Jelaskan Pemikiran Manusia Tentang Ketuhanan Yang Antara Lain - Animisme/Dinamisme, Politeisme, Henoteisme dan Monoteisme Yang Terbagi Pada Deisme, Panteisme dan Eklektisme

Jelaskan Pemikiran Manusia Tentang Ketuhanan Yang Antara Lain - Animisme/Dinamisme, Politeisme, Henoteisme dan Monoteisme Yang Terbagi Pada Deisme, Pa

Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Pemikiran Manusia Tentang Ketuhanan Yang Antara Lain - Animisme/Dinamisme, Politeisme, Henoteisme dan Monoteisme Yang Terbagi Pada Deisme, Panteisme dan Eklektisme".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin yang berarti "manusia yang tahu"), dan mencari tahu. Pencarian manusia dalam menemukan kebenaran kemudian melahirkan istilah philosophia (memahami sesuatu yang tidak diketahui dari hal yang sudah diketahui). Maka manusia berfilsafat untuk mencari kebenaran, walaupun kadang kebenaran yang ditemukan oleh manusia memiliki relatifitas (perbedaan atau bahkan pertentangan cara pandang) kebenaran, hal ini terjadi karena adanya pengaruh situasi, kondisi yang berbeda dan terus berubah. Demikian juga dengan sejarah filsafat pencarian manusia dalam memandang kebenaran hakikat ketuhanan.

Coba saudara jelaskan pemikiran manusia tentang ketuhanan yang antara lain;
a). Animisme/Dinamisme, Politeisme dan Henoteisme, dan
b). Monoteisme, yang terbagi pada; Deisme, Panteisme dan Eklektisme.

Jawaban Pertama

Pemikiran manusia tentang Ketuhanan:

a). Animisme/Dinamisme, Politeisme dan Henoteisme

  • Animisme merupakan suatu kepercayaan yang mempercayai suatu benda memiliki roh (sebangsa mahkluk ghoib) didalamnya.
  • Dinamisme merupakan suatu kepercayaan yang mempercayai suatu benda memiliki kekuatan.
  • Politesime merupakan suatu kepercayaan yang mempercayai adanya lebih dari satu Tuhan (dewa danjuga dewi).
  • Henoteisme merupakan suatu kepercayaan yang mempercayai bahwa jumlah Tuhan setiap bangsa hanyalah satu.

b). Monoteisme, yang terbagi pada; Deisme, Panteisme dan Eklektisme.

Paham Monoteisme merupakan paham yang bahwa satu Tuhan di Dunia ini menjadi penguasa di Dunia.

- Deisme merupakan paham yang menduga bahwa Tuhan Yang Maha Esa memiliki sifat yang seba maha. berkat kemahaannya, tuhan menciptakan alam menggunakan komposisi yang serba maha. Tuhan pun tidak membutuhkan alam. Setelah sia[] menciptakan alam, dia berpisah dengan alam.

Tuhan yang bertanggung jawab dari penciptaan alam semesta, namun tak ikut campur dengan dunia yang telah diciptakan-Nya. Ajaran tuhan tak dibutuhkan alam. Untuk alam cukup untuk mengatur sendiri.

Dengan paham ini, peran Tuhan hanyalah sebagai pencipta alam, bukan pengatur alam. Aturan yang digunakan yaitu aturan yang dibuat oleh manusia itu sendiri. Aliran ini berkembang menjadi paham free-will, Pada teologi Islam, paham ini disebut sebagai Aliran Qadariah.

- Panteisme merupakan paham yang menduga bahwa sebagai Tuhan pencipta alam, Tuhan juga ada Bersama alam. Dimana ada alam disitulah ada Tuhan.

Aliran ini berkembang menjadi paham predestination. Dalam teologi Islam termasuk aliran Jabariah.

- Eklektisme merupakan paham gabungan dari paham Deisme dan Panteisme. Manusia memiliki peran sebagai perencana, dan Tuhan memiliki peran sebagai penentu. Tuhan bukanlah alam, jauh berada di luar alam, tetapi Tuhan dekat bersama alam.

Paham ini berguna bagi orang yang mendapati kegagalan, tetapi saat ia berhasil umumnya akan lupa terhadap Tuhan.

Jawaban Kedua 

a. Animisme/Dinamisme

- Animisme adalah keyakinan tentang suatu benda mempunyai roh (makhluk gaib) didalamnya.

- Dinamisme adalah kepercayaan kepada benda yang mempunyai kekuatan .

- Politeisme adalah kepercayaan terhadap para dewa atapun para dewi.

- Henoteisme adalah kercayaan bahwa Tuhan tidak hanya 1 karena mempunyai pemikiran satu kesatuan tidak mungkin diatur oleh 1 pengatu yang artinya jumlah Tuhan setiap bangsa Cuma 1.

b. Monoteisme

- Deisme adalah kepercayaan yang menganggap bahwa Tuhan Yang Maha Esa mempunyai sifat yang serba Maha tetapi dikepercayaan ini Tuhan hanya diakui kehebatan-Nya, diagungkan namun ajaran-Nya tidak berperan dalam kehidupan. Jadi manusia berhak dan dapat menentukan segalanya

- Panteisme adalah kepercayaan yang isinya berpendapat bahwa pencipta alam, disitu ada Tuhan. Setiap bagian dari alam, itulah juga Tuhan.

- Eklektisme adalah kepercayaan bahwa manusia berperan sebagai perencana sedangkan Tuhan sebagai penentu.

Jawaban Ketiga

Pemikiran manusia tentang ketuhanan

a) Animisme/Denamisme

Adalah suatu sistem kepercayaan selain kepada Tuhan, dimana orang yg menganut kepercayaan tersebut percaya bahwa apa yg dia anut memiliki kekuatan tersendiri dan berpengaruh dalam kehidupannya .

- Animisme sendiri memiliki arti yaitu merupakan kepercayaan kepada makhluk halus dan roh sebelum manusia mendapatkan pengaruh dari ajaran wahyu yg diturunkan Tuhan.

- Denamisme memiliki arti sebagai kepercayaan orang-orang tertentu terhadap suatu benda disekitar mereka yg memiliki kekuatan ghoib.

b). Politeisme

merupakan bentuk kepercayaan seseorang atau suatu kelompok yg mengakui adanya lebih dari satu Tuhan.

c). Henoteisme

Merupakan suatu pemahaman seseorang atau suatu kelompok masyarakat bahwa hanya ada satu Dewa yg berkuasa didalam dunia danpa memungkiri adanya keberadaan dewa-dewa lainnya.

d). Monoteisme

Menurut pengertiannya adalah keyakinan bahwa Tuhan adalah satu dan berkuasa penuh atas segalanya.

- Deisme

adalah wujud dari monoteisme yg meyakini bahwa Tuhan itu hadir. namun seorang deisme menolak argumen bahwa Tuhan ini ikut campur didalam alam.

- Panteisme

Berpendapat bahwa alam adalah Tuhan. Pemikiran ini menyangkal kehadiran yg maha tinggi yg transenden dan yg bukan merupakan bagian dari alam.

- Eklektisme

Adalah sifat menentukan dengan mengambil teori yg sudah ada (deisme dan panteisme) dan memilih mana yg baik untuk diikuti. dapat disimpulkan bahwa elektisme merupakan paham gabungan antara deisme dan pantaisme

Dimana manusia mempunyai peranan sebagai perencana sedangkan tuhan berperan sebagai penentu.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Pemikiran Manusia Tentang Ketuhanan Yang Antara Lain - Animisme/Dinamisme, Politeisme, Henoteisme dan Monoteisme Yang Terbagi Pada Deisme, Panteisme dan Eklektisme", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain