Jelaskan Secara Singkat Asal Usul Pembentukan Masyarakat!

Jelaskan Secara Singkat Asal Usul Pembentukan Masyarakat!



Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Secara Singkat Asal Usul Pembentukan Masyarakat!".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Manusia pertama diciptakan oleh Allah adalah adam, kemudian beranak pianak dan membentuk sebuah masyarakat. Menurut Aristoteles, manusia adalah zoon politicon (man is social animal) dimana manusia tidak bisa hidup sendiri, hal yang sama dijelaskan oleh Bouman bahwa Manusia baru menjadi manusia setelah manusia itu hidup dengan manusia lainnya. Masyarakat adalah sejumlah individu yang hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu, bergaul dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan kesadaran pada diri setiap anggotanya sebagai suatu kesatuan.

Jelaskan secara singkat asal usul pembentukan masyarakat?

Jawaban Pertama

Asal usul pembentukan masyarakat

Manusia pada dasarnya dilahirkan seorang diri, namun didalam proses kehidupan selanjutnya manusia membutuhkan manusia lain disekelilingnya. Ini menunjukkan bahwa manusia adalah makhluk sosial, yaitu makhluk yang paling bersama. Untuk mewujudkan keinginan tersebut manusia harus melakukan interaksi sosial dengan sesamanya. Dengan adanya pergaulan dan interaksi tersebut maka akan tercipta suatu pergaulan hidup. Jadi pembentukan masyarakat bermula dari fitrah manusia untuk bersama dengan orang, lalu terbentuklah hubungan sosial yang melahirkan aturan atau norma.

Jawaban Kedua

Asal usul terbentuknya masyarakat ialah berawal dari fitrah manusia selaku makhluk sosial yang selalu memerlukan bantuan orang lain. Dari fitrah tersebut, kemudian mereka memiliki hubungan satu dengan lainnya dalam waktu lama sehingga terbentuklah hubungan sosial yang pada gilirannya menimbulkan kesadaran atas kesatuan. Dan terlahirnya aturan dan norma berguna untuk menjaga ketertiban hubungan sosial itu.

Jawaban Ketiga

Asal-Usul Pembentukan Masyarakat

Masyarakat adalah kumpulan orang yang terdiri dari berbagai macam golongan, baik golongan mampu maupun tidak, dan tinggal di daerah yang sama serta memiliki hukum adat.

Masyarakat terbentuk karena adanya interaksi sosial yang mencakup individu dalam jumlah besar karena adanya persamaan untuk kebaikan masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri.

Jawaban Keempat

Asal usul pembentukan masyarakat salah satu ayat yang menerangkannya adalah surat Al Hujurat ayat 13

mengandung pelajaran bagi semua muslim. Pelajaran ini bahkan bisa diterapkan seluruh manusia yang tidak beragama Islam.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَٰكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَٰكُمْ شُعُوبًا وَقَبَآئِلَ لِتَعَارَفُوٓا۟ ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ ٱللَّهِ أَتْقَىٰكُمْ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

Artinya: "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Istilah masyarakat sendiri dipadankan dengan istilah sosial, istilah masyarkat berasal dari kata syarikat dalam Bahasa arab, kemudian mengalami proses kebahasaan sedemikian rupa sehingga dalam Bahasa Indonesia menjadi kata serikat yang kurang lebih berarti kumpulan atau kelompok yang saling berhubungan sedangkan istilah sosial berasal dari Bahasa latin socius yang berarti kawan

Dan ini berarti sesuai dengan surah Al -Hujurat 13 manusia di ciptakan dari laki laki dan perempuan untuk saling mengenal dan membentuk kumpulan atau kawan, menjadi suku dan bangsa,oleh karena itulah terbentuk masyarakat yang tergabung dari sejumlah individu yang hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu.dan ini merupakan fitrah manusia sebagai mahluk sosial yang senantiasa membutuhkan orang lain,dan berinteraksi satu sama lain dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan hubungan sosial yang menumbuhkan kesadaran akan kesatuan.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Secara Singkat Asal Usul Pembentukan Masyarakat!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain