IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Jelaskan Secara Rinci 5 Peran Manajer Sistem Teknologi Informasi Dengan Mengacu Pada Modul 2 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434)

Silahkan jelaskan secara rinci 5 peran manajer sistem teknologi informasi dengan mengacu pada modul 2 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434).

Haiii, apakabar kamu? Semoga tetap dalam keadan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Sebelum itu, apakah kalian sudah mengetahui arti dari Sistem Informasi Manajemen? Jika belum kalian bisa mengetahui artinya pada paragraf dibawah ini.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu Sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan guna memenuhi tujuan tertentu pada suatu kegiatan manajemen. Pengaplikasian dari sistem informasi manajemen memberikan kontribusi dan keunggulan terhadap pengambilan keputusan manajemen dan meningkatkan sumber daya informasi yang kompetitif.

Nah, kamu sudah mengertahui arti dari Sistem Informasi Manajemen. Selanjutnya, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Silahkan jelaskan secara rinci 5 peran manajer sistem teknologi informasi dengan mengacu pada modul 2 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434).

Jawaban Pertama

Manajer Sistem Teknologi Informasi adalah seseorang yang menangani dan mengatur organisasi pada sistem teknologi informasi. Seorang manajer tak lepas dari tugas yang harus dilaksanakannya.

Berikut dibawah ini akan saya jelaskan secara rinci peranan/tugas dari seorang Manajer Sistem Teknologi Informasi:

1. Menyelaraskan strategi bisnis dan sistem teknologi informasi (STI) secara dua arah.

Keselarasan antara strategi bisnis dan sistem teknologi informasi (STI) ini sangat penting untuk mendapatkan tujuan perusahaan. Hal yang harus diselaraskan adalah perencanaan strategiknya.

Jika keselarasan ini berhasil, maka akan lebih mudah menerapkan sistem teknologi informasi dengan cara dan di waktu yang sesuai.

2. Merencanakan, merancang, dan mengimplementaskan sistem-sistem baru.

Sistem-sistem baru sangat diperlukan, agar sistem yang terlahir nantinya akan lebih safety, mudah digunakan dan juga sesuai dengan kebutuhan.

3. Meningkatkan keahlian organisasi sistem teknologi informasi (STI).

Keahlian organisasi harus ditingkatkan agar orang-orang yang berada pada organisasi, tetap bisa mengikuti perkembangan teknologi yang selalu mengalami pembaruan.

4. Mengelola kerja sama dengan pemasok.

Untuk menjaga kolaborasi dengan pemasok harus memperhatikan beberapa faktor seperti tujuan yang jelas, kecocokan mitra, dukungan serta kepercayaan. Dengan kerja sama yang baik maka akan menghasil suatu sistem yang baik juga.

5. Membangun kinerja yang tinggi

Faktor paling utama dalam menggapai kesuksesan organisasi ialah dengan cara membangun kinerja yang tinggi. Suatu organisasi dapat berkinerja tinggi jika memiliki sasaran danjuga tujuan yang jelas dan dapat dipahami oleh seluruh anggota tim.

Jawaban Kedua

5 Peran Manajer Sistem Teknologi Informasi :

1. Fungsi Operasional akan membuat struktur organisasi menjadi lebih ramping telah diambil alih fungsinya oleh teknologi informasi. Karena sifat penggunaannya yang menyebar di seluruh fungsi organisasi, unit terkait dengan manajemen teknologi informasi akan menjalankan fungsinya sebagai supporting agency dimana teknologi informasi dianggap sebagai sebuah firm infrastructure.

2. Fungsi Monitoring and Control mengandung arti bahwa keberadaan teknologi informasi akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan aktivitas di level manajerial embedded di dalam setiap fungsi manajer, sehingga struktur organisasi unit terkait dengannya harus dapat memiliki span of control atau peer relationship yang memungkinkan terjadinya interaksi efektif dengan para manajer di perusahaan terkait.

3. Fungsi Planning and Decision mengangkat teknologi informasi ke tataran peran yang lebih strategis lagi karena keberadaannya sebagai enabler dari rencana bisnis perusahaan dan merupakan sebuah knowledge generator bagi para pimpinan perusahaan yang dihadapkan pada realitas untuk mengambil sejumlah keputusan penting sehari-harinya. Tidak jarang perusahaan yang pada akhirnya memilih menempatkan unit teknologi informasi sebagai bagian dari fungsi perencanaan dan/atau pengembangan korporat karena fungsi strategis tersebut di atas.

4. Fungsi Communication secara prinsip termasuk ke dalam firm infrastructure dalam era organisasi moderen dimana teknologi informasi ditempatkan posisinya sebagai sarana atau media individu perusahaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi, berkooperasi, dan berinteraksi.

5. Fungsi Interorganisational merupakan sebuah peranan yang cukup unik karena dipicu oleh semangat globalisasi yang memaksa perusahaan untuk melakukan kolaborasi atau menjalin kemitraan dengan sejumlah perusahaan lain. Konsep kemitraan strategis atau partnerships berbasis teknologi informasi seperti pada implementasi Supply Chain Management atau Enterprise Resource Planning membuat perusahaan melakukan sejumlah terobosan penting dalam mendesain struktur organisasi unit teknologi informasinya. 

Bahkan tidak jarang ditemui perusahaan yang cenderung melakukan kegiatan pengalihdayaan atau outsourcing sejumlah proses bisnis terkait dengan manajemen teknologi informasinya ke pihak lain demi kelancaran bisnisnya. Tipe dan fungsi peranan teknologi informasi ini secara langsung akan berpengaruh terhadap rancangan atau desain struktur organisasi perusahaan; dan struktur organisasi departemen, divisi, atau unit terkait dengan system informasi, teknologi informasi, dan manajemen informasi.

Jawaban Ketiga

Manajer STI itu adalah orang yang memimpin, mengatur Dan mengelola organisasi sistem teknologi informasi, manajar STI dulu nya Hanya berorientasi para masalah teknikal Dan teknologinya Serta penekanannya untuk lebih efisiensi. Tetapi setelah berjalan nya waktu Dan semakin canggih nya teknologi maka sekarang manajer STI harus punya pengetahuan bisnis secara umum, berorientasi para manusia, Dan penekanannya pada memenangkan kompetisi. Dibeberapa perusahaan besar mereka selain mempunyai manajer STI juga mempunyai CIO yang bertugas menjadi jembatan antara CEO dan manajer STI. Ada pun peran manajer lainnya yaitu:

1. Menyelaraskan strategi bisnis Dan STI secara dua arah 

Maksudnya yaitu selaku manajer Kita tidak boleh hanya fokus dengan strategi bisnis satu Arah saja tetapi lebih baik secara dua arah bahkan lebih Untuk bisa lebih menyelaraskan strategi bisnis Dan sistem teknologi informasi

2. Membangun Kinerja yang tinggi 

Sebagai manajer kita harus membangun kinerja yang tinggi untuk mencapai suatu tujuan dalam mengembangkan perusahaan nya.

3. Mengelola kerja sama Dengan pemasok 

Dengan kita bekerja sama dengan pemasok maka perusahan yang Kita pegang nanti bisa lebih berkembang Dan lebih banyak di kenal masyarakat juga dikenal para investor 

4. Membangun Dan mengelola infrastruktur 

Berguna Untuk memajukan perusahaan Karena jika tidak Ada infrastruktur bagaimana karyawan karyawan bisa bekerja Dengan lebih baik maka Dari itu Kita sebagai manajer harus bisa membangun Dan mengelola infrastuktur dalam perusahaan.

5. Meningkatkan keahlian organisasi STI 

Mendengar kata organisasi mungkin sebagian orang sudah biasa tapi Ada juga yang belum tahun apa itu organisasi, organisasi itu adalah wadah atau tempat berkumpulnya orang dengan 3 Sistemastis yaitu terpimpin,terkendali Dan terencana. Nah maka Dari itu melalui organisasi orang dapat menjadi terkenal Dan menduduki Lapisan atas di masyarakat lingkungan nya. 

Jawaban Keempat

Manajer sistem teknologi informasi merupakan orang yang memipin dan mengelola organisasi sistem teknologi informasi. Dulunya, manajer STI ini lebih berorientasi pada masalah teknikal dan teknologinya serta penekanannya untuk efisiensi. Sekarang, manajer STI harus mempunyai pengetahuan bisnis secara umum, berorientasi pada manusia, dan penekanannya pada memenangkan kompetisi. Karena STI digunakan untuk keuntungan strategi pengetahuan bisnis dibutuhkan supaya manajer STI dapat berkomunikasi dengan manajer puncak perusahaan.

Adapun 5 peran manajer sistem teknologi informasi

1. Menyelaraskan strategi bisnis dan STI secara dua arah, perencanaan strategi STI dibutuhkan karena perusahaan menggunakan STI untuk mengimplementasikan strategi bisnis untuk memenangkan persaingan. Oleh karena itu perencanaan strategi STI harus selaras dengan perencanaan strategis bisnis untuk membuat STI yang dibangun mengenai sasaran-sasarannya.

2. Menciptakan hubungan yang efektif dengan manajemen lini, dengan adanya hubungan efektif antara manajer dengan manajemen lini, akan menciptakan kinerja yang tinggi.

3. Merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan sistem-sistem baru, agar strategi bisnis tepat mengenai sasaran, maka diperlukan merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan sistem sistem baru

4. Membangun dan mengelola insfratruktur, dengan membangun dan mengelola insfratruktur, dapat mendeteksi kapan harus mengubah dan memperbaharui sebuah sistem.

5. Meningkatkan keahlian organisasi STI, agar mempermudah dalam merencanakan, merancang, dan mengimplementasikan sistem sistem baru serta membangun dan mengelola insfratruktur, diperlukan meningkatkan keahlian organisasi STI

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Jelaskan Secara Rinci 5 Peran Manajer Sistem Teknologi Informasi Dengan Mengacu Pada Modul 2 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434). Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain