Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Syariat?

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Syariat?

Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Syariat?".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Dalam ajaran agama islam sering kita kenal istilah syariat islam, menurut para ulama.

Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Syariat?

Jawaban Pertama

Syariat adalah perintah, dimana syariat islam adalah semua aturan yang Allah turunkan untuk para hamba-Nya, baik terkait masalah aqidah, ibadah, muamalah, adab, maupun akhlak.

Jawaban Kedua

Syariat menurut para ulama adalah aturan dari Allah Swt yang berhubungan dengan perbuatan manusia ,yang menuntut agar dilakukan suatu perintah atau ditinggalkan suatu larangan atau yang memberikan pilihan antara mengerjakan atau meninggalkan.

Jawaban Ketiga

Pengertian hukum Islam atau syariat islam adalah sistem kaidah kaidah yang didasarkan pada wahyu Allah SWT dan Sunnah Rasul mengenai tingkah laku mukallaf (orang yang sudah dapat dibebani kewajiban) yang diakui dan diyakini, yang mengikat bagi semua pemeluknya.

Dan hal ini mengacu pada apa yang telah dilakukan oleh Rasul untuk melaksanakannya secara total.

Syariat menurut istilah berarti hukum-hukum yang diperintahkan Allah Swt untuk umatNya yang dibawa oleh seorang Nabi, baik yang berhubungan dengan kepercayaan maupun yang berhubungan dengan amaliyah.

Syariat Islam menurut bahasa berarti jalan yang dilalui umat manusia untuk menuju kepada Allah Ta’ala. Dan ternyata islam bukanlah hanya sebuah agama yang mengajarkan tentang bagaimana menjalankan ibadah kepada Tuhannya saja. Keberadaan aturan atau sistem ketentuan Allah swt untuk mengatur hubungan manusia dengan Allah Ta’ala dan hubungan manusia dengan sesamanya. Aturan tersebut bersumber pada seluruh ajaran Islam, khususnya Al-Quran dan Hadits.

Definisi hukum Islam adalah syariat yang berarti aturan yang diadakan oleh Allah untuk umat-Nya yang dibawa oleh seorang Nabi SAW, baik hukum yang berhubungan dengan kepercayaan (aqidah) maupun hukum-hukum yang berhubungan dengan amaliyah (perbuatan) yang dilakukan oleh umat Muslim semuanya.

(Pustaka : Eva Iryani, HUKUM ISLAM, DEMOKRASI DAN HAK ASASI MANUSIA, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.17 No.2 Tahun 2017)

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Apa Yang Dimaksud Dengan Istilah Syariat?", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain