Lakukanlah Analisis Terkait Pentingnya Posisi Geografis Indonesia Baik Di Tingkat ASEAN Maupun Dunia!

Lakukanlah Analisis Terkait Pentingnya Posisi Grografis Indonesia Baik Di Tingkat ASEAN Maupun Dunia!


Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Lakukanlah Analisis Terkait Pentingnya Posisi Geografis Indonesia Baik Di Tingkat ASEAN Maupun Dunia!".

Jawaban disini murni pendapat pribadi yang diambil dari beberapa referensi, silahkan digunakan juga sebagai referensi untuk menjawab persoalan yang sama.

Soal

Dalam buku yang berjudul “Diplomasi Indonesia dan Pembangunan Konektivitas Maritim (2018), Indonesia berada di dalam garis equator yang berada di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia, serta beada di antara samudra Hindia dan Pasifik. Indonesia tengah berupaya untuk memanfaatkan posisi tersebut untuk menjadi poros maritime dunia.

Lakukanlah Analisis Terkait Pentingnya Posisi Grografis Indonesia Baik Di Tingkat ASEAN Maupun Dunia!

Jawaban

Letak Geografis merupakan letak suatu benda, objek, ataupun wilayah yang dapat di lihat pada posisi sebenarnya. Letak geografis bisa digunakan untuk mengenali posisi suatu negara, contohnya Indonesia. Berdasarkan letak dan kondisi geografisnya, Indonesia berada diantara dua benua besar yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Lalu, Indonesia juga berada diantara dua samudera besar yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Tentu saja, posisi geografis Indonesia di tingkat ASEAN maupun dunia itu menjadi sangat penting. Mengapa menjadi sangat penting? karena, dengan mengetahui letak dan posisi geografis kita dapat memperoleh informasi suatu tempat, lokasi, dan kondisi daerah itu. Kondisi dan sifat-sifat di tiap negara pada dasarnya juga berbeda-beda. 

Karena pentingnya posisi geografis Indonesia, hal tersebut memberikan pengaruh dan keuntungan letak dan posisi geografis Indonesia baik di tingkat ASEAN maupun dunia. Dibawah ini akan dipaparkan mengenai pengaruh letak dan posisi geografis Indonesia serta keuntungan letak dan posisi geografis Indonesia.

Pengaruh Letak dan Posisi Geografis Indonesia:

1.Indonesia mempunyai wilayah yang strategis

Sebab letaknya yang berada pada Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, maka Indonesia mempunyai wilayah yang strategis. Indonesia juga menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara ataupun laut. Dalam hal perekonomian, Indonesia berperan pada titik persilangan perekonomian dunia, dan perairan Indonesia masuk kedalam ZEE.

2.Indonesia mempunyai dua musim dan iklim tropis

Karena posisi geografis Indonesia berada pada dua benua dan dua samudera dan melewati garis khatulistiwa yang menyebabkan terjadinya angin muson dua kali dalam setahun. Sebab itu, Indonesia mempunyai dua musim yaitu musim kemarau(kering) dan musim hujan (basah).

3.Indonesia mempunyai keberagaman sosial dan budaya 

Karena posisi geografis Indonesia berada pada dua benua, Indonesia mendapat pengaruh dari benua tersebut yang menimbulkan keberagaman seni, bahasa, agama, sosial dan budaya. 

Keuntungan Letak dan Posisi Geografis Indonesia:

1.Indonesia menjadi jalur perdagangan dan pelayaran Internasional

Pengaruh dari titik persilangan membuat indonesia menjadikan Indonesia sebagai jalur perdagangan dan pelayaran  internasional yang dilalui oleh banyak negara di dunia. Sebab letak dan posisi Indonesia yang strategis, bisa menjadi hubungan baik bersama negara-negara sekitarnya. Kegiatan proses ekspor dan impor menjadi mudah. Hal ini dinilai bisa meningkatkan kegiatan perdagangan serta meningkatkan sumber devisa negara. 

2.Indonesia dikenal sebagai negara Agraris

Dengan adanya dua musim di Indonesia (musim kemarau dan hujan), kedua musim ini memiliki pengaruh pada kegiatan pertanian di Indonesia. Tanah di Indonesia ini subur dianggap cocok digarap pada sektor pertanian. Selain tanahnya yang subur Indonesia juga memiliki tanah yang dapat dihuni

3.Indonesia menjadi negara maritim 

Indonesia menjadi negara maritim disebabkan oleh Luas nya wilayah perairan yang dimiliki Indonesia. 

4.Indonesia mempunyai banyak sumber daya alam berlimpah 

Karena letak geografis Indonesia yang strategis, menjadikan Indonesia memiliki iklim tropis. Wilayah yang beriklim tropis akan banyak tumbuh-tumbuhan dan hewan (flora dan fauna) yang sangat beragama. Indonesia juga mempunya banyak ikan dan biota laut. 

5.Indonesia mengalami kemajuan di bidang sosial budaya

Bangsa asing mempengaruhi sosial budaya di Indonesia menjadi lebih maju lagi. Pengaruhnya misal pada penguasaan serta berkembangannya IPTEK. Lalu, akulturasi budaya menjadikan masyarakat dinamis dengan pengetahuan gaya hidup yang populer. Serta penggunaan bahasa-bahasa asing dalam komunikasi sehari-hari mampu menambah ilmu pengetahuan masyarakat.

6.Indonesia mempunyai banyak destinasi wisata alam

Dengan banyaknya destinasi wisata alam di Indonesia, seperti gunung, pantai, air terjun, dsb. Hal ini dapat meningkat perekonomian negara dan masyarakat karena banyak nya wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Indonesia.

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia berusaha untuk mengambil kesempatan sebagai poros maritim dunia berdasarkan posisi strategisnya.

Berikut Keuntungan letak dan posisi geografis Indonesia baik di tingkat ASEAN maupun dunia:

1.Negara-negara di tingkat ASEAN maupun negara-negara di dunia banyak yang melakukan investasi di Indonesia karena letak dan posisi geografis Indonesia yang dinilai strategis.

2.Posisi dan lokasi strategis yang dimiliki Indonesia memberikan kemudahan dalam proses perdagangan di Benua Asia dengan negara lainnya, begitupun sebaliknya.

3.Posisi dan lokasi strategis yang dimiliki Indonesia memberikan kemudahan dalam proses pemasaran produk-produk buatan dari negara-negara di dunia juga negara di tingkat ASEAN.

4.Diberikannya jaminan pelayanan serta pengamanan oleh Indonesia, kepada kapal-kapal asing yang melewati titik-titik strategis checkpoint.

5.Tidak dikenakannya pajak kepada kapal-kapal laut yang melakukan lintas transit sesuai yang tertera pada perjanjian UNCLOS (The United Nation Convention on The Law of The Sea).

Referensi:

Lasiyo, dkk. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
https://www.akupintar.id/info-pintar/-/blogs/letak-geografis-indonesia-pengaruh-dan-keuntungannya-1
https://www.tirto.id/mengenal-letak-geografis-indonesia-dan-pengaruhnya-pada-musim-gaQd
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5689524/6-keuntungan-letak-geografis-indonesia-posisi-strategis-tanah-subur
https://www.suara.com/news/2020/12/21/081241/letak-geografis-indonesia-dan-keuntungannya?page=all
https://www.gramedia.com/literasi/pengaruh-letak-geografis-indonesia/

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Lakukanlah Analisis Terkait Pentingnya Posisi Geografis Indonesia Baik Di Tingkat ASEAN Maupun Dunia!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain