Bagaimana cara kerja perangkat lunak antiplagiasi?

Bagaimana cara kerja perangkat lunak antiplagiasi?



Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai "Bagaimana cara kerja perangkat lunak antiplagiasi?". Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Soal

Bagaimana cara kerja perangkat lunak antiplagiasi?

Jawaban Pertama

Plagiarism Chechker

Caranya penggunaannya cukup mudah. Langkah pertama Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan artikel yang ingin dicek keasliannya. Atau sebaliknya, Anda juga bisa mengecek tulisan Anda sendiri apakah pernah ada orang lain yang mempublishnya atau mirip tidaknya artikel yang Anda buat dengan orang lain. Jika bahan sudah ada. Cukup copy paste ke dalam box plagiarism checker.
Selain melalui google play store, Anda bisa menggunakan aplikasi ini dari SmallSEOtools. Aplikasi Plagiarism Chechker dapat mendeteksi karya tulis Anda dengan sekali pencet. Anda bisa meletakkan hingga 5000 karakter sekaligus.
Cara menggunakannya sangat mudah, dan yang lebih penting, aplikasi pendeteksi plagiat ini gratis. Cukup kunjungi situsnya, pilih bagian plagiarismchecker, copy dan paste-kan bagian tulisan, lalu dapatkan hasilnya. Akan terdapat persentase kemiripan tulisan dengan berbagai tulisan yang telah tersedia di dunia maya.

Unicheck

Cara penggunaannya yang mudah dan up to date bisa dibilang web pendeteksi Anda bisa langsung mengunjungi website unicheck, lalu letakkan tulisanmu pada kotak yang tersedia.
Keunggulan dari Uniceck adalah aplikasi dari unicheck ini mampu memindai teks-teks dari format yang berbeda secara bersamaan. Hebatnya lagi hanya perlu waktu 4 detik per teks-pemindaian untuk memindai kesalahan.
Selain itu, Unicheck mampu mengecek bagian terkecil dari hasil tiruan yang Anda berikan. Setidaknya, unicheck mampu memindai hingga 16 miliar halaman dan dokumen di Google dan Bing. Laporan plagiat berupa persentase dan hyperlink menuju sumber aslinya akan diberikan kepada Anda setiap kali selesai memindai.

DupliChecker

Anda bisa copy paste tulisan dalam kotak yang disediakan, atau bisa juga dengan meletakkan URL nya. Dalam sekejab, akan ada hasil berupa link menuju kontan yang diplagiasi jika memang terdeteksi plagiat.
Namun, Anda membayar jika ingin memanfaatkan aplikasi ini sepenuhnya. Jika tidak ingin membayar, Anda bisa memanfaatkan layanan gratis, yang hanya bisa digunakan secara terbatas. Layanan gratis tanpa registrasi ini bisa digunakan hanya satu kali saja dalam satu hari, dan terbatas 1500 kata.

Jawaban Kedua

Secara garis besar cara kerja semua hampir memiliki kesamaan yaitu dengan memeriksa dan membandingkan teks atau karya ilmiah dengan karya ilmiah yang berada didata base masing masing aplikasin dan internet (cloud/awan). Hampir semua aplikasi akan bekerja dengan melacak seberapa besar presentase kemiripan/kesamaan dari kata-kata dan kalimat-kalimat dari karya ilmiah yang sedang diperiksa dengan karya ilmiah yang telah terbit dan ada di data base sehingga dapat mencegah adanya plagiat. Biasanya batas toleransi yang bisa diterima untuk dikatakan tidak plagiat ada harus berada dibawah 30% prosentasenya.

Jawaban Ketiga

Cara kerja perangkat lunak antiplagiasi berbeda-beda setiap aplikasinya dan cara menganalisnya. Pada dasarnya cara kerja perangkat lunak tersebut adalah untuk mengetahui keaslian dari tulisan yang ingin kita ketahui. Dengan mengunggah dokumen yang akan dipindai dalam format Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan rtf. Menarik lagi, bisa mendapatkan hasil berupa laporan plagiarisme yang disertai link langsung menuju sumber plagiasi. Meski dinilai netijen sebagai situs bermanfaat dan menarik, sayangnya kita tidak bisa mencoba aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Kita harus melakukan registrasi dan berlangganan untuk bisa menikmati manfaatnya.

Jawaban Keempat

Cara kerja perangkat lunak (software) antiplagiasi tentunya berbeda-beda di setiap aplikasi. Namun, pada umumnya cara kerja perangkat lunak (software) antiplagiasi adalah untuk memberitahu keaslian dari tulisan atau karya ilmiah yang telah kita buat.

Biasanya dilakukan dengan cara mengunggah (upload) dokumen yang akan di cek plagiasinya pada aplikasi yang digunakan, bisa berformat .doc, .docx, .pdf, .html dan sebagainya. Biasanya hasil yang kita dapatkan adalah berupa link yang langsung menuju pada sumber plagiasi, memberikan persentase plagiasi, juga ada yang memberikan kata/teks yang diduga plagiasi. Perangkat lunak (software) antiplagiasi ada yang gratis (free) dan ada juga yang berbayar untuk mendapatkan fitur-fitur yang maksimal.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari "Bagaimana cara kerja perangkat lunak antiplagiasi?". Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain