IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Ungkapkan Pendapat Anda Tentang Kebanggaan Masyarakat di Sekitar Anda Berkaitan Dengan Penggunaan Bahasa Indonesia

Ungkapkan pendapat Anda tentang kebanggaan masyarakat di sekitar Anda berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia

Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai ungkapkan pendapat anda tentang kebanggaan masyarakat di sekitar anda bekaitan dengan penggunaan bahasa indonesia. Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Soal

Ungkapkan pendapat Anda tentang kebanggaan masyarakat di sekitar Anda berkaitan dengan penggunaan bahasa Indonesia.

Jawaban Pertama

Pendapat saya tentang hal ini, masyarakat disekitar saya ini masih kurang dalam penggunaan bahasa indonesia, kebanyakan mereka disini menggunakan bahasa daerah masing².Sehingga jarang sekali mereka menggunakan bahasa indonesia untuk berkomunikasi dalam kegiatan sehari-hari. Masyarakat nya kurang memiliki kebanggaan terhadap bahasa indonesia.Ketertarikan masyarakat tidak diimbangi dengan sikap yang baik masyarakat indonesia terhadap bahasanya. 

Jawaban Kedua

Masyarakat yang ada di lingkungan Saya sudah mayoritas menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari dan menggunakannya untuk berinteraksi satu sama lain. Hal ini sudah berlangsung cukup lama karena masyarakat yang berada di lingkungan Saya berasal dari berbagai suku dan daerah, sesuai dengan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan sebagai alat komunikasi antaretnik.

Jawaban Ketiga

Menurut pendapat saya, masyarakat disekitar tempat tinggal saya, masih belum terbiasa menggunakan bahasa indonesia, karena masih banyak diantara mereka yang menggunakan bahasa daerah. Apalagi di tempat saya tinggal kalau ada yang berbahasa indonesia, akan dianggap terlalu berlebihan.

Jawaban Keempat

Kebanggaan masyarakat di sekitar terhadap bahasa Indonesia dapat dilihat dari penggunaan bahasa nya, Seperti yang saya kutip dari referensi yang saya baca Rasa bangga merupakan wujud sikap positif terhadap bahasa Indonesia, Sikap positif itu terungkap jika Anda lebih suka menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa asing.

Jadi agar kebanggaan terhadap bahasa Indonesia terpandang,harus kita pertahankan dalam penggunaan bahasa nya , jika dilihat pada masa sekarang ini kebanyakan masyarakat tidak sadar bahwa penggunaan bahasa yang mereka gunakan tidak mencerminkan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia, karena sekarang masyarakat lebih suka menggabungkan bahasa Indonesia dengan bahasa asing di dalamnya, Mengapa? Sebab mereka melihat dan berpikir bahwa jika bahasa Indonesia dan asing di kolaborasi kan akan terlihat keren di mata orang lain, padahal bukan keren yang terlihat tapi miris karena dalam penggunaan bahasa saja orang lain akan tahu sikap bangga kita terhadap bahasa sendiri.

Tapi ada sebagian masyarakat juga yang menggunakan bahasa dengan sangat baik, dengan tidak menambahkan bahasa asing di dalamnya , karena mereka tahu dari kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bahwa bahasa Indonesia sebagai lambang kebanggaan nasional, bahasa Indonesia sebagai lambang identitas nasional, bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi antaretnik dan bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa. Jadi sebaiknya supaya kita selalu membanggakan bahasa Indonesia kita harus tahu kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia terlebih dahulu sebelum menggunakan nya berkomunikasi dengan oranglain.

Jawaban Kelima

Menurut pandangan saya saat melihat masyarakat di sekitar saya terhadap penggunaan Bahasa Indonesia sudah cukup baik. Masyarakat di sekitar tempat tinggal saya hampir semua sudah menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi satu dengan yang lainnya, akan tetapi karena kami tinggal di daerah yang memang disebut sebagai tanah melayu yaitu provinsi Kepulauan Riau, untuk logat yang digunakan masih terdengar logat melayu. Dengan banyaknya keberagaman suku yang ada di sekitar saya, mereka tetap menjunjung tinggi menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari dengan baik. Karena tidak semua masyarakat kami paham dengan bahasa melayu sehingga saat berinteraksi dengan orang lain pasti kebanyakan dari mereka akan menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik.

Jawaban Keenam

Bahasa Indonesia adalah Jati Diri Bangsa. Ada sebuah ungkapan yang pernah saya dengar bahwa “Menggunakan Bahasa Indonesia berarti memiliki jiwa Nasionalisme yang tinggi kepada NKRI”. Namun saya percaya bahwa ungkapan diatas masih sangat dapat untuk diperdebatkan, mengingat mengukur Jiwa Nasionalisme apalagi dalam diri seseorang sangat sulit dan perlu kajian lebih lanjut. Apabila di telaah terkait rasa nasionalisme jika hanya diukur berdasarkan penggunaan Bahasa, maka artinya orang Indonesia yang selain Berbahasa Indonesia juga Fasih berbahasa asing yakni Bahasa Inggris misalnya, apakah dapat serta merta juga kita katakan bahwa dia adalah Orang Inggris atau seseorang yang tidak mempunyai rasa nasionalisme Indonesia tentu tidak demikian bukan ? Apalagi Indonesia yang mana terdiri dari 1340 Suku Etnik, dan 17.503 Pulau serta 748 Bahasa Daerah, membuatnya menjadi salah satu Negara dan Bangsa dengan kemajemukkan serta Pluralitas yang sangat tinggi di dunia.

Ditelisik dari asal-usul dan sejarahnya sendiri, Jauh sebelum “Bahasa Indonesia” itu ada selaku Bahasa Pemersatu di Indonesia, Bahasa Daerah telah lebih dulu ada dan berkembang serta kini menjadi bagian yang tak terpisahkan sebagai jati diri suatu daerah. Bahasa Indonesia sendiri mulai aktif digalangkan sebagai Bahasa pemersatu pada peristiwa “Sumpah Pemuda” Tahun 1928 dalam salah satu butir isinya yakni “ Kami Putra dan Putri Indonesia, Berbahasa Satu Bahasa Indonesia”. Bagi saya, Hadirnya Bahasa Indonesia merupakan salah satu komponen penting yang mengantarkan Indonesia meraih kemerdekaannya dikarenaka Bahasa Indonesia memiliki peranan penting dan Vital untuk menyatukan berbagai daerah di Indonesia dengan beragam budaya dan bahasanya masing-masing dalam kerangka “Bhineka Tunggal Ika”. Namun saya pribadi percaya sepertinya akan tampak agak egois saja jika dengan hadirnya Bahasa Indonesia serta merta menggeser bahkan menghilangkan posisi maupun kedudukan Bahasa Daerah yang sudah jauh lebih dulu ada.

Menariknya dari beberapa Kota dan daerah yang pernah saya singgahi, Bahasa Indonesia justru mengalami akulturasi dengan Bahasa daerah setempat, mulai dari kosakata sampai kepada aksennya, hal ini menunjukkan bahwa tidak seperti Bahasa-bahasa lainnya yang ada di dunia, Bahasa Indonesia mampu untuk hadir, berkembang,  bahkan berakulturasi dengan Bahasa daerah setempat. Ini juga menunjukkan bahwa keputusan Para Pendiri Bangsa kita untuk menggunakan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Pemersatu Bangsa sangat tepat untuk diambil dan dipakai, karena Bahasa Indonesia mampu berjalan selaras serta beriringan dengan Bahasa-bahasa Daerah yang ada di Indonesia bahkan turut memperkaya kosakata serta Istilah yang sudah ada.

Hingga kini pun Bahasa Indonesia terus mengalami perkembangan dan penyesuaian dengan situasi dan kondisi yang terjadi, tercatat telah 7 kali terjadi, dimulai dari Sejarah ejaan Bahasa Indonesia diawali dengan ditetapkannya Ejaan van Ophuijsen Pada 1901-1947. Setelahnya, ada beberapa pembaruan ejaan yang diubah oleh pemerintah, mulai dari Ejaan Republik atau Ejaan Soewandi Pada 1947-1956, Ejaan Pembaharuan Pada 1956-1961, Ejaan Melindo Pada 1961-1967, Ejaan Baru/Lembaga Bahasa dan Kasusastraan (LBK) pada1967-1972, Ejaan yang Disempurnakan (EyD) pada 1972-2015, hingga Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) pada 2015-Sekarang. Ini juga turut menunjukan bahwa Bahasa tidak bersifat Absolut Mutlak melainkan Bahasa terus mengalami perkembangan serta penyesuaian.

- Kebanggaan Masyarakat Dalam Menggunakan Bahasa Indonesia Terutama Disekitar Kita

Berbicara mengenai kebanggaan masyarakat yang ada di sekitar kita terkait penggunaan Bahasa Indonesia menurut saya memang masih sangat subjektif, mengingat untuk mengukur hal tersebut diperlukan suatu metode penelitian yang lebih komprehensif dan berkelanjutan. Kata “Bangga” sendiri memiliki arti dan cakupan yang cukup luas bila dapat di definisikan. Secara simpel Bangga menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) dapat diartikan merasa “besar hati”, “merasa gagah” atau juga dalam konteks ini dapat diartikan dengan “sikap jiwa yang terwujud-warisan budaya-hasil karya- dan hal-hal lain yang menjadi milik bangsa sendiri”.

Berdasarkan definisi tersebut dapat saya pahami bahwa arti dari “Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia” adalah kita mampu untuk menghargai budaya serta hasil karya Bangsa Indonesia dengan mampu memahami, berkomunikasi serta memakai Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Dari sekilas pengamatan saya terkait penggunaan Bahasa Indonesia di wilayah domisili saya saat ini yakni daerah Kota Surabaya Jawa Timur, dapat saya pahami atau nilai menurut persepsi saya berdasar pada definisi Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia diatas adalah, “Sangat Baik”

Hal ini dikarenakan Masyarakat di sekitar saya mampu untuk dapat memahami dan berkomunikasi menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga dapat tercipta komunikasi 2 arah. Namun hal menarik lainnya juga yang saya pahami, Penggunaan Bahasa Daerah di sekitar saya dalam hal ini adalah Bahasa Jawa masih sangat tinggi dan terjaga dengan baik.

Saya mengamati jika berbicara dengan orang asing/belum terlalu dikenal, Masyarakat cenderung menggunakan Bahasa Indonesia, namun jika berbicara dengan sahabat/teman yang dikenalinya maka cenderung menggunakan Bahasa daerah setempat dalam hal ini Bahasa Jawa. Tak jarang juga saya menemukan beberapa istilah atau kata yang saya selaku pendatang cukup dibuat bingung, karena kosakata tersebut agak cukup sulit diartikan/di deskripsikan ke Bahasa Indonesia. Peristiwa ini juga sering saya jumpai dalam beberapa kunjungan saya ke beberapa daerah di Indonesia. Namun terlepas dari itu, Hal ini pun turut membuktikan pemahaman saya diatas bahwa Bahasa Indonesia mampu berjalan dan selaras dengan Bahasa Daerah setempat.

Jawaban Ketujuh

Pendapat saya tentang kebanggaan masyarakat disekitar saya dalam penggunaan bahasa mayoritas menggunakan bahasa campuran ada yang memakai bahasa Jawa (kromo,ngapak) Dan bahasa indonesia sebagai bahasa sehari-hari untuk berinteraksi satu sama lain. Hal ini sudah berlangsung cukup lama karena masyarakat yang berada dilingkungan saya tinggal berasal dari berbagai suku dan daerah, sesuai dengan fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan sebagai alat komunikasi, alat pemersatu bangsa antar daerah antar budaya.

Jawaban Kedelapan

Menurut pandangan saya, kebanggaan masyarakat di daerah lingkungan sini dalam menggunakan Bahasa Indonesia sudah cukup baik. Sudah banyak masyarakat yang terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar di kesehariannya dalam berkomunikasi dan berinteraksi.

Dengan demikian, artinya masyarakat disekitar lingkungan saya sudah memiliki rasa cinta dan bangga dalam menggunakan Bahasa Indonesia dan menerapkan fungsi Bahasa Indonesia lainnya, seperti Bahasa Indonesia sebagai Alat Pemersatu Bangsa dan Alat Komunikasi Antaretnik.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Ungkapkan Pendapat Anda Tentang Kebanggaan Masyarakat di Sekitar Anda Berkaitan Dengan Penggunaan Bahasa Indonesia. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain