IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Tipe Kegiatan Manajemen Pada Modul 3 BMP sistem Informasi Manajemen (EKMA4434)

Didalam materi sesi kedua dan didalam modul 3 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434) terdapat Gambar 3.1 yaitu tentang tipe kegiatan manajemen. Sil

Haiii, apakabar kamu? Semoga tetap dalam keadan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Sebelum itu, apakah kalian sudah mengetahui arti dari Sistem Informasi Manajemen? Jika belum kalian bisa mengetahui artinya pada paragraf dibawah ini.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu Sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan guna memenuhi tujuan tertentu pada suatu kegiatan manajemen. Pengaplikasian dari sistem informasi manajemen memberikan kontribusi dan keunggulan terhadap pengambilan keputusan manajemen dan meningkatkan sumber daya informasi yang kompetitif.

Nah, kamu sudah mengertahui arti dari Sistem Informasi Manajemen. Selanjutnya, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Didalam materi sesi kedua dan didalam modul 3 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434) terdapat Gambar 3.1 yaitu tentang tipe kegiatan manajemen. Silahkan jelaskan secara lebih rinci terkait Gambar 3.1 tersebut dengan mengacu pada modul 3 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434).

Jawaban Pertama

Tipe Kegiatan Manajemen.

Kegiatan manajemen disambungkan melalui tingkatannya pada organisasi. Kegiatan manajemen terdiri atas 3 macam tingkatan, yakni manajemen tingkat atas, manajemen tingkat menengah danjuga manajemen tingkat bawah.

Tiap-tiap kegiatan manajemen pada tingkatannya dapat digolongan menjadi 3 bagian:

1. Strategic Planning

Dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Perencanaan Startegis. Strategic Planning termasuk kedalam kegiatan manajemen tingkat atas. Dikatakan bahwasannya, strategic planning sebagai metode penentuan tujuan-tujuan didalam organisasi dan juga strategi-strateginya berfungsi untuk memperoleh tujuannya.

Intinya, Strategic Planning mencakup hal-hal berikut:

- Proses Evaluasi Lingkungan Luar Organisasi

Lingkungan Luar Organisasi pastinya akan terus-menerus berubah. Perubahannya bisa memengaruhi strategi yang telah ada sebelumnya. Lingkungan luar bisa memengaruhi jalannya organisasi. Maka dari itu, Manajemen tingkat atas berkewajiban bertindak dalam mengevaluasi pengaruh-pengaruh dari luar. Contohnya seperti pengembangan pasar, pasar baru danjuga produk baru.

- Penetapan Tujuan

Manajemen tingkat atas harus menetapkan tujuan organisasinya. Pada proses strategic planning tujuannya harus jangka panjang. Contohnya, dalam kurun 3 tahun tujuan perusahaan ialah memiliki keuntungan penjualan 85% dari modal awal.

- Penentuan Strategi

Manajemen tingkat atas juga harus menentukan strateginya. Adanya strategi maka akan lebih mudah organisasi mendapatkan hasil yang ingin diraih. Manajemen bisa memilih strategi yang sesuai dengan lingkup persaingan saat ini. Contohnya, manajemen memilih untuk menentukan strategi inovasi untuk 3 bulan kedepan.

2. Management Control

Dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Pengendalian Manajemen. Management Control termasuk kedalam kegiatan manajemen tingkat menengah yang biasanya disebut juga tingkatan taktik. Dikatakan bahwasannya, Management Control sebagai sistem yang berfungsi untuk meyakinkan organisasi sudah melaksanakan strateginya secara efektif danjuga efisien.

Pada Management Control, ada beberapa proses yang wajib dilaksanakan oleh manajer, yaitu proses pembuatan program kerja, penyusunan anggaran, pelaksanaan dan pengukuran, pelaporan danjuga analisis.

3. Operational Control

Dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Pengendalian Operasi. Operational Control termasuk kedalam kegiatan manajemen tingkat bawah. Dikatakan bahwasannya, Operational Control sebagai sistem yang berfungsi untuk meyakinkan tugas khusus sudah terlaksana secara efektif dan efisien.

Pada Operational Control, penerapan program dan pedomannya sudah diatur di Management Control. Operational Control harus fokus mengerjakan tugas-tugas tingkat bawah.

Jawaban Kedua

Kegiatan manajemen mempengaruhi pengolahan informasi karena informasi yang dibutuhkan berbeda untuk masing-masing tingkatan. Kegiatan manajemen untuk masing-masing tingkatan dikategorikan sebagai berikut :

Perencanaan strategis (strategic planning). Merupakan kegiatan management tingkat atas. Pada dasarnya perencanaan streategis meliputi :

1. Proses evaluasi lingkungan luar organisasi. Karena lingkungan luar organisasi selalu berubah secara konstan, perubahan-perubahan lingkungan luat ini dapat memungkinkan perubahan-perubahan terhadap strategi-strategi. Oleh karena itu, manajemen tingkat atas harus pandai mengevalusi dan tanggap akan perubahan-perubahan tersebut. Contohnya adalah produk baru, pasar baru, atau pengembangan pasar.

2. Penetapan tujuan yang ingin dicapai berdasarkan visi yang dimiliki manajemen. Tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat atas dalam proses perencanaan strategis yang bersifat jangka panjang (long-range).

3. Penentuan strategi yang dilakukan oleh manajemen tingkat atas dalam rangka mencapai tujuan-tujuannya. Dengan strategi, semua kemampuan yang berupa sumber-sumber daya dikerahkan supaya tujuan organisasi dapat diraih.

Pengendalian manajemen (management control). Merupakan kegiatan manajemen tingkat menengah. Pada tingkat ini, pengendalian manajemen merupakan tindak lanjut dari kegiatan perencanaan strategis yang dilakukan oleh manajemen tingkat atas. Tugas utama dari management control ini adalah memastikan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah ditetapkan secara efektif dan efisien. Masing-masing manajemen bagian bertanggung jawab mengendalikan penggunaan sumber daya-sumber daya dalam organisasi dengan efisien dan efektif.

Pengendalian operasi (operational control). Merupakan kegitan manajemen tingkat bawah. Pengendalian operasi adalah sistem yang memastikan bahwa tiap-tiap tugas tertentu telah dilaksanakan secara efektif dan efisien. Pengendalian operasi ini merupakan penerapan program yang telah ditetapkan oleh pengendalian manajemen.

Jawaban Ketiga

Berdasarkan materi yang telah saya baca pada modul 3 BMP Sistem Informasi Manajemen, tipe kegiatan manajemen dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

1. Manajemen tingkat atas (Perencanaan Strategis)

Menurut Anthony dan Dearden (1980), perencanaan strategis adalah proses penentuan tujuan – tujuan dari organisasi dan strategi -strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan strategic meliputi :

  • Proses evaluasi lingkungan luar organisasi, Pengaruh lingkungan luar dapat berupa kesempatan – kesempatan pasar, teknologi, tekanan -tekanan politik, social, persaingan, inflasi, dan sebagainya.
  • Penetapan tujuan, tujuan ditetapkan oleh manajemen tingkat atas dalam proses perencanaan strategis yang bersifat jangka panjang.
  • Penentuan strategis, manajemen tingkat atas menentukan tindakan – tindakan yang harus dilakukan oleh organisasi dengan maksud mencapai tujuan – tujuannya.

Contoh strategi adalah strategi low cost leadership, inovasi,dan fokus. Manajemen bisa memilih satu atau lebih stategi yang mau di pakai sesuasi dengan lingkungan persaingannya tersebut, jika stategi ini berhasil dilakukan tujuan organisasi juga akan tercapai. Strategi ditentukan dan difomulasikan oleh manjemen tingkat atas dan di implementasikan oleh manajemen tingkat menengah dan tingkat bawah.

2. Manajemen tingkat menengah (Pengendalian Manajemen)

Pengendalian manajemen adalah sistem untuk menyakinkan bahwa organisasi telah menjalankan strategi yang sudah ditetapkan dan mengendalikan sumber – sumber daya dalam organisasi dengan efektif dan efesien. Dalam pengendalian manajemen, terdapat proses yang menunjukan apa yang harus dilakukan oleh manajer. Proses pengendalian manajemen terdiri dari tahapan:

  • Pembuatan program kerja (programming)
  • Penyusunan anggaran (budgeting)
  • Pelaksanaan dan pengukuran (operating and measurement)
  • Pelaporan dan analisis (reporting and analysis).

3. Manajemen tingkat bawah (Pengendalian Operasi)

Merupakan manajemen tingkat bawah yaitu penerapan program yang telah ditetapkan pada pengendalian manajemen. Pengendalian operasi dilakukan di bawah pendoman proses pengendalian manajemen dan difokuskan pada tugas – tugas tingkat bawah. Contohnya Kilang minyak petroleum dan jalur perakitan (assembly lines) dari pabrik-pabrik yang otomatis.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Tipe Kegiatan Manajemen Pada Modul 3 BMP sistem Informasi Manajemen (EKMA4434). Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain