Buatlah Sebuah Gagasan Dengan Topik "Covid-19" Mengacu Pada Garis Besar Kerangka Topik Halaman 4.33 s.d 4.35

Buatlah Sebuah Gagasan Dengan Topik "Covid-19" Mengacu Pada Garis Besar Kerangka Topik Halaman 4.33 s.d 4.35

Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai "Buatlah Sebuah Gagasan Dengan Topik "Covid-19" Mengacu Pada Garis Besar Kerangka Topik Halaman 4.33 s.d 4.35". Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Soal

Buatlah sebuah gagasan dengan topik “Covid-19” mengacu pada garis besar kerangka topik halaman 4.33 s.d 4.35. 

Jawaban Pertama 

KERANGKA TOPIK

JUDUL: VIRUS COVID 19 MENJADI SANGAT DI TAKUTI

KONTEKS: Sambutan akan dibawakan oleh Nama Kamu untuk menyelesaikan diskusi 4.


Kerangka: 1) Pembukaan

a) Salam pembukaan

b) Sapaan kehormatan

c) Solawat

2) Apa itu Virus COVID 19

3) Bahaya Virus Covid 19

4) Penyebab adanya Virus COVID 19

5) Gejala Virus COVID 19

6) Pencegahan Virus COVID 19

7) Penutup


Assalamualaikumm,wr.wb.

Teman Teman yang saya hormati, pertama tama marilah kita bersyukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa. Atas izin dan nikmatnya kita dapat hadir dalam rangka diskusi 4 ini.

Covid 19 adalah singkatan dari coronavirus penyakit ini, awal mulanya di temukan di wuhan , tingkok, dan di beri nama coronavirus 2019. Covid 19 adalah virus baru yang berasal dari satu keluarga yang sama dengan jenis flu biasa.

Bahayanya COVID-19 dapat menyebabkan gejala ringan hingga berat. Sekitar 80% kasus dengan gejala ringan (pilek, sakit tenggorokan, batuk, dan demam) dapat pulih tanpa perlu perawatan khusus.

Penyebab virus tersebut disebabkan oleh Coronavirus, yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistem pernapasan.

Secara umum, ada tiga gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

  • Demam (suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius.
  • Batuk kering.
  • Sesak nafas.

Pencegahan Virus Covid 19 yaitu :

Gunakan masker.
Cuci tangan dengan air atau sabun.
Jangan menyentuh mata, tangan, hidung sebelum cuci tangan.
Tingkatkan daya tubuh.
Hindari kontak dengan penderita Covid 19.
Tutup mulut dan hidung dangan tisu saat batuk atau bersin.
Jaga kebersihan lingkungan.

Demikian uraian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita, mohon maaf yang sebesar – besarnya atas segala kekurangannya.

Wassalamualaikum wr.wb

Jawaban Kedua 

Kerangka Gagasan

• Judul : Mengenal virus covid-19 dalam rangka pencegahan penyebarannya.

• Konteks : Penyuluhan oleh Nama Kamu kepada warga sekitar

• Kerangka : 1. Pembukaan

a) Mengucapkan salam pembuka

b) Menyapa hadirin dan pihak-pihak yang datang

2. Apa itu virus covid-19 dan bahayanya ?

3. Bagaimana penyebaran virus covid-19 ?

4. Apa saja gejala yang kita rasakan apabila terinfeksi virus covid-19 ?

5. Bagaimana pengobatan untuk pasien yang terinfeksi ?

6. Bagaimana cara pencegahan virus covid-19 ?

7. Penutup

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin sekalian yang Saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan yang maha esa karena atas berkah dan rahmatnya kita dapat bertemu pada kesempatan kali ini dalam rangka “mengenal virus covid-19 dalam rangka pencegahan penyebarannya”.

Virus covid-19 atau yang biasa kita kenal virus corona merupakan virus baru yang menular dari manusia ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, baik bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Virus ini sangat berbahaya yang dapat menyebabkan gejala ringan hingga gejala berat, apalagi kepada orang yang telah berusia lanjut dan orang-orang yang sudah memiliki kondisi medis lainnya seperti diabetes, hipertensi, dan yang lainnya. Virus corona ini juga dapat menyebabkan kematian pada orang-orang yang terinfeksi.

Virus corona menyebar melalui tetesan kecil (droplet) yang keluar pada saat batuk atau bersin. Kemudian droplet tersebut jatuh ke benda disekitarnya. Lalu ketika sesorang tersebut menyentuh benda yang sudah terkontaminasi droplet tersebut dan kemudian menyentuh area mata, hidung, dan mulut. Maka orang tersebut telah terinfeksi virus. Atau bisa juga seseorang terinfeksi karena menghirup langsung droplet yang keluar dari sesorang yang telah terinfeksi sebelumnya.

Gejala virus ini sangat bervariasi mulai dari gejala ringan seperti batuk kering, pilek, dan nyeri tenggorokan, dan gejala berat hingga sesak napas. Apabila kita merasakan gejala-gejala tersebut ada baiknya kita segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Apabila kita telah melakukan tes covid dan terindikasi positif, jika memiliki gejala ringan maka kita dapat melakukan isolasi mandiri selama 14 hari di rumah dengan tidak melakukan kegiatan di luar rumah, dan tetap menerapkan protokol kesehatan di dalam rumah. Jika merasakan gejala yang berat seperti sesak napas segera menghubungi layanan kesehatan terkait untuk mendapatkan perawatan lebih baik.

Agar terhindar dari virus covid-19, kita dapat melakukan pencecgahan sebagai berikut :

  • Mengikuti program vaksinasi yang telah disediakan oleh pemerintah secara gratis
  • Menggunakan masker dengan benar ketika berkegiatan di luar rumah
  • Rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer
  • Tetap menjaga jarak aman ketika berinteraksi dengan orang lain
  • Menghindari berkerumun dengan banyak orang
  • Mengurangi mobilitas untuk berpergian jauh seperti keluar daerah dan sebagainya.

Sekian uraian yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat dan mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum. Wr. Wb

Jawaban Ketiga 

Kerangka Topik

Judul : Dampak Covid-19

Konteks : Mahasiswa

Kerangka :

  1. Salam pembuka
  2. Sapaan kehormatan
  3. Sholawat
  4. Pengertian covid
  5. Dampak covid bagi kehidupan
  6. Pencegahan covid
  7. Penutup

Dampak Covid Bagi Kehidupan

Assalamualaikum wr.wb.

Mahasiswa yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita ke hadirat Tuhan Yang Maha esa. Shalawat serta salam semoga tercurah limpahkan kepada junjungan kita yakni nabi besar Muhammad SAW.

Penyakit virus Corona (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2. Sebagian besar orang yang tertular covid-19 akan mengalami gejala ringan hingga sedang dan akan pulih tanpa penanganan khusus. Namun, sebagian orang akan mengalami sakit parah dan memerlukan bantuan medis. Pandemi covid 19 yang terjadi di seluruh Negara telah memberikan dampak yang sangat besar baik secara fisik maupun nonfisik. Menurut para ahli pandangan ini memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan mental manusia. Pandemi virus corona COVID-19 telah melumpuhkan kehidupan. Bahkan ketika penyebaran penyakit yang sangat menular ini telah dibendung, dunia akan menghadapi tantangan besar untuk kembali normal.

Pandemi sudah hitungan tahun membersamai. Memberi batas pada rutinitas. Bahkan juga bisa dikatakan memutus banyak aktivitas. Langkah kita tertahan. Banyak rencana yang tidak sesuai harapan. Semestinya, ini semua membuat kita berpikir, menyadari bahwa betapa lemahnya kita sebagai manusia. Kita tidak berdaya di hadapan makhluk kecil bernama corona. Tapi kabarnya kasus covid saat ini sudah mulai mundur alon-alon. Berbagai kegiatan perlahan sudah kembali normal. Termasuk dalam dunia pendidikan. Pelan tapi pasti sudah mulai banyak sekolah yang kembali tatap muka meski tetap dengan standar protokol kesehatan yang ketat. Sudah hampir 2 tahun ya kita hidup dalam ketidaknormalan tersebab Corona. Dulu, awal nya kita agak nolak dengan pola baru yang harus dijalani. Harus "dirumah aja" dan semua serba daring. Ini sungguh menjadikan kepala nyut-nyutan. Bosan, bete,kesel, dan seabreg ketidaknyamanan lainnya.

Sekarang, justru jadi betah belajar daring dari rumah. Menghadiri berbagai kegiatan tanpa harus melakukan perjalanan. Sudah asyik bersahabat karib dengan HP yang setia membersamai selama 24 jam. Sudah nyaman dengan keriuhan dunia maya tanpa harus bertatap muka. Hampir 2 tahun kita menjalani pola tersebut. Maka alami jika kemudian menjadi habits atau kebiasaan baru dalam hidup kita. Ketika gema ajakan kembali hidup normal digalakkan kitanya jadi ogah-ogahan. Ya emang terasa simple untuk berbagai urusan semenjak Corona melanda. Terutama bagi pelajar kayak kita. Pasti banyak banget cerita dibalik kamera. Ikut proses pembelajaran tanpa mandi, masuk ruang belajar online tapi matiin kamera, karena sambil rebahan, belajar serius di depan kamera tanpa seragam lengkap cukup bagian atas dong yang seragaman, bagian bawah mah bebas. Sadar nggak sadar fenomena Corona memang mengubah segalanya. Termasuk kebiasaan kita. Gawatnya, semakin kental pada diri sikap individualis dan masa bodoh dengan lingkungan. Dunia seolah sudah cukup dalam jaringan saja. Interaksi dan ekspresi cukup dengan emoticon di layar HP. Kita menjadi lebih nyaman dengan kesendirian daripada bertemu dengan banyak orang. Hati-hati ini merupakan habits baru yang sungguh meresahkan. Corona boleh memporak porandakan pola hidup normal kita. Tetapi kita sebagai muslim harus tetap mendekap taqwa.

Untuk mencegah penyebaran COVID-19:

  • Selalu jaga jarak aman dari orang lain (minimal 1 meter), meskipun mereka tidak tampak sakit.
  • Kenakan masker di ruang publik, terutama di dalam ruangan atau jika pembatasan fisik tidak dimungkinkan.
  • Sebaiknya pilih ruang terbuka dan berventilasi baik. Buka jendela jika berada di dalam ruangan.
  • Cuci tangan Anda secara rutin. Gunakan sabun dan air, atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol.
  • Ikuti vaksinasi ketika giliran Anda. Ikuti panduan setempat terkait vaksinasi.
  • Saat batuk atau bersin, tutup mulut dan hidung Anda dengan lengan atau tisu.
  • Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan.

Jika demam, batuk, dan kesulitan bernapas, segera cari bantuan medis. Telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat mengarahkan Anda ke fasilitas kesehatan yang tepat. Tindakan ini akan melindungi Anda dan mencegah penyebaran virus serta infeksi lainnya.

Masker

Masker yang dipasang dengan benar dapat membantu mencegah penyebaran virus dari orang yang mengenakannya ke orang lain. Mengenakan masker saja tidak cukup untuk melindungi diri dari COVID-19, sehingga harus dikombinasikan dengan pembatasan fisik dan kebersihan tangan. Ikuti saran yang diberikan oleh otoritas kesehatan setempat.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr.wb

Jawaban Keempat

Kerangka Topik

Judul : Dampak Pandemi Covid -19 Terhadap Dunia Pendidikan

Konteks : Sambutan yang dibawakan wali kelas didepan wali murid

Kerangka :

1. Pembukaan

a. Salam pembuka

b. Sapaan kehormatan

c. Sholawat

2. Pengertian Covid -19

3. Gejala Covid-19

4. pencegahan

5. Dampak pandemi covid-19

6. Hikmah pandemi covid-19

7. Penutup

DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP DUNIA PENIDIDIKAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Bunda-bunda yang saya hormati, pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat ilahi robbi, atas nikmat dan hidayahnya sehingga kita bisa berkumul didalam majelis ini. Sholawat dan salam mudah-mudahan tercurahkan kepada baginda nabi kita Muhammad SAW yang telah menunjukan kita dari jalan kegelapan menuju jalan yang terang benderang yaitu dinul islam.

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh sindrom pernapasan akut corona virus 2 (SARS-CoV-2), penyakit ini pertama kali diidentifikasi pada bulan Desember 2019 diWuhan.

Gejala-gejala umum adalah demam, batuk, sesak napas, nyeri otot, diare, sakit tenggorokan, hilanganya bau dan rasa. orang yang terinfeksi COVID-19, akan mengalami penyakit pernapasan ringan hingga sedang, bahkan menyebabkan sulit bernafas sehingga menimbulkan kematian. Virus ini bisa sembuh dengan sendirinya karena imunitas tubuh. Biasanya orang yang rentan terkena virus corona adalah orang yang sudah tua, apalagi jika orang tua tersebut memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, pernapasan kronis atau paru-paru dan kanker.

Akibat dari pandemi Covid-19 ini, pemerintah indonesia menerapkan berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid - 19. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan kepada masyarakat supaya melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak, menjauhi krumunan, selalu memakai masker dan cuci tangan pakai sabun, dan juga selalu jaga imunitas tubuh tentunya dengan makan makanan yang bergizi jaga Kesehatan dan selalu minum vitamin.

Dengan adanya pembatasan interaksi, kementerian pendidikan Indonesia mengeluarkan kebijakan yaitu mengganti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan menggunakan sistem belajar dalam jaringan (daring), dengan menggunakan system daring ini terkadanag muncul berbagai masalah yang dihadapi oleh siswa, guru dan orang tua.

Dengan berbagai keluhan tersebut, banyak manfaat yang diambil bagi dunia Pendidikan yaitu siswa maupun guru dapat menguasai teknologi untuk menunjang pembelajaran secara online. Banyak sarana yang dapat digunakan untuk media pembelajaran online diantaranya e-learning, aplikasi zoom, google classroom, youtube ataupun dengan media whatsapp. Penggunaan teknologi dalam menyelesaikan tugas pada siswa, juga dapat menimbulkan kreatifitas dikalangan siswa dalam mengembangkan pengetahuan yang telah mereka miliki.

Pembelajaran daring ditengah pandemi covid-19 ini seakan-akan memaksa semua manusia harus siap terhadap perkembnagan teknologi saat ini. Kita hanya bisa berdoa dan memohon kepada Allah semoga pandemi covid-19 segera berakhir dan kegiatan belajar mengajar Kembali normal seperti sedia kala. Aamin.

Demikian uraian yang dapat saya sampiakan semoga bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf yang sebesar-besarnya atas sagala kekurangnya.

Wabillahitaufiq walhidayah, wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Jawaban Kelima

Judul: "Mengenal Lebih Dekat COVID-19"

Konteks: Penyuluhan oleh Nama Kamu untuk masyarakat Kabupaten Kamu

Kerangka:

          1) Pembuka

            a. Salam pembuka

            b. Sapaan kehormatan

          2) Apa Itu COVID-19?

          3) Siapa saja yang bisa terkena COVID-19?

          4) Dimana Covid-19 Ditemukan? dan Kapan COVID-19 ada di Indonesia?

          5) Bagaimana Cara Penularan COVID-19 ?

          6) Bagaimana Cara Pencegahan COVID-19?

          7) Diagnosis dan Varian COVID-19

          8) Jika terkena COVID-19 apa yang harus dilakukan ?

          9) Penutup

"Mengenal Lebih Dekat COVID-19"

Assalamualaikum wr.wb

Salam sejahtera bagi kita semua

Parah hadirin, pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT karena berkat nikmat dan hidayahnya kita bisa berkumpul pada acara hari ini. Sholawat beriring salam juga kita junjungkan kepada Nabi Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafaatnya di kemudian hari kelak.

Apa kabar para hadirin? Semoga kita semua tetap dalam lindungan Allah SWT dan dalam keadaan yang sehat.  Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penyuluhan, agar kita semua mengenal lebih dekat dengan COVID-19.

COVID-19 merupakan singkatan dari Corona Virus Disease 2019. COVID-19 biasanya dikenal dengan sebutan Virus Corona. Virus Corona merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan yang bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru, hingga kematian.

Virus ini menular dari manusia ke manusia. Siapa pun dapat terserang Virus Corona mulai dari lansia, orang dewasa, anak-anak dan bayi, sampai ibu hamil dan ibu menyusui.

Virus Corona pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular sangat cepat dan menyebar ke berbagai negara hanya dalam hitungan bulan. Di Indonesia, Virus Corona pertama kali ditemukan pada awal Maret 2020, tepatnya pada 2 Maret 2020.

Cara penularan Virus Corona bisa melalui udara, seperti bersin dan batuk, lalu kontak fisik secara langsung, dan menyentuh benda yang terkontaminasi. Gejala-Gejala yang dialami orang yang terkena Virus Corona adalah sakit kepala, hidung meler, sakit tenggorokan, batuk, demam dan tidak enak badan.

Cara pencegahan agar tidak terkena Virus Corona adalah dengan cara menerapkan physical distancing yaitu menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dan jangan ke luar rumah kecuali ada keperluan mendesak, Selalu menggunakan masker saat beraktivitas di tempat umum atau keramaian, Rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau handsanitizer yang mengandung alkohol minimal 60%,

Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung sebelum mencuci tangan, Meningkatkan daya tahan tubuh dengan menjalani pola hidup sehat seperti mengonsumsi makana bergizi, berolahraga secara rutin, beristirahat yang cukup dan mencegah stres. Hindari kontak dengan penderita COVID-19, Tutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk atau bersin dan Jaga kebersihan lingkungan dan kebersihan rumah.

Diagnosis yang dapat dilakukan untuk memastikan kamu terkena Virus Corona adalah dengan cara Rapid Test, Rapid Test Antigen, SWAB Test atau Test PCR dan CT Scan atau Rontgen dada. Saat ini Virus Corona sudah memiliki varian, diantara Varian Alfa, Varian Beta, Varian Gamma, Varian Delta, Varian Lambda dan Varian Mu.

Jika terkena Virus Corona hal yang harus dilakukan adalah dengan cara melakukan isolasi mandiri, jangan keluar rumah kecuali untuk mendapat pengobatan, menghubungi pihak rumah sakit apabila gejala yang dialami bertambah berat, melarang orang lain untuk menjenguk sampai benar-benar sambuh, dan memakai masker serta sarung tangan apabila berada ditempat umum atau bersama orang lain.

Sekian yang dapat saya sampaikan, saya mohon maaf apabila ada kesalahan, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wabillahi taufiq wal hidayah

Wassalamu'alaikum wr.wb

Jawaban Keenam 

Kerangka Topik

-Judul: Pengertian Covid-19 serta cara pencegahannya

-Konteks: Penyuluhan oleh Nama Kamu kepada masyarakat sekitar

-Kerangka:

•Pembukaan

Salam pembuka, sapaan kehormatan, solawat

• Penjelasan tentang Covid-19 dan bagaimana penyebaranya

• gejala Covid-19?

• Cara menangani seseorang yang terkena Covid-19

•Cara cara mencegah agar tidak terpapar Covid-19

6. Penutup


Assalamualaikum Wr.Wb

Hadirin yang saya hormati, pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena karunia-Nya kita masih diberi kesehatan sampai saat ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan tentang virus covid-19.

Virus corona ( Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus SARS - Cov - 2,virus ini menular ke manusia. Virus ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa , lansia ,sampai ibu hamil dan ibu menyusui. Cara penyebaran virus ini dapat dari mulut atau hidung yang terinfeksi melalui partikel cairan kecil ketika orang tersebut batuk, bersin, berbicara,menyanyi, atau bernapas. partikel ini dapat berupa droplet yang lebih besar dari saluran pernafasan hingga aerosol yang lebih kecil.Anda dapat tertular saat menghirup udara yang mengandung virus jika berada didekat orang yang terinfeksi COVID-19. Anda juga dapat tertular jika menyetuh mata,hidung atau mulut setelah menyetuh permukaan benda yang terkontaminasi oleh virus covid-19. Virus lebih mudah menyebar didalam ruangan dan ditempat yang ramai.

Apa saja gejala COVID-19?

Masing masing orang memiliki respons tubuh yang berbeda terhadap COVID-19. Sebagian besar orang terpapar virus ini akan mengalami gejala ringan,sedang hingga berat.

Gejala umum:

  1. Demam
  2. Batuk pilek
  3. Kelelahan
  4. Kehilangan indra perasa atau pembau

Gejala yang sedikit tidak umum:

  1. Sakit tenggorokan
  2. Sakit dan nyeri
  3. Diare
  4. Mata merah atau iritasi

Bagaimana cara menangani seseorang yang terpapar COVID-19?

  1. Jangan panik ketika ada warga yang terpapar karena dapat mengurangi efektivitas sistem kekebalan tubuh.
  2. Terapkan protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun, Menjaga jarak).
  3. Membatasi diri untuk berinteraksi secara fisik dengan orang yang terpapar Covid-19.
  4. Ingatkan warga untuk menjaga kebersihan dan disinfeksi lingkungan rumah masing masing.
  5. Tumbuhkan rasa empatik kepada seseorang yang terpapar maupun yang sudah sembuh dari covid-19 dan jangan berikan stigma negatif.
  6. Bantu pemenuhan logistik bagi warga yang menjalani isolasi madiri.
  7. Laporkan kepada Satgas Penanganan COVID-19 atau RT/RW setempat jika ada warga yang positif tetapi melanggar protokol kesehatan diluar rumah.

Cara untuk mencegah penyebaran COVID-19:

Yaitu dengan selalu jaga jarak aman terhadap orang lain minimal 1 meter, meskipun mereta tidak tampak sakit. kenakan masker di tempat publik terutama didalam ruangan atau jika pembatasan fisik tidak memungkinkan. Sebaiknya pilih ruangan terbuka dan berventilasi baik, buka jendela jika berada didalam ruangan. Cuci tangan anda secara rutin. Ikuti panduan setempat terkait vaksinasi. Saat batuk atau bersin tutup mulut dan hidung. Jangan keluar rumah jika merasa tidak enak badan, jika demam batuk dan pile kesulitan bernapas segera cari bantuan medis, telepon terlebih dahulu agar penyedia layanan kesehatan dapat mengarahkan anda ke fasilitas yang tepat. Tindakan ini akan melindungi anda dan mencegah penyebaran virus serta infesi lainnya.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Buatlah Sebuah Gagasan Dengan Topik "Covid-19" Mengacu Pada Garis Besar Kerangka Topik Halaman 4.33 s.d 4.35. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain