDLC dan contoh keluarannya:

System Development Life Cycle (SDLC) dikenal juga dengan Metode Siklus Pengembangan Sistem. SDLC merupakan pola yang diambil guna mengembangkan suatu sistem perangkat lunak. SDLC terbagi atas beberapa tahapan diantaranya: rencana sistem (system planning), analisis sistem (system analysis), perancangan sistem (system design), pengembangan sistem (system development), uji coba sistem (system testing), implementasi sistem (system implementation), serta operasi dan pengelolaan sistem (system operation and maintenance).

1. Tahap Perencanaan Sistem (System Planning)

Tahap Perencanaan Sistem bertujuan untuk identifikasi dan memprioritaskan sistem informasi apa yang ingin dikembangkan, tujuan apa yang ingin dicapai, jangka waktu pembuatan, dan mempertimbangkan dana yang akan digunakan dalam pembuatan sistem informasi.

Contoh keluaran dari tahapan perencanaan sistem adalah tim akan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan dalam proses pengembangan perangkat lunak, setelah terkumpul maka tim bisa membuat perencanaan seperti struktur tim, dana, keamanan, jangka waktu pembuatan, dan faktor lain yang diperlukan dalam proses pengembangan sistem.

2. Tahapan Analisis Sistem (System Analysis)

Tahapan Analisis Sistem adalah proses penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagian komponen-komponennya dengan tujuan untuk identifikasi dan evaluasi permasalahan, hambatan, gangguan yang terjadi dan kebutuhan yang direncanakan sehingga dapat diusulkan perbaikannya. Tahapan ini dilakukan oleh seorang system analyst yang profesional dalam bidangnya.

Kegiatan yang ada pada tahapan analisis sistem adalah studi pendahuluan, studi kelayakan (meliputi: kelayakan teknis, kelayakan operasional, kelayakan ekonomi, dan kelayakan organisasi), identifikasi permasalahan dan kebutuhan informasi pengguna, serta menganalisis hasil penelitian.

Contoh keluaran dari tahapan analisis sistem adalah tim akan melakukan analisis untuk mengetahui masalah bisnis, target apa yang ingin dicapai, tujuan utamanya apa dari pengembangan perangkat lunak tersebut.

3. Tahapan Perancangan Sistem (System Design)

Tahapan Perancangan Sistem adalah proses yang berfokus pada bagaimana suatu sistem informasi dibangun untuk melengkapi kebutuhan pada tahapan analisis. Tujuan tahapan perancangan sistem adalah merancang sistem secara umum dan secara detail. Manfaat tahapan perancangan sistem adalah sebagai panduan (guideline) untuk programmer dalam kegiatan membangun aplikasi dan memberi gambaran rancangan (blueprint) secara lengkap.

Hal-hal yang dilakukan dalam tahapan perancangan sistem adalah pemodelan sistem, desain aplikasi, desain antar muka, desain basis data, desain perangkat keras/jaringan dan mendeskripsikan pengguna.

Contoh keluaran dari tahapan perancangan sistem adalah tim membuat aplikasi sesuai dengan rancangan yang telah ditentukan, membuat panduan cara pemakaian aplikasi pada pengguna dengan tujuan memudahkan saat melakukan uji coba pada tahapan implementasi.

4. Tahapan Pengembangan Sistem (System Development)

Tahapan Perancangan Sistem adalah proses yang dilakukan dalam pengembangan sistem informasi yang dibuat. Tim pengembang dan programmer akan memilih sistem tersebut akan dibuat dengan bahasa apa, tahapan ini bisa dikatakan tahapan terpanjang dalam SDLC.

Contoh keluaran dari tahapan pengembangan sistem adalah tim membuat aplikasi dengan memilih bahasa program apa yang digunakan, platform apa yang dapat menjalankan aplikasi tersebut, dan membagi peran masing-masing dalam proses pengembangan sistem.

5. Tahapan Uji Coba Sistem (System Testing)

Tahapan Uji Coba Sistem adalah proses yang dilakukan untuk melaksanakan pengujian atau uji coba sistem, tahapan ini dilakukan oleh seorang Software Quality Assurance (SQA) yang bertugas untuk menguji dan menilai suatu sistem apakah terdapat error, cacat, maupun bug pada sistem informasi yang dibuat.

Jika ada kesalahan, maka SQA akan menginformasikan kesalahannya kepada programmer atau tim pengembang agar kesalahan tersebut segera diperbaiki. Tahapan ini akan selesai jika SQA sudah menyatakan tidak ada lagi kesalahan yang ditemukan pada sistem informasi yang dibuat.

Contoh keluaran dari tahapan ini adalah tim melakukan pengujian sistem dengan tujuan untuk menemukan kesalahan seperti error, cacat, maupun bug yang ada dalam sistem informasi yang dibuat, sampai nantinya sistem informasi tersebut terbebas dari kesalahannya dan sempurna dan dapat digunakan sesuai dengan fungsinya sebelum diimplementasikan.

6. Tahapan Implementasi Sistem (System Implementation)

Tahapan Implementasi Sistem adalah proses penerapan rancangan sistem informasi yang telah dibuat. Setelah sistem informasi selesai dibuat maka akan dilakukan implementasi untuk mengenalkan sistem baru kepada penggunanya. Hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam tahapan implementasi sistem adalah melakukan konversi sistem (bisa dengan cara melakukan konversi paralel, konversi pilot, konversi bertahap dan konversi langsung), melaksanakan pelatihan pemakaian aplikasi kepada pengguna umum dan melakukan percobaan pemakaian aplikasi dalam waktu tertentu sebagai proses pembelajaran.

Contoh keluaran dari tahapan ini adalah tim melakukan implementasi terhadap sistem informasi yang telah berhasil dibuat kepada para pengguna umumnya dengan berbagai pendekatan yang bisa dilakukan, memberikan pelatihan, dan memberikan pengguna untuk mencoba sistem yang telah dibuat, sehingga nantinya bisa dinilai apakah pengguna nyaman dan senang menggunakan sistem baru ini.

7. Tahapan Operasi dan Pengelolaan Sistem (System Operation and Maintenance)

Tahapan Operasi dan Pengelolaan Sistem adalah proses yang dilakukan setelah sistem berhasil diimplementasikan. Setelah selesai diimplementasikan dalam pengoperasiannya sistem perlu dikelola dan dipelihara agar menjamin kelancaran, keberlangsungan dan penyempurnaan sistem tersebut.

Contoh keluaran dari tahapan ini adalah tim melakukan pengoperasian dan pengelolaan serta pemeliharaan sistem dengan tujuan untuk memastikan sistem yang sudah dibuat terjamin kelancarannya, mendapat pembaharuan sesuai dengan keinginan penggunanya, dan pastinya sistem akan selalu ditingkatkan untuk keamanan dan kepuasan penggunanya.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Sebutkan dan jelaskan secara ringkas, padat serta berikan contoh keluaran dari setiap tahapan  di SDLC!. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain