Jelaskan 4 Macam Hak Manusia Dalam Pandangan Islam!



Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan 4 Macam Hak Manusia Dalam Pandangan Islam".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Hak adalah imbalan dari kewajiban yang telah ditunaikan. Kewajiban adalah keharusan seseorang untuk melakukan perbuatan yang didalamnya terdapat hak orang lain. 

Dalam pandangan Islam, ada 4 macam hak yang diberikan terhadap manusia. Jelaskan 4 hak manusia tersebut.

Jawaban Pertama

4 Hak manusia Yaitu:

Hak Tuhan : dimana manusia mengimani / beriman kepada allah swt dan berhak mengambil petunjuk dari allah swt serta menaati allah swt

Hak diri sendiri : Hak untuk menjaga dan memberikan kebaikan pada diri sendiri untuk memenuhi kebutuhan baik itu Jasmani maupun rohani , dimana kebutuhan jasmani seperti makan, minum, tidur , dan memberikan makanan yang halal lagi baik ke tubuh, dan rohani mendapatkan ketenangan , rasa aman selama bertaqwa kepada allah swt

Hak Orang lain : hak untuk tidak menggangu orang lain dalam segala upaya pemenuhan kebutuhan diri ,seperti tidak mencuri atau merampas, tidak merugikan orang lain dengan alas an apapun

Hak atas harta :Hak yang allah titipkan berupa kekayaan atau harta untuk di gunakan dengan baik dalam pemanfaatannya sesuai dengan ketentuan allah swt agar harta yang di miliki pertanggungan jawabannya kelak di akhirat bisa membawa kebaikan dan di dunia menjadi kemaslhatan bagi semua mahluk.

Jawaban Kedua

Dalam pandangan Islam, manusia memiliki 4 hak. Apa saja hak tersebut? berikut akan dijelaskan.

1) Hak Tuhan

Manusia memiliki hak tuhan. Yang paling terpenting adalah patut mengimani juga tidak menyekutukan-Nya, patut menerima petunjuk-Nya, patut menaati-Nya yang dinyatakan dengan ketundukan pada hukum-Nya, serta patut menyembah-Nya.

2) Hak Atas Diri sendiri

Hak Atas Diri Sendiri adalah hak pribadi yang dimiliki seseorang. Meliputi 2 hak, yaitu Hak Jasmani dan Hak Rohani.

Hak Jasmani merupakan suatu kebutuhan seperti makan dan minum. Dalam ajaran Islam, dalam makan dan minum hendaklah yang halal dan baik (halaalan thaiba). Islam melarang untuk makan dan minum yang haram. kotor dan merusak kesehatan seperti memakan daging bagi, barang beracun, binatang yang kotor dan bangkai, meminum yang memabukkan. Sebab, benda-benda itu dapat merusak kesehatan manusia, moral, pikiran serta rohani manusia.

Hak Rohani merupakan suatu kebutuhan rohani seperti perasaan aman danjuga ketenangan batin. Dalam ajaran Islam, jika ingin memproleh ketenangan batin hendaklah dilakukan dengan cara beriman dan bertakwa danjuga berserah diri kepada Allah. Islam juga melarang untuk melakukan cara pintas seperti mencuri ataupun bunuh diri.

3) Hak Orang Lain

Hak Orang Lain ialah hak dengan tujuan memenuhi kebutuhan pribadi dengan tidak mengganggu hak orang lain. Hak terhadap orang lain dapat dilihat, dengan adanya larangan untuk tidak merampas, menipu, mencuri, menyogok, khianat dan riba. Sebab, rezeki yang didapatkan dengan cara itu sangat merugikan orang lain.

Menyebarkan berita bohong, memfitnah, menggunjing, permainan yang berdasarkan untung-untungan dan berjudi pun dlarang dan tidak diperbolehkan karena sangat merugikan hak orang lain.

4) Hak Atas Harta

Hak Atas Harta merupakan hak dengan tujuan memelihara dan memanfaatkan harta yang diberikan oleh Allah kepada manusia sesuai dengan ketentuan-Nya.

Jawaban Ketiga

Empat hak kehambaan tersebut ialah:

  • Bila bisa taat, lihatlah anugerah-Nya padamu, bukan melihat amalmu
  • Bila maksiat, segera bertaubat
  • Bila dapat nikmat, langsung syukuri, jangan ditunda.
  • Bila dapat cobaan, sabar dan ridha.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan 4 Macam Hak Manusia Dalam Pandangan Islam!", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain