IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Jelaskan Secara Lebih Rinci Tiga Strategi Umum Yang Biasa Digunakan Perusahaan Dalam Menghadapi Pesaing-Pesaingnya Menurut Porter(1985)

Silahkan jelaskan secara lebih rinci terkait Tiga strategi umum yang biasanya digunakan perusahaan dalam menghadapi pesaing-pesaingnya menurut Porter(

Haiii, apakabar kamu? Semoga tetap dalam keadan sehat yaa...

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan Kunci Jawaban mengenai soal yang berkaitan dengan Sistem Informasi Manajemen. Jawaban-jawaban disini murni pendapat pribadi, silahkan digunakan sebagai referensi dalam menjawab soal yang sama.

Sebelum itu, apakah kalian sudah mengetahui arti dari Sistem Informasi Manajemen? Jika belum kalian bisa mengetahui artinya pada paragraf dibawah ini.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu Sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan guna memenuhi tujuan tertentu pada suatu kegiatan manajemen. Pengaplikasian dari sistem informasi manajemen memberikan kontribusi dan keunggulan terhadap pengambilan keputusan manajemen dan meningkatkan sumber daya informasi yang kompetitif.

Nah, kamu sudah mengertahui arti dari Sistem Informasi Manajemen. Selanjutnya, saya akan memberikan soal dan kunci jawabannya dibawah ini, bagi yang membutuhkan bisa simak dibawah ini ya...

Soal

Materi diskusi sesi 3 ini terkait aplikasi sistem informasi pada organisasi. Didalam materi sesi ketiga dan didalam modul 4 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434) terdapat penjelasan mengenai system informasi strategis. Silahkan jelaskan secara lebih rinci terkait Tiga strategi umum yang biasanya digunakan perusahaan dalam menghadapi pesaing-pesaingnya menurut Porter(1985) dengan mengacu pada modul 4 BMP Sistem Informasi Manajemen (EKMA4434).

Jawaban Pertama

Sistem Informasi Strategis atau Strategic Information System (SIS) ialah sistem-sistem informasi konvensional baik yang berorientasi internal maupun eksternal, yang dapat berfungsi sebagai alat kompetisi (competitive weapon) bagi para manajer untuk melaksanakan strategi-strategi perusahaan sehingga dapat digunakan untuk memenangkan persaingan.

Menurut Porter (1985), terdapat Tiga strategi umum yang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk melawan kompetitornya yaitu: Cost Leadership Strategy, Differentiation Strategy dan Focus Startegy.

1. Cost Leadership Strategy

Jika suatu sistem informasi ingin dinyatakan menggunakan strategi ini, maka sistem informasi tersebut harus bisa mendapatkan posisi sebagai produsen serta mempunyai biaya paling rendah di industri.

Strategi ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1) Melaksanakan rekayasa proses bisnis, seperti menurunkan biaya proses bisnisnya secara luar biasa dan cepat.

2) Meminimalkan anggaran dari agen.

3) Meminimalkan anggaran untuk konsumen.

Dengan Cost Leadership Strategy perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak, karena perusahaan dapat menekan anggaran produksi sehingga harga dapat bersaing dan keuntungan perusahaan meningkat.

Contohnya, di Indonesia Perusahaan yang menerapkan strategi ini adalah Big Cola (Perusahaan minuman soda). Untuk bersaing dengan kompetitornya, Big Cola meminimalkan harga jual produknya tanpa mengurangi rasa dari produknya.

2. Differentiation Strategy

Jika suatu sistem informasi ingin dinyatakan menggunakan strategi ini, maka sistem informasi tersebut harus bisa membuat produk atau jasa yang spesial dimana produk atau jasa tersebut memiliki kualitas yang lebih dibandingkan produk atau jasa milik kompetitor.

Contohnya, Seorang pengusaha menciptakan inovasi dari kemasan pizza, pada umumnya pizza dikemas menggunakan kotak persegi, disini ia menciptakan Pizza in Jar (Pizza di dalam toples). Dengan hadirnya Pizza in Jar dapat memberikan suasana dan cara baru dalam makan Pizza.

3. Focus Startegy

Jika suatu sistem informasi ingin dinyatakan menggunakan strategi ini, maka sistem informasi tersebut harus mendukung perusahaan fokus terhadap produk atau jasa sesuai dengan target khusus organisasi. Focus Strategy berfungsi untuk membangun keunggulan bersaing dalam segmen pasar yang lebih kecil.

Contohnya, PT. Indomarco Prismatama (Indomaret). Indomaret memiliki jumlah pelanggan yang sangat besar, sehingga perusahaan berkewajiban menjaga kepuasan pelanggan. Indomaret juga sudah menjadi toko yang harus ada disetiap daerah. Disetiap bulannya Indomaret fokus memberikan potongan harga ataupun pemberian hadiah langsung terhadap produknya.

Jawaban Kedua

1. Cost Leadership Strategy

Suatu sistem informasi dikatakan mendukung strategi ini jika dapat mencapai posisi sebagai produsen dengan biaya terendah dalam industri, yaitu dengan cara sebagai berikut:

a. Menurunkan secara drastis biaya proses bisnis dengan melakukan rekayasa proses bisnis (business process reengineering), Yaitu: Proses berfikir kembali (rethingking) dan proses perancangan kembali (redesign) secara mendasar (fundamental) untuk memperoleh perbaikan yang memuaskan atas performasi perusahan yang mencakup cost, quality, delivery, service and speed dengan pengukuran yang teliti atau kontemporer.

b. Menurunkan biaya dari pemasok, Yaitu: Melakukan negoiasi biaya dengan pihak pemasok untuk menurunkan anggaran.

c. Menurunkan biaya ke pelanggan, yaitu: Melakukan pemberitahuan penuruan biaya ke pelanggan untuk meningkatkan jumlah barang yang terjual.

2. Differentiation Strategy

Differentiation Strategy adalah Penyediakan produk atau jasa yang berbeda atau unik dengan nilai yang lebih besar kepada pelanggan di bandingkan dengan pesaing-pesaingnya, misalnya: Membuat brand yang berbeda dan lebih unik dari pedagang-pedagang di sekikarnya.

3. Focus Strategy

Focus Strategy adalah membantu perusahaan memfokuskan pada produk atau jasa khusus di suatu niche khusus dalam organisasi, Misalnya: Gucci di industri pakaian. Biasanya, di pasar ini, perusahaan dapat menawarkan harga premium karena pelanggan relatif kurang sadar harga

Jawaban Ketiga

1. Cost leadership Strategy

Membangun keunggulan kopentitif dengan memiliki biaya oprasi terendah di industry.tujuannya menjadi produsen dengan biaya terendah di badingkan dengan pesaing.

Contoh strategi Cost Leadership

- Skala Ekonomi (bisnis yang lebih besar ,biaya yang lebih rendah)
- Ukuran ke untungan : semakin banyak uang di berikan ke pemasok, semakin besar kemungkina mendapatkan ke untungan.
- Teknologi
- Efisensi pengoprasian

2. Differentiataion strategy.

Untuk menciptakan produk yang unik, yang berbeda dengan pesaing.

Contoh strategi differentiation

- Bentuk dan disain yang berbeda dan unik dengan pesaing
- Menampilkan filtur terbaru
- Daya produk tahan dan lama

3. Focus strategy

Di gunakan untuk membangun keungulan produk untuk bersaing dalam suatu segmet pasar lebih sempit dengan tujuan melayani konsumen yang jumlahnya relative kecil dan dalam pembelian produknya relative tidak di pengaruhu harga.

Jawaban Keempat

Menurut Porter tiga strategi umum yang perusahaan terapkan untuk menghadapi pesaing-pesaing:

1. Cost Leadership Strategy

Merupakan suatu sistem strategy yang tindakannya di ambil untuk

menghasilkan barang dan jasa dengan fitur yang dapat diterima konsumen

dengan biaya terendah di dalam industri atau di antara pesaing, dengan cara :

a. Menurunkan secara drastis biaya proses bisnis dengan melakukan rekayasa proses bisnis (business process reengineering),

b. Menurunkan biaya pemasok sehingga dapat menurunkan harga produksi yang mengakibatkan harga barang lebih murah

c. Menurunkan biaya ke pelanggan sehingga dapat menarik pelanggan lebih banyak

Tepat Cost Leadership Strategy memiliki resiko yaitu proses yang digunakan cost leader untuk produksi dan distribusi barang dan jasa dapat menjadi usang karena inovasi competitor sehingga akan terjadi penumpukan dan dapat terjadi pengorbanan mencoba memahami persepsi pelanggan "tingkat kompetitif dari differentiation".

2. Differentiation Strategy

Merupakan suatu sistem strategi yang tindakannya menyediakan produk atau jasa yang berbeda atau unik dengan nilai yang lebih besar kepada pelanggan dibandingkan dengan industri atau pesaing-pesaingnya, dengan cara:

- Menggunakan teknologi informasi untuk membuat produk atau jasa yang berbeda,
- Menggunakan teknologi informasi untuk mengurangi keuntungan diferensi dari pesaing.

3. Focus Strategy

Merupakan suatu sistem strategi yang tindakannya menjual barang atau jasa pada mengincar market yang lebih kecil sehingga demand dari suatu barang tidak terlalu banyak tetapi target pasarnya sangat spesifik sehingga para pesaing tidak terlalu ganas di banding pasar yang lain

Contoh : Gucci, Rolex

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Jelaskan Secara Lebih Rinci Tiga Strategi Umum Yang Biasa Digunakan Perusahaan Dalam Menghadapi Pesaing-Pesaingnya Menurut Porter(1985). Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain