IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Pengertian Bahasa & Hubungan Antarketerampilan Berbahasa

pengertian bahasa, hubungan antarketerampilan berbahasa

Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai pengertian bahasa dan hubungan antar keterampilan berbahasa. Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Pengertian Bahasa & Hubungan Antarketerampilan Berbahasa

Ungkapkan pengetahuan Anda tentang pengertian bahasa yang Anda peroleh dari referensi 5 orang pakar  dan jelaskan pandangan Anda tentang hubungan antarketerampilan berbahasa, serta ungkapkan pendapat Anda, keterampilan manakah yang harus dimiliki terlebih dahulu? Apa alasannya?  

Pengertian Bahasa

Jawaban Pertama

Referensi pengertian Bahasa menurut pakar:

1. Menurut D.P. Tambulan

Bahasa adalah suatu cara guna memahami pikiran dan perasaan manusia serta untuk menyatakan isi dari pikiran dan perasaan tersebut.

2. Menurut Walija

Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi yang sangat lengkap serta efektif guna untuk menyampaikan pesan, perasaan, maksud, ide, dan pendapat untuk orang lain.

3. Menurut Gorys Keraf

Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi satu sama lain dan berupa simbol bunyi yang berasalkan dari alat ucap yang dimiliki manusia.

4. Menurut Santoso

Bahasa adalah rangkaian bunyi yang dikeluarkan melalui pengucapan manusia dalam saat kondisi sadar.

5. Menurut Syamsyuddin

Pengertian bahasa menurut syamsuddin adalah alat yang digunakan dalam membentuk perbuatan, pikiran, perasaan, serta keinginan dimana menggunakan alat untuk mempengaruhi dan dipengaruhi.

Setelah memperoleh referensi dari 5 pakar yang telah disebutkan diatas, saya dapat menyimpulkan pengertian Bahasa menurut pengetahuan saya, yaitu:

Bahasa merupakan sarana yang digunakan untuk berkomunikasi dalam menyampaikan dan menyatakan perasaan satu sama lain.

Jawaban Kedua

Menurut para ahli yang dapat saya kutip, Bahasa sendiri dapat diartikan sebagai berikut :

1. Pendapat Finocchiaro yang dikutip dalam buku Bahasa dan Linguistik :

Bahasa adalah satu sistem simbol vokal yang mana memungkinkan semua orang dalam satu kebudayaan tertentu atau orang lain yang telah mempelajari sistem kebudayaan tersebut untuk berkomunikasi atau berinteraksi (Finocchiaro, 1974:3)

2. Bahasa adalah satu alat yang sistematik untuk menyampaikan gagasan atau perasaan dengan memakai tanda-tanda, bunyi-bunyi, isyarat-isyarat atau ciri-ciri yang konvensional dan memiliki arti yang dimengerti (Webster News Collegiate Dictionary, 1981:641)

3. Sukirman Nurdjan dan Firman dalam buku Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi Mendifinisikan : Bahasa merupakan sarana berpikir , baik untuk menyampaikan pesan kepada orang lain ataupun menerima pesan dari orang lain.

4. Badudu dalam buku berjudul : “Inilah Bahasa Indonesia Yang Benar III” (1989:3) Mengatakan bahwa :

Bahasa adalah alat penghubung dan alat komunikasi anggota masyarakat, yaitu individu-individu sebagai manusia yang berpikir, merasa dan berkeinginan. Pikiran, perasaan, dan keinginan baru terwujud bila dinyatakan, dan alat yang menyatakan itu adalah bahasa.

5. Pendapat Pei & Gaynor yang dimuat dalam Jurnal "Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan" Mendifinisikan :

Bahasa sebagai satu sistem komunikasi dengan bunyi, yaitu lewat alat atau ujaran dan pendengaran antara orang orang dari kelompok atau masyarakat tertentu dengan mempergunakan simbol simbol vokal yang mempunyai arti artbitrer dan konvensional.

Berdasarkan pengertian yang diungkapkan oleh para Ahli diatas, Saya dapat memahami bahwa Bahasa adalah : Suatu Alat, Media, atau Cara Manusia untuk saling terhubung dan berkomunikasi antara satu dengan yang lain dalam suatu wilayah dan atau kebudayaan tertentu untuk mengungkapkan Pikiran maupun Perasaan dengan menggunakan anggota tubuh yang dimiliki baik secara lisan maupun tulisan melalui Simbol-simbol Vokal/Suara/Bunyi serta isyarat-isyarat tertentu yang disepakati atau dimengerti Bersama yang mana perkembangannya sangat dipengaruhi oleh Budaya dan kondisi lingkungan maupun alam setempat.

Jawaban Ketiga

Bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (yang dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konversional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran

Jawaban Keempat

Bahasa secara sederhana memiliki arti bunyi ujar atau lisan yang berwujud lambang. Menurut saya, bahasa merupakan suatu sistem bunyi yang berwujud lambang yang digunakan manusia untuk berkomunikasi serta menyampaikan pendapat ataupun perasaan antara satu dengan yang lainnya.

Jawaban Kelima

Pengertian bahasa menurut yang sudah saya rangkum adalah kumpulan bunyi-bunyi yang diucapkan/disampaikan secara lisan yang tersusun secara teratur sehingga memiliki makna dan bertujuan untuk mengungkapkan apa yang kita pikirkan, serta bahasa sebenarnya adalah alat untuk berkomunikasi antara satu orang dengan yang lainnya secara lisan maupun tulisan.

Hubungan Antarketerampilan Berbahasa

Jawaban Pertama

Hubungan antarketerampilan berbahasa mempunyai kaitan yang sangat erat dan juga saling mendukug antara satu dengan lainnya. baik dari ragam yang meliputi ragam lisan dan ragam tulis serta segi sifat yang meliputi sifat reseptif dan produktif.

Untuk memiliki keterampilan berbahasa yang baik harus dilakukan dengan cara latihan secara berkepanjangan dan tidak boleh mengabaikan salah satu dari keterampilan tersebut.

Menurut saya, keterampilan yang harus dimiliki terlebih dahulu adalah keterempilan menyimak.

Karena apa? karena pada dasarnya keterampilan berbahasa berkembang secara berurutan (menyimak-berbicara-membaca-menulis)

Sejak dalam kandungan pun manusia sudah mempunyai kemampuan untuk menyimak, dari hasil menyimak yang berkembang nantinya bakal muncul kemampuan bahasa yang lainnya yaitu berbicara, membaca dan menulis.

Jawaban Kedua

  • Hubungan antara menyimak dan berbicara: merupakan keterampilan yang saling melengkapi, keduanya salimg bergantungan
  • Hubungan antara menyimak dan membaca: merupakan keterampilan reseptif. Keduanya memungkinkan seseorang menerima informasi dari orang lain.
  • Hubungan antara berbicara dan menulis: merupakan keterampilan ekrepsi dan produktif, keduanya digunakan untuk menyampaikan informasi.
  • Hubungan antara membaca dan menulis: keterampilan untuk saling melengkpi

Jawaban Ketiga

Empat keterampilan berbahasa baik lisan (menyimak dan berbicara) maupun tulis (membaca dan menulis) memiliki keterkaitan yang sangat erat. Satu keterampilan akan mendukung keterampilan yang lainnya. Hubungan antarragam bahasa (ragam lisan atau ragam tulis) lebih erat dibandingkan hubungan keterampilan antarsifat (reseptif atau produktif). Contohnya menyimak dengan berbicara lebih erat dibandingkan hubungan menyimak dan membaca atau menulis. Hubungan keterampilan pada ragam yang sama dapat disebut hubungan langsung, sedangkan hubungan keterampilan pada sifat yang berbeda hubungannya adalah tidak langsung.

Menurut saya keterampilan berbahasa yang harus di miliki adalah menyimak (mendengarkan) dan membaca adalah kemampuan reseptif (menerima pengertian) karena seseorang tidak perlu memproduksi bahasa. Kedua keterampilan berbahasa ini menempatkan seseorang untuk dapat menerima dan memahami bahasa.

Jawaban Keempat

Manusia sendiri dianugerahi oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan berbagai macam keterampilan. Salah satunya adalah keterampilan Berbahasa baik secara Lisan dalam hal menyimak dan berbicara maupun Tulisan dalam hal membaca dan menulis. Saya meyakini bahwa Hubungan antara keterampilan Lisan (Menyimak dan berbicara) serta keterampilan Tulisan (Membaca dan Menulis) mempunyai keterkaitan yang sangat erat dan merupakan suatu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan serta sangat penting untuk dimiliki dewasa ini.

Berbicara mengenai keterampilan mana yang lebih penting atau yang seharusnya dimiliki serta diprioritaskan terlebih dahulu, Jawabannya : Akan sangat bergantung pada kemampuan Setiap Individu itu sendiri, Karena kemampuan setiap orang jelas berbeda, ada yang memang lebih condong kepada keterampilan Bahasa Lisan namun tak jarang banyak juga yang lebih condong kepada keterampilan Bahasa Tulisan. Saya percaya bahwa setiap keterampilan memilik tantangan dan kesulitannya. Sebagai penutup, Saya juga ingin mengutip salah satu Artikel yang ditulis oleh Redaksi Kompasiana oleh Irfai Moeslim yang berbunyi :

“Semua komunikasi memiliki seninya masing-masing, tergantung kita lebih condong pada kemampuan mana yang bisa dikembangkan, komunikasi dengan kemampuan lisan, atau kecerdasan komunikasi dengan bahasa tulisan". 

Jawaban Kelima

Menurut saya keterampilan bahasa yang harus dimiliki terlebih dahulu adalah menyimak, karena menyimak merupakan keterampilan yang paling sederhana atau dasar. Setelah memiliki keterampilan menyimak maka keterampilan bahasa yang lain akan mudah untuk dikuasai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setiap keterampilan berbahasa tersebut memiliki hubungan satu dengan yang lainnya dan saling mendukung.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Pengertian Bahasa & Hubungan Antarketerampilan Berbahasa. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain