Uraikan Peran Anda Sebagai Mahasiswa Agar Dapat Melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dari (ATHG) Baik Yang Berasal Dari Dalam Dan Luar Negeri Serta Berupa Fisik Dan Non Fisik!

Uraikan Peran Anda Sebagai Mahasiswa Agar Dapat Melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dari (ATHG) Baik Yang Berasal Dari Dalam Dan Luar Negeri



Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Uraikan Peran Anda Sebagai Mahasiswa Agar Dapat Melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dari (ATHG) Baik Yang Berasal Dari Dalam Dan Luar Negeri Serta Berupa Fisik Dan Non Fisik!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Sebagai warga negara Indonesia kita harus bisa ikut berpatisipasi secara aktif dalam melindungi berbagai bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan, dan Gangguan (ATHG) agar dapat mewujudkan ketahanan nasional. Ganguan tersebut bisa berasal dari dalam dan luar negeri serta bisa berupa fisik dan non fisik.

Uraikan Peran Anda Sebagai Mahasiswa Agar Dapat Melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dari (ATHG) Baik Yang Berasal Dari Dalam Dan Luar Negeri Serta Berupa Fisik Dan Non Fisik!

Jawaban

ATHG merupakan singkatan dari Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan. Ancaman adalah usaha yang dinilai bisa membahayakan keutuhan wilayah, keselamatan bangsa dan kedaulatan negara. Tantangan adalah usaha yang digunakan agar suatu tujuan tertahan. Hambatan adalah usaha yang berasal dari diri sendiri dan mempunyai sifat untuk melemahkan dan menghalangi secara tak konsepsional. Gangguan adalah usaha dari luar yang mempunyai sifat melemahkan dan menghalangi secara tidak terarah.

Peran yang akan saya lakukan sebagai mahasiswa agar dapat melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia dari ATHG baik yang berasal dari dalam dan luar negeri serta berupa fisik dan non fisik adalah dengan upaya bela negara.

Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan dari dalam negeri yang bersifat fisik adalah usaha penggantian ideologi pancasila dengan ideologi lain atau dengan ideologi yang tak sesuai dengan masyarakat Indonesia, Makar dan pengambilalihan kekuasaan pemerintah yang sah, Disintegrasi bangsa melalui gerakan separatisme yang berdasarkan pandangan kesukuan ataupun ketidakpuasan suatu daerah terhadap kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, Keresahan yang menimbulkan kesenjangan kebijakan ekonomi serta pelanggaran hak asasi manusia (ham) yang nantinya dapat menyebabkan kerusuhan massal.

Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan dari luar negeri yang bersifat fisik seperti pemberontakan senjata yang diperbuatoleh negara lain, pelanggaran batas negara yang diperbuat oleh negara lain, dan aksi teror yang dilakukan oleh terorisme internasional, agresi militer, blokade, spionase dan juga sabotase.

Peran yang dapat saya lakukan selaku mahasiswa dalam menghadapi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang bersifat fisik ialah dengan cara ikut serta dalam usaha mempertahankan dan menghadapi serangan fisik yang mengancam keberadaan negara Indonesia, seperti mengikuti pelatihan dasar kemiliteran ataupun pengabdian sebagai prajurit. 

Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan dari dalam dan luar negeri yang bersifat non fisik merupakan suatu bentuk Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan yang tidak terlihat karena ancaman-ancamannya berfokus pada bidang-bidang tertentu seperti bidang ideologi, bidang politik, bidang sosial budaya, bidang pertahanan dan keamanan, bidang teknologi informasi, dan bidang keselamatan umum.

Contoh dari Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan dari dalam dan luar negeri yang bersifat non fisik adalah Permasalahan politik dapat menjadi perantara utama dalam terjadinya perang yang dapat meruntuhkannya suatu rezim, dengan cara mengintervensi suatu negara melalui politik HAM dan demokratisasi. Permasalahan ekonomi dapat berupa inflasi, pengangguran, sistem ekonomi yang tak jelas dan infrastruktur yang tak memadai. Permasalahan sosial budaya dapat berupa kebodohan, isu-isu kemiskinan, keterbelakangan, konflik vertikal dan konflik horizontal.

Permasalahan pertahanan dan keamanan dapat berupa penyelundupan narkoba, pencurian kekayaan alam, bajak laut, dan imigran gelap. Permasalahan teknologi dapat berupa kejahatan cyber dan kejahatan perbankan. Permasalahan keselamatan umum dapat berupa kebakaran, kecelakaan transportasi, penggunaan obat-obatan dan bahan kimia serta pembuangan limbah industri.

Peran yang dapat saya lakukan selaku mahasiswa dalam menghadapi Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang bersifat non fisik adalah dengan cara meningkatkan rasa kesadaran berbangsa dan bernegara, menghayati makna dari demokrasi, menghargai perbedaan, menghargai pendapat dari orang lain, tak memaksakan kehendak orang lain, meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air  dengan cara pengadilan tulus terhadap masyarakat, ikut serta dalam memajukan bangsa dan negara dengan berkarya, lebih meningkatkan kepatuhan dan kesadaran pada hukum dan undang-undang, menjunjung tinggi hak asasi manusia, memberikan pengenalan spiritual kepada masyarakat dengan tujuan menangkal pengaruh-pengaruh dari budaya asing yang tak sejalan dengan norma-norma kehidupan bangsa Indonesia, serta meningkatkan kepada Tuhan melalui ibadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. 

Referensi:

Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
https://www.bola.com/ragam/read/4518150/bentuk-bentuk-bela-negara-beserta-penjelasan-dan-contohnya
https://www.bola.com/ragam/read/4492036/macam-macam-ancaman-terhadap-integrasi-nasional-yang-perlu-diketahui#:~:text=Ancaman%20nonmiliter%20atau%20nirmiliter%20memiliki,budaya%2C%20pertahanan%2C%20dan%20keamanan.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Uraikan Peran Anda Sebagai Mahasiswa Agar Dapat Melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia Dari (ATHG) Baik Yang Berasal Dari Dalam Dan Luar Negeri Serta Berupa Fisik Dan Non Fisik!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain