Jelaskan Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah Di Bumi Berkaitan Dengan Diberikannya Akal Yang Mampu Melahirkan Berbagai Ilmu Pengetahuan!

Jelaskan Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah Di Bumi Berkaitan Dengan Diberikannya Akal Yang Mampu Melahirkan Berbagai Ilmu Pengetahuan!



Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah Di Bumi Berkaitan Dengan Diberikannya Akal Yang Mampu Melahirkan Berbagai Ilmu Pengetahuan!".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Lahirnya ilmu pengetahuan, disebabkan kebutuhan-kebutuhan manusia hidup di dunia. Pemenuhan segala kebutuhan manusia, berawal dari bekal dan modal yang diberikan Allah SWT berupa akal. Akal merupakan pembeda manusia dari makhluk lainnya. Dengan akal yang dimiliki, manusia melahirkan dan menciptakan ilmu pengetahuan dan karya yang terus menerus semakin mempermudah hidup manusia di dunia. Di sisi lain, manusia diberi tugas sebagai khalifah di dunia. Manusia diberi mandat oleh Allah untuk menjadi penguasa dan pemakmur bumi dan segala yang ada di dalamnya. 

Jelaskan tanggung jawab manusia sebagai khalifah di bumi berkaitan dengan diberikannya akal yang mampu melahirkan berbagai ilmu pengetahuan.

Jawaban Pertama

Tanggung Jawab manusia sebagai khalifah di bumi

Manusia bertanggung jawab untuk memanfaatkan dan menjaga kelestarian bumi dengan akal pikirannya untuk berbuat baik kepada sesama , menjaga dirinya sendiri dari merusak dan membuat kerusakan di muka bumi, dengan ilmu pengetahuan bisa memanfaatkan sumber daya alam dengan baik dan menjadikan bermanfaat bagi semua .

Referensi QS Al-Baqarah(2):30

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Jawaban Kedua

Tanggung Jawab manusia sebagai Khalifah Allah ialah agar manusia menjadi penguasa, pemimpin, pemakmur, pengelola yang mengatur dan mengendalikan bumi beserta segala isinya dengan mengindahkan seluruh ketentuan yang sudah ditetapkan-Nya.

Manusia sebagai Khalifah Allah menggunakan akal pikirannya guna memenuhi kebutuhan hidup serta untuk mempertahankan dan mengembangkan generasinya. Dari pemikiran manusia inilah, terlahir berbagai ilmu pengetahuan seperti, Ilmu Alam, Kesehatan, Teknologi, Humaniora, Perikanan, Hukum, Matematika, Sosial danjuga Bahasa.

Jawaban Ketiga

Tanggung Jawab manusia manjadi Khalifah di muka bumi :

Di dalam Al Qur’an disebutkan fungsi dan peranan yang diberikan Allah kepada manusia. yaitu:

  • Menjadi abdi Allah. Secara sederhana hal ini berarti hanya bersedia mengabdi kepada Allah dan tidak mau mengabdi kepada selain Allah
  • Menjadi saksi Allah. Sebelum lahir ke dunia ini, manusia bersaksi kepada Allah bahwa hanya Dialah Tuhannya.
  • Menjadi Khalifah Allah, yaitu perwakilan Allah untuk berbuat sesuai dengan misi yang telah ditentukan Allah sebelum manusia dilahirkan yaitu untuk memakmurkan bumi. 

Khalifah yang dimaksud Allah bukanlah suatu jabatan sebagai Raja atau Presiden tetapi yang dimaksud sebagai kholifah di sini adalah seorang pemimpin Islam yang mampu memakmurkan alam dengan syariah-syariah yang telah diajarkan Rosulullah kepada umat manusia.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah Di Bumi Berkaitan Dengan Diberikannya Akal Yang Mampu Melahirkan Berbagai Ilmu Pengetahuan!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain