Menurut Pendapat Anda, Strategi Apa Yang Dapat Dijalankan Untuk Meningkatkan Internalisasi Pancasila Sebagai Identitas Nasional Indonesia?

Menurut Pendapat Anda, Strategi Apa Yang Dapat Dijalankan Untuk Meningkatkan Internalisasi Pancasila Sebagai Identitas Nasional Indonesia?

Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Menurut Pendapat Anda, Strategi Apa Yang Dapat Dijalankan Untuk Meningkatkan Internalisasi Pancasila Sebagai Identitas Nasional Indonesia?".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Pancasila merupakan identitas nasional Indonesia, jati diri bangsa Indonesia. Sebagai identitas nasional, maka sudah sepantasnya nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman segenap bangsa dan negara di dalam bersikap dan berperilaku. Persoalannya, saat ini implementasi Pancasila dalam tataran sikap dan perilaku menghadapi tantangan karena derasnya arus globalisasi. 

Menurut pendapat Anda, strategi apa yang dapat dijalankan untuk meningkatkan internalisasi Pancasila sebagai Identitas Nasional Indonesia?

Jawaban Pertama

Menurut pendapat saya Strategi yang dapat dijalankan untuk meningkatkan internalisasi Pancasila sebagai Indentitas Nasional Indonesia, yaitu dengan penguatan kepribadian dan karakter bangsa, dengan penguatan karakter tersebut, bangsa Indonesia akan memiliki jati diri yang kuat, yang mampu menjadi filter ampuh bagi berbagai nilai budaya luar yang masuk kedalam berbagai sendi-sendi kehidupan masyarakat, dan pembangunan karakter tersebut nantinya juga akan menjadi satu langkah penting di dalam upaya penyesuaian permasalahan pelik yang ada dihampir semua bidang kehidupan masyarakat.

Persoalan tentang identitas nasional adalah persoalan yang penting untuk menunjang eksistensi bangsa Indonesia di era Globalisasi seperti sekarang ini, setiap warga negara perlu memahami arti pentingnya identitas nasional tersebut, disamping sebagai salah satu langkah antisipasi terhadap maraknya berbagai macam nilai dari budaya luar juga sebagai salah satu upaya untuk memperkuat jati diri atau karakter bangsa Indonesia di era globalisasi seperti sekarang ini.

Jawaban Kedua

Menurut pendapat saya, sebagai langkah awal untuk mengantisipasi dan menekan arus radikalisasi di era globalisasi, bangsa Indonesia perlu optimis agar dapat bertahan sampai masa akan datang, masyarakat harus dibimbing dan selalu diberikan sosialisasi untuk merektualisasi nilai-nilai dasar Pancasila yang menjadi penyangga atau pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Peran ideologi Pancasila dalam menekan dan menghambat radikalisme di Indonesia menjadi hal penting dalam mewujudkan bangsa yang berkemajuan yang mampu menjalankan tatanan kenegaraan berdasarkan landasan nilai-nilai dasar Pancasila.

Upaya yang dilakukan untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam mencegah paham radikal adalah:

(1) Penguatan sistem pendidikan untuk mengoptimalkan internalisasi nilai Pancasila pada dunia pendidikan sehingga terwujud manusia berkualitas yang religius dan memiliki keyakinan adanya sang pencipta, berkualitas, berkarakter, menjadi warga negara yang demokratis, bertanggung jawab dan taat hukum melalui pendidikan, pelatihan, sosialisasi dan komunikasi sosial.

(2) Peningkatan jati diri dan karakter bangsa berdasarkan Pancasila untuk menumbuhkembangkan sikap dan perilaku nasionalisme melalui perencanaan, revisi kebijakan, kerjasama, pembangunan dan sosialisasi.

(3) Peningkatan komitmen pemimpin bangsa dalam mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila untuk meningkatkan keteladanan bagi masyarakat melalui harmonisasi peraturan, sosialisasi, evaluasi, perencanaan dan penegakkan hukum.

(4) Peningkatan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan daya tangkal akan berpengaruh negatif melalui pendidikan, sosialisasi dan kerjasama. Sebagai contoh sikap yang bisa ditunjukkan yaitu menerima Pancasila sebagai dasar negara dan ideology negara; Berusaha mempelajari agar memahami makna Pancasila, nilai – nilai Pancasila dan kedudukan Pancasila sebagai dasar negara; Mempertahankan Pancasila agar tetap lestari; Menolak segala bentuk ideologi, paham, ajaran yang bertentangan dengan Pancasila; Menetapkan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Kesetiaan terhadap bangsa dan negara.

Jawaban Ketiga

Perkembangan globalisasi ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi, komunikasi dan transportasi. Dimana perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi itu sendiri memiliki dampak positif dan dampak negatif terhadap Negara. Dimana dampak negatif dari perkembangan tersebut sangat membahayakan yang menjadi sasaran justru aspek yang sangat penting dalam hidup manusia, yakni menyangkut kepribadian, identitas, atau karakter dari manusia tersebut. Dimana segala macam informasi bisa dengan mudah menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk nilai-nilai, tradisi, maupun perilaku manusia yang berasal dari budaya yang berbeda. Hal ini bisa menjadi masalah besar karena ketika masyarakat yang menerimah pengaruh tersebut ternyata tidak memiliki kepribadian atau karakter yang kuat, proses infiltrasi nilai-nilai dari budaya luar juga akan menjadi lebih mudah.

Strategi yang dapat dijalankan adalah dengan

a. Character building atau sebuah upaya dalam membangun serta membentuk akhlak dan budi pekerti seseorang menjadi lebih baik atau upaya pembangunan karakter, dimana upaya pembangunan karakter tersebut memiliki tiga manfaat yaitu

  • Penguatan kepribadian dan karakter bangsa
  • Bangsa Indonesia akan memiliki jati diri yang kuat, yang menjadi filter ampuh bagi berbagai nilai budaya luar yang masuk ke dalam kehidupan masyarakat
  • Pembangunan karakter tersebut akan menjadi salah satu langkah penting dalam upaya penyelesaian permasalahan pelik yang ada di kehidupan masyarakat

b. Nilai-nilai Pancasila perlu dikuatkan dengan pendekatan budaya seperti melaksanakan event-event tahunan kebudayaan contohnya di Palembang ada Festival Sriwijaya.

c. Penguatan nilai-nilai Pancasila di sektor Pendidikan. Menghapuskan Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib menurut saya suatu tindakan yang merugikan bangsa dan negara karena Pendidikan Pancasila adalah pendidikan karakter, moral. Dan diharapkan Pemerintah dapat menjadikan Kembali Pendidikan Pancsila sebagai mata pelajaran wajib di tingkat Pendidikan.

d. Penegakan hukum. Pemerintah tidak boleh segan-segan menegakan hukum demi persatuan dan kesatuan bangsa

Jawaban Keempat

Pancasila sebagai identitas nasional tidak hanya berciri fisik sebagai symbol atau lambing, tetapi merupakan identitas nonfisik atau sebagai jati diri bangsa. Pancasila sebagai jati diri bangsa bermakna nilai-nilai yg dijalankan masyarakat Indonesia akan mewujud sebagai kepribadian, identitas, dan keunikan bangsa Indonesia. Dengan kata lain, pancasila sebagai identitas nasional memiliki makna bahwa seluruh rakyat Indonesia seyogyanya menjadikan pancasila sbg landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Upaya menjaga dan menguatkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat dapat dilakukan dengan tiga hal yaitu melalui pendekatan budaya, internalisasi di semua level pendidikan, dan penegakan hukum terhadap hal-hal yang tidak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.

Pertama, nilai-nilai Pancasila perlu dikuatkan dengan pendekatan budaya. Pemerintah melalui Kemdikbud harus menyusun strategi yang tepat, efektif, dan partisipatif tanpa paksaan. Hal ini bisa dilakukan dengan membangun fasilitas atau pos-pos budaya di semua wilayah dalam rangka melestarikan sekaligus mengembangkan kebudayaan lokal yang ada di masyarakat.

Kedua, penguatan nilai-nilai Pancasila di sektor pendidikan. Generasi muda adalah masa depan bagi ideologi Pancasila. Saat ini paparan ideologi radikal mulai mengancam generasi-generasi muda kita. Pemerintah perlu memikirkan strategi yang efektif agar nilai-nilai Pancasila terinternalisasi dengan baik dalam kurikulum pendidikan nasional. Jika perlu, pemerintah bisa mengintervensi kurikulum yang digunakan di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan tinggi.

Ketiga, penegakan hukum. Nilai-nilai Pancasila yang ada dalam konstitusi telah tercermin dalam sejumlah peraturan dan instrumen internasional yang telah diratifikasi untuk melindungi hak-hak warga negara. Pemerintah tak boleh segan-segan untuk menegakkan aturan hukum demi menjaga persatuan dan keutuhan bangsa.

Jawaban Kelima

Menurut pendapat Anda, strategi apa yang dapat dijalankan untuk meningkatkan internalisasi Pancasila sebagai Identitas Nasional Indonesia?

Internalisasi merupakan proses penanaman sesuatu, sikap, keyakinan dan nilai-nilai yang wajib melekat pada manusia itu sendiri. Dalam Internalisasi Pancasila, kita melakukan penghayatan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila.

Menurut pendapat saya, Startegi yang dapat dijalankan untuk meningkatkan internalisasi Pancasila sebagai Identitas Nasional Indonesia antara lain:

  1. Memberikan pengetahuan, pemahaman, dan penguatan mengenai Pancasila sebagai Ideologi negara, sehingga masyarakat menolak Ideologi yang lain, terkecuali Ideologi Pancasila.
  2. Memberikan panutan sikap teladan seperti, sikap toleransi, sikap disiplin, dan juga sikap religius.
  3. Melakukan aksi nyata aktualisasi nilai-nilai yang ada di dalam Pancasila, seperti dengan kegiatan bakti sosial, penyuluhan, dan sebagainya.
  4. Penegakan hukum kepada suatu hal yang tak sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Karena nilai-nilai Pancasila tercermin di dalam konstitusi, maka pemerintah harus bisa memberikan sanksi hukum apabila terdapat pelanggaran yang menganggu internalisasi Pancasila sebagai Identitas Nasional.
  5. Melakukan pendekatan budaya, dapat dilaksankan dengan cara mengajak masyarakat untuk mengenal dan melestarikan budaya disekitarnya tanpa unsur paksaan, sehingga masyarakat akan lebih dekat dengan budaya.
  6. Masyarakat Indonesia wajib mampu menyesesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi, tak terpengaruh oleh arus Globalisasi.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Menurut Pendapat Anda, Strategi Apa Yang Dapat Dijalankan Untuk Meningkatkan Internalisasi Pancasila Sebagai Identitas Nasional Indonesia?", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain