Masih perlukah bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia saat ini? Penjelasan Anda harus disertai dengan alasan yang logis dan disertai contoh.

Masih Perlukah Bahasa Indonesia Bagi Bangsa Indonesia Saat Ini?



Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai "Masih perlukah bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia saat ini? Penjelasan Anda  harus disertai dengan alasan yang logis dan disertai contoh". Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Soal

Masih perlukah bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia saat ini? Penjelasan Anda  harus disertai dengan alasan yang logis dan disertai contoh.

Jawaban

Tentu saja Bahasa Indonesia masih diperlukan oleh Bangsa Indonesia sampai saat ini, Karena sejatinya Bahasa Indonesia digunakan sebagai Bahasa Nasional danjuga Bahasa Negara. Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan sebagai Bahasa Nasional saat diikrarkannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 dan kedudukan sebagai Bahasa Negara saat resmi tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945, Bab XV, Pasal 36 yang berbunyi "Bahasa negara ialah Bahasa Indonesia". Jika Bahasa Indonesia dianggap tidak diperlukan oleh Bangsa Indonesia maka ini akan berlawan dengan ketentuan yang sudah ada. Walaupun banyak Bahasa yang digunakan oleh Bangsa Indonesia, itu tak mungkin dapat menggantikan Bahasa Indonesia. Sebab, Bahasa Indonesia merupakan cerminan sikap kebangsaan guna memajukan Bhineka Tunggal Ika yang memiliki beberapa karakter seperti: bersifat inklusif dan terbuka, bersifat pluralis, bersifat demokratis dan egaliter, dan bersifat sebagai pemersatu bangsa.

Contohnya:

Seorang anak dari negara Indonesia menyukai Bahasa dari negara lain, yaitu Bahasa Thailand. Anak itu terus mempelajari Bahasa tersebut sampai akhirnya ia bisa menggunakan bahasa tersebut dengan lancar. Namun, teman-temannya dalam berbicara sehari-hari menggunakan Bahasa Indonesia dan tidak ada yang mempelajari Bahasa Thailand seperti anak tersebut. 

Maka, anak tersebut tidak dapat menggunakan Bahasa Thailand untuk berkomunikasi ataupun berbicara dengan teman-temannya. Tetapi, ia bisa menggunakan Bahasa Thailand yang sudah dipelajarinya dengan komunitas ataupun orang-orang yang paham dan mengerti Bahasa Thailand.

Dari sini dapat disimpulkan bahwasannya, Bahasa Indonesia masih diperlukan oleh Bangsa Indonesia. Walaupun kita memiliki kemampuan Bahasa lain, itu tidak membuat Bahasa Indonesia tidak diperlukan. Hal ini sesuai dengan karakter Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Bangsa.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari "Masih perlukah bahasa Indonesia bagi bangsa Indonesia saat ini? Penjelasan Anda  harus disertai dengan alasan yang logis dan disertai contoh.". Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain