Apakah kalimat-kalimat pada paragraf di atas sudah memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif? Jelaskan pendapat Anda secara rinci.

Apakah kalimat-kalimat pada paragraf di atas sudah memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif?

Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai "Apakah kalimat-kalimat pada paragraf di atas sudah memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif? Jelaskan pendapat Anda secara rinci. ". Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Soal

Baca dengan cermat kalimat-kalimat berikut ini. 

1.Buku merupakan investasi masa depan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala seseorang. Dibanding media  pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna. Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat. Namun demikian, minat dan kemampuan mambaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Menciptakan generasi literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif. 

2. Pola makanan yang teratur dan bersih juga akan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Sistem kekebalan tubuh kita akan menjadi kuat dan sehingga dengan mudahnya dapat menghalau berbagai jenis penyakit. 

3. Minum air yang bersih juga akan membuat kita terhindar dari dehidrasi. Maka makan serta minum yang teratur akan membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. 

4. Seperti para orang-orang bilang kebersihan adalah sebagian dari iman maka itu kalau kita nggak menjaga kebersihan maka kita termasuk orang yang tidak iman. 

5. Dengan bersepeda bisa menekan penggunaan BBM dan dengan itu polusi bisa teratasi dan bisa terhindar dari pemanasan global. 

Apakah kalimat-kalimat pada paragraf di atas sudah memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif? Jelaskan pendapat Anda secara rinci. 

Jawaban Pertama

Menurut saya, kalimat-kalimat diatas belum termasuk kriteria kalimat efektif, hal tersebut dikarenkan :
- terdapat kata tidak baku “nggak” yang harusnya diubah menjadi kata baku “tidak”
- penggunaan tanda baca yang kurang tepat pada kalimat nomor 4. Dalam kalimat “maka dari itu” setelahnya diimbuhkan tanda baca (,)
- adanya pemborosan kata pada kalimat nomor 4 dimana jika ada kata “para” itu sudah menjelaskan nominal banyak. Maka dari itu kata “orang: tidak perlu diulang du kali, cukup dengan “para orang”.
- terdapat kata yang maknanya sama dalam kaliamt 1, seperti alat dan media yang menjelaskan arti sarana yang digunakan.
- penggunakan tanda baca yang kurang tepat pada kalimat nomor 3, setelah kata “maka” diimbuhkan tanda (,) setelahnya.

Jawaban Kedua

Kalimat di atas tidak memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif, karena didalam kalimat-kalimat tersebut tidak cenderung ke efisien terhadap gagasan tersebut dan kalimatnya tidak jelas terhadap pemahaman saya dan tidak bersifat logis.

Jawaban Ketiga

Kalimat pertama (1). Belum termasuk kalimat efektif, karena :

Penyusunan kalimat pada paragraf tersebut kurang efektif. Antar kalimat kurang menjelaskan tujuan paragraf dibuat. Ada kalimat sumbang, pada kalimat “Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat” kalimat tersebut tidak mendukung isi paragraf. Apabila dihilangkan tidak akan mempengaruhi paragraf.

Tanda baca koma (,) perlu ditambahkan pada kalimat “anak-anak karena (,) membuat otak”. Dan tanda hubung (-) harusnya ditambahkan pada kata “meng(-)asosiasikan”. Kata “harus” seharusnya langsung di gabung.

Paragraph ke dua (2). Paragraph kedua belum termasuk dalam kalimat efektif, karena :

Penggunaan kata “juga”, “dan”, “berbagai”, harusnya dihilangkan. Serta menambahkan tanda baca koma (,) pada kata setelah “kuat,”. Dan menghilangkan tambahan “nya” pada kata “mudahnya”. Kata “macam” dan “menghalau” langsung disambung, tidak perlu masuk ke paragrauf baru. 

Paragraph ke tiga (3). Paragraf ketiga belum termasuk dalam kelimat efektif karena :

Kata “juga” tidak diperlukan. Cukup seperti ini “Minum air yang bersih akan membuat kita terhindar dari dehidrasi.”
Kata “macam” juga tidak dibutuhkan, karena kata “berbagai” memiliki makna yang sama dengan “macam”. Jadi kalimat tersebut menjadi “Maka makan serta minum yang teratur akan membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.”
Kata “berbagai” langsung disambung, tidak perlu masuk ke paragrauf baru. 

Paragraf ke empat (4). Paragraf ke empat belum termasuk kalimat efektif, karena : 

Penggunaan kata tidak baku “nggak” seharusnya menggunakan kata “tidak”. Kata “para” harus dihilangkan karena “kata orang-orang” sudah bermakna jamak. Ditunjukkan lebih dari satu orang. Kata “orang-orang” bisa disambung, tanpa perlu masuk ke paragraf baru. Tanda baca koma (,) perlu ditambahkan setelah kata “iman”. Penambahan koma (,) untuk memisahkan anak kalimat dengan induk kalimat. Kata “maka” setelah kata “kita” dihilangkan. Penghilangan kata tersebut tidak akan mengubah makna paragraph.


Paragraph ke lima (5). Belum termasuk kalimat efektif karena :

Kalimat tersebut tidak perlu dipisah, dengan masuk paragaraf baru. Tapi langsung di gabung dengan menambah tanda koma (,) setelah kata “BBM”.
Menghilangkan kata “dan” sebelum kata “dengan” supaya kalimat menjadi kalimat efektif. 

Jawaban Keempat

1. Buku merupakan investasi masa depan. Buku adalah jendela ilmu pengetahuan yang bisa membuka cakrawala seseorang. Dibanding media pembelajaran audiovisual, buku lebih mampu mengembangkan daya kreativitas dan imajinasi anak-anak karena membuat otak lebih aktif mengasosiasikan simbol dengan makna. Radio adalah media alat elektronik yang banyak didengar di masyarakat. Namun demikian, minat dan kemampuan membaca tidak akan tumbuh secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan pembiasaan. Menciptakan generasi literat membutuhkan proses dan sarana yang kondusif.

Jawab :  

Kalimat tersebut belum memenuhi kriteria kalimat efektif. Karena terdapat kalimat yang tidak berkaitan dengan pembahasan di awal yang membahas tentang maanfaat buku. Sedangkan kalimat yang diberi garis bawah tidak berkaitan dengan pembahasan tersebut.

2. Pola makanan yang teratur dan bersih juga akan membuat kita terhindar dari berbagai macam penyakit. Sistem kekebalan tubuh kita akan menjadi kuat dan sehingga dengan mudahnya dapat menghalau berbagai jenis penyakit.

Jawab:

Kalimat di atas tidak memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif.
  • Penggunaan kata makanan yang begaris bawah kurang tepat seharusnya menggunakan kata makan.
  • Penggunaan konjungsi yang kurang tepat yaitu juga, sehingga terlihat berlebihan. Sebaiknya tidak perlu menggunakan konjungsi tersebut.
  • Penggunaan kata yang bercetak miring kurang efektif karena penggunaan kata konjungsi yang berlebihan seharusnya digunakan satu saja.
3. Minum air yang bersih juga akan membuat kita terhindar dari dehidrasi. Maka makan serta minum yang teratur akan membuat kita sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Jawab :
  • Kalimat di atas tidak memenuhi kriteria sebagai kalimat yang efektif.
  • Karena terdapat kesalahan pada penggunaan kata konjungsi maka pada awal kalimat, atau bisa tidak perlu menggunakan kata maka, dan dapat langsung dilanjutkan dengan kata berikutnya.
4. Seperti para orang-orang bilang kebersihan adalah sebagian dari iman maka itukalau kita nggak menjaga kebersihan maka kita termasuk orang yang tidak iman.

Jawab :

Kalimat di atas tidak memenuhi kriteria sebagai kalimat yang efektif, karena terdapat beberapa kesalahan sebagai berikut
a) Kesalahan pada pengunaan kata para pada kata orang-orang. Seharusnya tidak perlu menggunakan katatersebut, karena kata para menunjuk pada arti jamak dan sama artinya dengan orang-orang, sehingga penggunaan dua kata tersebut secara bersamaan tidak efektif.
b) Kesalahan pada penulisan kata konjungsi maka itu kalua, yang dapat diganti dengan kata yang lebih efektif seperti apabila.
c) Kesalahan penulisan pada kata nggak karena menggunakan bahasa yang informal, dan dapat diganti dengan kata tidak.
d) Kesalahan pada penulisan kata iman karena kata iman merupakan kata benda, sedangkan pada kalimat tersebut seharusnya menggunakan kata beriman.

5. Dengan bersepeda bisa menekan penggunaan BBM dan dengan itu polusi bisa teratasi dan bisa terhindar dari pemanasan global.

Jawab :

Kalimat di atas tidak memenuhi kriteria sebagai kalimat yang efektif
a) Kesalahan pada penggunaan kata konjungsi dengan pada awal kalimat seharusnya dapat dihilangkan.
b) Kesalahan pada penggunaan kata konjungsi dan dengan itu yang tidak tepat karena tidak menunjukkan sebab akibat dari kalimat sebelumnya, kata yang dapat digunakan adalah sehingga.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari "Apakah kalimat-kalimat pada paragraf di atas sudah memenuhi kriteria sebagai kalimat efektif? Jelaskan pendapat Anda secara rinci.". Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain