Jelaskan Peranan Akal Bagi Manusia Menurut Al-Qur'an!

Jelaskan Peranan Akal Bagi Manusia Menurut Al-Qur'an!


Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Peranan Akal Bagi Manusia Menurut Al-Qur'an!".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Untuk menyukseskan tugas-tugas manusia di dunia, manusia diberikan berbagai potensi, diantaranya: Kemauan untuk mengetahui sifat-sifat dan fungsi kegunaan berbagai macam benda, ditundukkan bumi, langit dan segala isinya, bintang-bintang planet-planet kepada manusia, serta dianugerahkannya akal pikiran serta pancaindra. 

Jelaskan peranan akal bagi manusia menurut Al-Quran.

Jawaban Pertama

Peranan Akal bagi manusia menurut Al quran

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkat mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.” (QS. Al-Israa’ : 70).

Dari ayat tersebut dapat dikatakan bahwa akal merupakan kelebihan yang diberikan Allah SWT kepada manusia dan sekaligus menjadi faktor pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya. Karena itu, Allah SWT mendorong manusia agar bersedia menggunakan akalnya untuk berpikir.

surat An-Nahl ayat 12

Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berakal.” (QS. An-Nahl : 12).

Agar akal dapat memiliki fungsi yang maksimal maka diperlukan pemandu atau pembimbing. Dalam Islam, yang menjadi pemandu atau pembimbing akal adalah Al Qur’an dan as-Sunnah. Tanpa adanya bimbingan dari Al Qur’an dan as-Sunnah, maka akal menjadi tidak berfungsi

Akal merupakan syarat dalam mempelajari ilmu pengetahuan,sarana untuk memahami kebenaran, sarana untuk berfikir(QS al-baqarah(2): 44) (Qs AL -Baqarah(2): 164)

Jawaban Kedua

Peranan akal memiliki peran yang sangat penting bagi manusia dalam melaksanakan tugasnya sebagai Khalifah Allah di muka bumi ini. Akal merupakan anugerah dari Allah yang tak ternilai harganya.

Peranan akal bagi manusia menurut Al-Qur'an meliputi:

  • Akal memerlukan pemandu dan pembimbing. pemandu dan pembimbing akal ialah Al-Qur'an dan As-Sunnah. Akal tidak dapat berdiri sendiri, akal akan berfungsi dengan baik jika memiliki naluri.
  • Akal ialah syarat dalam mempelajari seluruh ilmu pengetahuan.
  • Akal adalah alat untuk mengetahui dan memahami kebenaran.
  • Akal adalah alat berpikir manusia dan berfungsi sebagai pengendali manusia.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Peranan Akal Bagi Manusia Menurut Al-Qur'an!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain