Jelaskan Bagaimana Peran Yang Dapat Dilakukan Oleh Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani?

Jelaskan Bagaimana Peran Yang Dapat Dilakukan Oleh Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani?


Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Bagaimana Peran Yang Dapat Dilakukan Oleh Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani?".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Agama sejatinya selalu membawa kedamaian, kenyamanan, dan ketentraman baik bagi pemeluknya ataupun bukan pemeluknya karena setiap agama selalu memberikan keselamatan bagi pemeluhnya masing-masing. Namun, masih banyak pemelukan yang mengklaim bahwa agama sendiri yang paling benar dan agama orang lain harus dimusnahkan, sebagaimana insiden di bangsa kita Indonesia seperti Situbondo (Jawa Timur), Ketapang (Jakarta) di mana gereja dibakar oleh umat Islam, Kupang (Nusa Tenggara Timur) di mana masjid dibakar oleh umat Kristiani. Belum lagi kasus Maluku dan Poso yang hingga hari ini belum terselesaikan dengan baik. Salah satu penyebabkan adalah karena kesempitan berfikir dalam beragama. Untuk itu, dibutuhkan peran umat beragama.

Jelaskan bagaimana Peran yang dapat dilakukan oleh umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani?

Jawaban Pertama

Ada 4 peran yang dapat dilakukan oleh umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani, yakni:

1) Menumbuhkan sikap saling pengertian antara sesama umat beragama.

Peran ini dapat dilaksanakan menciptakan dialog intensif. Dengan contoh, mempertemukan para pemuka agama yang berbeda, dialog berfungsi untuk menghilangkan rasa tidak percaya atau takut kepada sesama. Nantinya, perdamaian akan tercapai dengan dialog yang telah dilakukan.

2) Melaksanakan studi-studi agama.

Mempelajari berbagai macam agama yang ada didunia maupun lokal mempunyai beberapa tujuan diantaranya, menghayati ajaran agama masing-masing, membangun suasana iman yang dialogis, menumbuhkan etika pergaulan antar umat beragama, menumbuhkan kesadaran pluralisme,dsb.

3) Melakukan usaha-usaha penumbuhan sikap-sikap demokratis, pluralisme hingga toleransi kepada umat beragama sejak dini melalui pendidikan.

Manusia memiliki keharusan untuk melakukan pendakwaan kepada sesamanya, terutama pendidikan dengan tujuan untuk mencerdaskan masyarakat.

4) Mengerahkan energi bersama untuk mewujudkan cita-cita bersama membangun masyarakat madani.

Masyarakat harus saling bekerjasama untuk mencapai cita-cita masyarakat madani. yaitu masyarakat yang disemengati oleh nilai-nilai ketuhanan untuk kebaikan sesama.

Jawaban Kedua

Peran yang dapat dilakukan umat beragama dalam mewujudkan masyarakat madani sebenarnya sudah ada dalam Pancasila sila ke 1 . Ketuhanan yang maha esa sila ke 2. Kemanusian yang adil dan beradab

Sebagai umat beragama dengan percaya adanya tuhan, membentuk pribadi yang beriman dan bertaqwa . Dengan menumbuhkan saling pengertian antara sesama umat beragama maka segala isu sara akan bisa teredam dan memperlakukan orang lain dengan adil dan beradab.

Dan hal ini bisa di lakukan melalui dialog untuk mengikis kecurigaan dan menumbuhkan saling pengertian, melakukan studi agama, menumbuhkan kesadaran pluralisme dan menumbuhkan kesadaran Bersama mewujudkan masyarakat madani

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Bagaimana Peran Yang Dapat Dilakukan Oleh Umat Beragama Dalam Mewujudkan Masyarakat Madani?", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain