Lakukanlah Telaah Bagaimana Cara Memperkuat Ideologi Pancasila Sebagai Usaha Untuk Memperkuat Wawasan Ideologi Indonesia Terkait Dengan Pembinaan Ketahanan Nasional!

Lakukanlah Telaah Bagaimana Cara Memperkuat Ideologi Pancasila Sebagai Usaha Untuk Memperkuat Wawasan Ideologi Indonesia Terkait Dengan Pembinaan Keta



Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Lakukanlah Telaah Bagaimana Cara Memperkuat Ideologi Pancasila Sebagai Usaha Untuk Memperkuat Wawasan Ideologi Indonesia Terkait Dengan Pembinaan Ketahanan Nasional!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Pancasila merupakan dasar dan ideologi bangsa Indonesia yang menjadikan pedoman untuk hidup berbangsa dan bernegara. Kondisi sekarang ini banyak teradapat Ancaman, Tantangan, hambatan dan Gangguan (ATHG) yang dapat merusak ketahanan nasional, sehingga Pancasila seharusnya dinternalisasikan bukan hanya sekedar dihafalkan supaya ketahanan nasional negara Indoneisa menjadi kokoh.

Lakukanlah Telaah Bagaimana Cara Memperkuat Ideologi Pancasila Sebagai Usaha Untuk Memperkuat Wawasan Ideologi Indonesia Terkait Dengan Pembinaan Ketahanan Nasional!

Jawaban

Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari beragam suku, ras, agama, budaya dan etnis sudah pasti mempunyai landasan ideologi untuk menginklusi keberagaman. Ideologi Pancasila dan semboyannya yang berbunyi "Bhinneka Tunggal Ika" mempunyai makna "walaupun berbeda-beda pada hakikatnya Indonesia tetap satu". Salah satu fungsi Ideologi Pancasila ialah menjadi pedoman hidup bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan negara.

Berikut akan ditelaah bagaimana cara untuk memperkuat ideologi Pancasila sebagai usaha untuk memperkuat wawasan ideologi Indonesia terkait dengan pembinaan ketahanan nasional. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Pembinaan Ideologi 

Tafsiran tentang ideologi berbangsa biasanya akan berbeda dan semakin menyimpang dari rumusan dasar yang sudah ditetapkan pendiri bangsa Indonesia. Maka untuk itu harus dilakukan upaya agar mewujudkan tujuan ketahanan nasional secara ideologi, diantaranya :

• Pengamalan Pancasila yang berkaitan dengan keadaan sebenarnya dan juga dengan pandangan diri sendiri (objektif dan subjektif)

• Pancasila selaku ideologi terbuka hendaklah direlevansikan dan diaktualisasikan agar bisa membimbing dan mengarahkan kehidupan bermasyarakat dengan luas.

• Wawasan nusantara serta Bhinneka Tunggal Ika wajib dikembangkan dan ditanamkan pada masyarakat sejak dini. Supaya toleransi masyarakat dalam kehidupan yang beragam akan selalu terjaga sehingga nantinya bisa berhasil menjaga persatuan dan kesatuan bangsa juga kesatuan wilayah.

2. Pendidikan dan Pencerdasan Untuk Anak Bangsa 

Dalam hal pendidikan negara harus bisa membangun pendidikan pancasila dan pendidikan kewarganegaraan di semua jenjang pendidikan. Pendidikan adalah cara yang dilakukan guna mencerdaskan pola pikir anak bangsa untuk memahami hal-hal dan bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan bidang lainnya yang mempunyai dampak positif untuk ketahanan nasional di Indonesia.

3. Pencapaian keberhasilan saat mencerdaskan anak bangsa mempunyai pengaruh yang istimewa, yaitu akan membuat anak bangsa tak akan mudah dipengaruhi oleh bangsa asing. Ini disebabkan karena anak bangsa mempunyai pondasi yang kuat untuk percaya pada kemampuan dirinya sendiri. Lain dari itu, perkembangan ilmu pengetahuan akan konstektual dan tak akan menyeragamkan perbedaan yang sudah lama ada ada.  

4. Berdikari

Berdikari atau yang dikenal dengan Berdiri diatas kaki sendiri adalah sifat ketahanan nasional. Dalam upaya untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan nasional, negara wajib membuat dan menerapkan kebijakan seperti legislasi peraturan perundang-undangan. Negara harus mempunyai pemahaman dan pengetahuan yang sama mengenai Pancasila dari tahap persiapan, tahap pembahasan dan tahap persetujuan akhir. Kebijakan terus harus bisa memberi ruang untuk masyarakat Indonesia supaya bisa mandiri. 

5. Memantapkan Kesadaran Bela Negara

Bela negara merupakan kewajiban oleh tiap-tiap warga negara. Masalah keamanan tak hanya muncul dari luar (invasi negara) lain saja, tetapi bisa juga muncul dari dalam negeri, yang disebabkan dari masalah-masalah di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya (SARA), dan yang lainnya. Oleh sebab itu, pentingnya untuk menjaga dan memantapkan stabilitas keamanan juga aspek kehidupan yang lain. 

6. Semangat Gotong Royong Masyarakat Yang kuat

Supaya terwujudnya asas-asas ketahanan nasional adalah dengan perilaku kolektif masyarakat. Kerja sama dan menghargai perbedaan bisa menciptakan suatu negara yang berdaulat, adil dan makmur tanpa membedakan golongan-golongan dapat semakin mudah serta memperkuat ketahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

7. Mengikuti Perkembangan Zaman

Ketahanan nasional itu bersifat tidak tetap, oleh dari itu kita harus bisa menyesuaikan situasi dan juga kondisi dari bangsa dan negara Indonesia. Agar bisa memperkuat memperkuat wawasan ideologi Indonesia dan ketahanan nasional.

Referensi: 

Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
https://mediaindonesia.com/politik-dan-hukum/330712/memperkuat-pancasila-sebagai-ideologi-bangsa
https://guruppkn.com/upaya-mewujudkan-ketahanan-nasional

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Lakukanlah Telaah Bagaimana Cara Memperkuat Ideologi Pancasila Sebagai Usaha Untuk Memperkuat Wawasan Ideologi Indonesia Terkait Dengan Pembinaan Ketahanan Nasional!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain