Sebutkan dan Jelaskan Secara Ringkas dan Padat Kelebihan dan Kekurangan SDLC

Sebutkan dan Jelaskan Secara Ringkas dan Padat Kelebihan dan Kekurangan SDLC


Haiii, apakabar kamu? Semoga tetap dalam keadan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Sebelum itu, apakah kalian sudah mengetahui arti dari Sistem Informasi Manajemen? Jika belum kalian bisa mengetahui artinya pada paragraf dibawah ini.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu Sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan guna memenuhi tujuan tertentu pada suatu kegiatan manajemen. Pengaplikasian dari sistem informasi manajemen memberikan kontribusi dan keunggulan terhadap pengambilan keputusan manajemen dan meningkatkan sumber daya informasi yang kompetitif.

Nah, kamu sudah mengertahui arti dari Sistem Informasi Manajemen. Selanjutnya, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Silahkan sebutkan dan jelaskan secara ringkas dan padat kelebihan dan kekurangan SDLC.

Jawaban Pertama

Kelebihan dan Kekurangan SDLC

SDLC (System Development Life Cycle) atau biasa dikenal dengan metode siklus hidup pengembangan mempunyai kelebihan dan Kekurangan. Berikut akan saya jelaskan kelebihan dan kekurangan dari Metode SDLC ini dengan ringkas dan padat.

Kelebihan SDLC

Metode SDLC mempunyai kelebihan-kelebihan seperti berikut:

  1. Metode pengembangan perangkat lunak SDLC tidak sulit untuk diaplikasikan.

    Karena, memberikan hasil sistem yang lebih baik sebab sistem dianalisis dan dirancang secara lengkap dari tahap awal sampai tahap akhir sebelum sistem tersebut diterapkan.

  2. Metode pengembangan perangkat lunak SDLC mengandung langkah-langkah yang bisa digunakan untuk pedoman pengembangan suatu sistem.

    Langkah-langkah yang bisa digunakan diberikan secara lengkap, seperti analisis sistem, design sistem, implementasi sistem, pengujian sistem serta pemeliharaan sistem.

Kekurangan SDLC

Metode SDLC mempunyai kekurangan-kekurangan seperti berikut:

  1. Metode pengembangan perangkat lunak SDLC cuma memberikan langkah-langkah saja, tidak dengan metodologinya. Jadi, untuk mengembangkan suatu sistem mesti dipadukan bersamaan dengan metodologi yang sudah ada. Contohnya seperti metodologi sistem terstruktur, waterfall, dsb.
  2. Metode pengembangan perangkat lunak SDLC ini, hasilnya bergantung pada tahap analisis. Bila ada kesalahan dalam tahap analisis maka kesalahan tersebut akan terus ada dan nantinya akan mengahasilkan sistem yang kurang memuaskan (tak tercapai tujuannya).
  3. Metode pengembangan perangkat lunak SDLC ini memerlukan biaya yang lebih besar daripada metode yang lainnya.
  4. Metode pengembangan perangkat lunak SDLC ini memerlukan waktu yang lama dalam proses pengembangannya, sebab sistem tersebut wajib dikembangkan sampai tuntas.
  5. Untuk melakukan perubahan-perubahan pada metode pengembangan perangkat lunak SDLC ini merupakan suatu hal yang tidak fleksibel untuk dilakukan, sebab hasil dari sistem ini perlu dianalis lagi.

Jawaban Kedua

System Development Life Cycle (SDLC)

Pengertian dari SDLC dalam bahasa Indonesia adalah siklus hidup pengembangan sistem. SDLC adalah siklus yang digunakan dalam pembuatan atau pengembangan sistem informasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif. Dalam pengertian lain, SDLC adalah tahapan kerja yang ditujukan untuk menghasilkan sistem berkualitas tinggi yang sesuai dengan keinginan pelanggan/tujuan dibuatnya sistem tersebut.

SDLC menjadi kerangka yang berisi langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memproses suatu pengembangan perangkat lunak. Sistem ini berisi lengkap untuk mengembangkan, memelihara, dan perangkat lunak tertentu. Ini digunakan untuk membangun suatu sistem informasi agar dapat berjalan sesuai dengan apa yang direcanakan/harapkan.

SDLC (Siklus Hidup Pengembangan Sistem, Siklus Hidup Pengembangan Sistem atau Systems Life Cycle (Siklus Hidup Sistem), dalam rekayasa sistem dan rekayasa perangkat lunak, adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi.
SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap:
  • analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).

Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning),analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance). Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. SDLC juga merupakan pola yang diambil untuk mengembangkan sistem perangkat lunak, yang terdiri dari tahap-tahap: rencana(planning),analisis (analysis), desain (design), implementasi (implementation), uji coba (testing) dan pengelolaan (maintenance).

Kelebihan SDLC adalah:
  • Menyediakan tahapan yang dapat digunakan sebagai pedoman mengembangkan sistem.
  • Memberikan hasil sistem yang lebih baik karena sistem dianalisis dan dirancang secara keseluruhan sebelum diimplementasikan.

Kekurangan SDLC adalah:
  • Hanya menyediakan tahapan-tahapan, tetapi tidak menyediakan metodologi (cara dan alat-alat) untuk mengembangkan sistem sehingga harus digabungkan dengan metodologi yang ada, yaitu metodologi pengembangan sistem terstruktur misalnya.
  • Hasil dari SDLC sangat tergantung dari hasil di tahap analisis sehingga jika terdapat kesalahan analisis, akan terbawa erus dengan hasil sistem yangkurang memuaskan.
  • Dibutuhkan waktu yang lama untuk mengembangkannya karena sisitem harus dikembangkan sampai selesai semua terlebih dahulu.
  • Dibutuhkan biaya yang relative lebih besar dibandingkan dengan metode lainnya.
  • hasil dari sisem tidak luwes untuk dimodifikasi karena perlu dilakukan analisis kembali.

Jawaban Ketiga 

Menurut saya SDLC (System Development Life Cycle) memiliki kelebihan dan kekurangan yang antara lain :

Kelebihan :
  • Menyediakan tempelate seperti metode analisis, desain, pengkodean, pengujian, dan pemeliharaan. yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan sistem .
  • Memberikan hasil sistem yang lebih baik karena sebelum diimplementasikan sistem terlebih dahulu dianalisis dan dirancang secara keseluruhan sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi.
  • Salah satu metode pengembangan perangkat lunak yang mudah untuk di aplikasikan.

Kekurangan :
  • Hanya menyediakan tempelate sehingga tidak bisa digabungkan dengan metodologi yang ada. sehingga di perlukannya analisis kembali jika ada seperti modifikasi, perubahan,dsb.
  • Hasil dari SDLC sangat bergantung dari hasil di tahap analisis sehingga jika terdapat kesalahan akan mengakibatkan masalah yang terbawa terus sehingga mendapat hasil sistem yang kurang memuaskan.
  • Dibutuhkan biaya relatif lebih besar dan memakan waktu lama hal ini dikarenakan harus menunggu sistem selesai keseluruhan tahap agar bisa diimplementasikan dengan baik
  • Sering terhambatnya proses penyelesaian oleh tim pengembang karena memiliki ketergantungan untuk menunggu tim lain melengkapi tugasnnya sehingga penggunaan waktu tidak efesien

Jawaban Keempat

Pengembangan sistem informasi yang banyak dilakukan adalah pengembangan sistem informasi yang di sebut dengan systems development life cycle (SDLC). Kita tau untuk sebuah sistem pasti ada kelebihan dan kekurangannya begitu juga dengan SDLC, untuk SDLC sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

A. Kelebihan dari metode SDLC
  • Menyediakan tahapan yang dapat digunakan sebagai pedoman mengembangkan sistem.
  • Memberikan hasil sistem yang lebih baik karean sistem dianalisis dan dirancang keseluruhan diimplementasikan.
B. Kekurangan metode SDLC
  • Hanya menyediakan tahapan-tahapan, tetapi tidak menyediakan metodologi (cara dan alat-alat) untuk
  • mengembangkan sistem sehingga harus digabungkan dengan metodologi yang ada, yaitu metodologi
  • pengembangan sistem terstruktur misalnya.
  • Hasil dari SDLC sangat tergantung dari hasil di tahap analisis sehingga jika terdapat kesalahan analisis, akan
  • terbawa terus dengan hasil sistem yang kurang memuaskan.
  • Dibutuhkan waktu yang lama untuk mengembangkannya karena sistem harus dikembangkan sampai selesai
  • semua terlebih dahulu.
  • Dibutuhkan biaya yang relatif lebih besar dibandingkan degan metode lainnya.
  • Hasil dari sistem tidak luwes untuk dimodifikasikan karena perlu dilakukan analisis kembali.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Sebutkan dan Jelaskan Secara Ringkas dan Padat Kelebihan dan Kekurangan SDLC. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain