Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah

Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah - Hai teman-teman Prakerja 2021, Disini saya akan memberikan Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah untuk para peserta Program Kartu Prakerja.

Kunci Jawaban yang saya berikan disini pastinya sudah melewati ambang batas nilai yaitu: 80.

Kamu dijamin lulus 100% dengan melihat Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah yang saya berikan dibawah ini.

Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah


Pada Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah terdapat 5 kuis Latihan dan juga 1 tes final exam. Kunci Jawabannya bisa kamu lihat dibawah ini ya:

Kuis 1 - Fondasi Berpikir Analitis

Cerita di bawah ini berlaku untuk nomor 1 s.d 3

Keluarga Cemara terkenal sebagai keluarga yang sukses karena generasi Cemara memiliki 5 prioritas yang selalu disematkan turun menurun kepada anak cucu mereka. Berikut adalah 5 prontas yang menjadi kunci kesuksesan keluarga Cemara: 
I. Ingin tentram sebelum punya anak 
II. Ingin melanjutkan pendidikan setelah punya jabatan 
III. Ingin menikah setelah punya pekerjaan 
IV. Ingin punya anak setelah melanjutkan pendidikan 
V. Ingin memiliki jabatan sebelum tentram

1. Jika Rita cemara ingin hidup tentram, manakah prioritas di bawah ini yang harus ia penuhi..

a. Mempunyai anak
b. Menikah
c. Memiliki jabatan
d. Melanjutkan pendidikan

2. Jika Dani cemara ingin melanjutkan pendidikan manakah prioritas di bawah ini yang belum ia penuhi...

a. Mempunyai anak
b. Memiliki jabatan
c. Memiliki pekerjaan
d. Menikah

3. Jika Owen cemara ingin menikah, manakah prioritas di bawah ini yang harus ia penuhi terlebih dahulu?

a. Mempunyal anak
b. Memiliki jabatan
c. Memiliki pekerjaan
d. Hidup tentram

Cerita di bawah ini berlaku untuk nomor 4 dan 5.

Seorang calon legislatif melakukan kampanye pada lima kecamatan yaitu J, K, L, M dan N dengan ketentuan sebagai berikut ia dapat berkunjung ke kecamatan M jika telah ke L dan N ia tidak bisa mengunjungi kecamatan N sebelum mengunjungi kecamatan Kecamatan kedua yang harus dikunjungi adalah K. 

4. Kecamatan yang pertama harus dikunjungi adalah...

a. Kecamatan J
b. Kecamatan K
c. Kecamatan L
d. Kecamatan M

5. Dua kecamatan dapat dikunjungi setelah kecamatan N adalah...

a. Kecamatan dan K
b. Kecamatan L dan M
c. Kecamatan M dan.
d. Kecamatan N dan K

Kuis 2 - Memahami Proses Berpikir Analitis

Kasus di bawah ini berlaku untuk soal nomor 1 s.d 5

Laura yang menjabat sebagai Ketua OSIS mempunyal masalah dalam organisasinya. Masalah tersebut berhubungan dengan anak kelas 2 yang telah menjabat sebagai anggota OSIS, berikut masalahnya:
*  Ada anak kelas 2 tersebut tidak mengikuti diklat OSIS padahal ia sudah ditunjuk sebagai anggota OSIS. 
* Anak kelas 2 tersebut memiliki teman sebangku yang pintar matematika. Anak kelas 2 tersebut ternyata mempunyai 2 kegiatan ekstrakurikuler di luar proses belajar mengajar di sekolah. 
* Anak kelas 2 tersebut langsung pulang kerumah jika selesai sekolah tidak ada kegiatan ekstrakulikuler.

1. Manakah dari komponen-komponen situasi di atas yang tidak berhubungan dengan pemecahan masalah?

a. II
b. I dan II
c. III dan IV
d. II dan III

2. Manakah komponen-komponen situasi di atas yang bisa Laura atur agar Anak kelas 2 tersebut mengikuti diklat OSIS sepulang sekolah?

a. II dan III
b. I dan II
c. II dan IV
d. I dan IV

3. Jika Laura ingin mencoret nama Anak Kelas 2 tersebut dari keanggotaan OSIS manakah komponen situasi yang menjadi alibinya?

a. II
b. I 
c. III dan IV
d. I dan II

4. Jika Laura harus mengambil langkah agresif untuk membuat Anak kelas 2 tersebut mengikuti Diklat, ia akan membicarakannya kepada guru ekstrakurikuler yang dilakukan Anak kelas 2 tersebut. Lantas apa yang seharusnya Laura bicarakan dengan Guru tersebut agar masalah OSIS terselesaikan?

a. "Bu apakah Anak kelas 2 itu bisa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di hari lain? la harus mengikuti diklat OSIS pada hari ini"
b. "Bu sebaiknya Anak kelas 2 tersebut dikeluarkan dari kegiatan ekstrakurikuler ini karena ia tidak bertanggung-jawab"
c. "Bu, kegiatan ekstrakurikuler ini perlu diganti jadwal jadwalnya, karena jadwal yang sekarang mengganggu kegiatan OSIS"
d. "Bu, kegiatan ekstrakurikuler ini seharusnya mengikuti lomba olimpiade yang diadakan di kota kita!"

5. Andaikan Anak kelas 2 tersebut sudah mengikuti Diklat OSIS, apa yang seharusnya Laura lakukan agar kedepannya Anak kelas 2 tersebut rajin mengikuti kegiatan OSIS? 

a. Membicarakan pada Anak kelas 2 tersebut untuk berhenti mengikuti ekstrakurikuler sekolah
b. Mengangkat anak tersebut sebagai wakil ketua OSIS agar la fokus dengan OSIS
c. Mengkonsultasikan dengan orang tua Anak kelas 2 tersebut untuk rajin ikut rapat OSIS
d. Mengatur jadwal rapat OSIS yang tidak bersinggungan sama ekstrakurikuler sekolah

Kuis 3 - Cara Menentukan Masalah

1. Saat menentukan suatu masalah pertanyaan Di mana masalahnya?' mengacu pada...

a. Dimensi posisi dari suatu masalah.
b. Deskripsi dari suatu masalah.
c. Orang yang berhubungan dengan masalah.
d. Dimensi waktu dari suatu masalah.

2. Nita, Abdi, dan Chika adalah mahasiswa semester 5. Sekitar tiga minggu lalu, mereka mendapatkan sebuah tugas kelompok dari salah satu dosen mereka. Tugas ini terdiri atas 60 soal uraian dengan bobot yang berbeda-beda. Skor bobot soal: 

* Nomor 1-25 = 1 
* Nomor 26-45 = 2
*  Nomor 46-60 = 3 

Nita, Abdi, dan Chika pun membagi tugas mereka masing-masing agar dapat mengerjakan soal ini dengan lebih efektif. Hasilnya adalah sebagai berikut:

* Nita mengerjakan nomor 1-25. 
* Abdi mengerjakan nomor 46-60. 
* Chika mengerjakan nomor 26-45. 

Setelah tugas ini selesai dikumpulkan kepada dosen mereka, mereka pun akhirnya mendapatkan nilai 89 (A), Jika kita menghitung besaran skor yang seharusnya didapatkan oleh masing-masing anggota kelompok sesuai dengan soal yang mereka kerjakan siapakah yang mendapatkan skor terendah?

a. Nita
b. Abdi
c. Chika
d. Tidak ada jawaban yang benar

3. Ani adalah seorang siswi SMA Pelita kelas XII. la berniat untuk mengambil jurusan Manajemen Bisnis di salah satu universitas di kotanya setelah dia lulus nanti. Untuk itu, tentu saja dia harus memiliki nilai matematika yang baik Syarat utamanya, rata-rata nilai matematika semester 1-6 harus 262,5. Berikut adalah dala nilai matematika Ani mulai semester 1-5. 

Pada semester 1 Ani masih berusaha untuk terbiasa dengan lingkungan barunya. Ia juga masih berusaha untuk menguasai materi baru di SMA yang berbeda dengan SMP. Pada semester ini, Ani tidak mengikuti bimbingan belajar dan memperoleh nilai 82,5. Pada semester 2. Ani sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan materi yang harus dia pelajari di SMA la mendapatkan seorang teman yang cocok dengannya, dan mereka berdua sering belajar bersama. Pada semester ini, Ani belum mengikuti bimbingan belajar dan memperoleh nilal 85. 

Pada semester 3, Ani mengikuti kegiatan kepantlaan di sekolahnya. Ia sering kali tidak hadir di kelas karena harus mengurus acara kepanitiaan di sekolahnya. Ani masih belum mengikuti bimbingan belajar namun dia dapat memperoleh nilai 75 di sekolah. Pada semester 4. Ani mundur dari jabatannya di kegiatan kepanitiaan di sekolahnya. la masih berusaha keras untuk bisa mengejar ketertinggalan materi di semester kemarin. Pada semester ini. Ani mulai mengikuti kegiatan di sebuah lembaga bimbingan belajar dan memperoleh nilai 80. Pada semester 5. Ani sudah mulai bisa mengejar ketertinggalan materi la menemukan seorang teman yang sering belajar bersama dengannya. Pada semester ini juga, Ani masih mengikuti kegiatan di bimbingan belajar dan berhasil mendapatkan nilai 85. 

Berapakah batas bawah /nilai minimum nilai matematika yang harus diperoleh Ani di semester 6 agar ia nanti bisa masuk di jurusan Manajemen Bisnis?

a. 82,5
b. 85
c. 87,5
d. 80

4. Jika kita berbisnis online, letak masalah distribusi dapat kita tentukan berdasarkan beberapa hal berikut ini, kecuali...

a. Proses yang terjadi dari aplikasi online shopnya
b. Proses yang terjadi saat pengiriman barangnya
c. Kendala yang ada saat barang diterima
d. Siapa yang membuat barangnya

5. Ani adalah seorang siswi SMA Pelita kelas XII. la berniat untuk mengambil jurusan Manajemen Bisnis di salah satu universitas di kotanya setelah dia lulus nanti. Untuk itu, tentu saja dia harus memiliki nilai matematika yang baik Syarat utamanya, rata-rata nilai matematika semester 1-6 harus 262,5. Berikut adalah dala nilai matematika Ani mulai semester 1-5. 

Pada semester 1 Ani masih berusaha untuk terbiasa dengan lingkungan barunya. Ia juga masih berusaha untuk menguasai materi baru di SMA yang berbeda dengan SMP. Pada semester ini, Ani tidak mengikuti bimbingan belajar dan memperoleh nilai 82,5. Pada semester 2. Ani sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan materi yang harus dia pelajari di SMA la mendapatkan seorang teman yang cocok dengannya, dan mereka berdua sering belajar bersama. Pada semester ini, Ani belum mengikuti bimbingan belajar dan memperoleh nilal 85. 

Pada semester 3, Ani mengikuti kegiatan kepantlaan di sekolahnya. Ia sering kali tidak hadir di kelas karena harus mengurus acara kepanitiaan di sekolahnya. Ani masih belum mengikuti bimbingan belajar namun dia dapat memperoleh nilai 75 di sekolah. Pada semester 4. Ani mundur dari jabatannya di kegiatan kepanitiaan di sekolahnya. la masih berusaha keras untuk bisa mengejar ketertinggalan materi di semester kemarin. Pada semester ini. Ani mulai mengikuti kegiatan di sebuah lembaga bimbingan belajar dan memperoleh nilai 80. Pada semester 5. Ani sudah mulai bisa mengejar ketertinggalan materi la menemukan seorang teman yang sering belajar bersama dengannya. Pada semester ini juga, Ani masih mengikuti kegiatan di bimbingan belajar dan berhasil mendapatkan nilai 85. 

Berapakah nilai rata-rata mata pelajaran matematika Ani pada semester 1-5?

a. 80
b. 80,5
c. 81
d. 81,5

Kuis 4 - Kesalahan Umum Dalam Berpikir Analitis

Cerita Berikut berlaku untuk soal no 1 s.d 6

Sejumlah wisatawan yang mengunjungi Indonesia biasanya pergi ke Kuta, Bali. Di situ selain pantainya indah ada banyak penjual aksesoris dan juga oleh-oleh khas Bali. Di depan pantai Kuta sendiri terdapat 5 kios yang menjual oleh-oleh khas ball yang bisa dibawa oleh wisatawan kembali ke negara asal mereka. Berikut adalah macam-macam
dagangan dan 5 kios di depan kuta:

Kios Kuta: Pie susu, bakpia, kacang disko 
Kios Ramai: Kaos joger, tas rotan, dan pernak pernik kios
Badung: Tas rotan, pernak pernik, dan kain pantai 
Kios Honey: Kaos joger, tas rotan, dan lukisan 
Kios Fina: Kacang disko, tas rotan dan coklat 

Harga dari oleh-olehnya pun bervariasi, Pie susu memiliki harga 20.000/lusin, bakpia 25,000/1 lusin, kacang disko 10.000/lusin, pernak pernik harganya sama dengan kaos joger dan coklat yaitu 65.000/biji, tas rotan sama dengan kain pantai yaitu 10.000 lebih kurang dari kaos joger, dan coklat satu lusin memiliki harga 2x pie susu/lusin.

1. Anne merupakan wisatawan asal Inggris, ia ingin membeli pie susu dan juga bakpia Toko mana yang menyediakan keduanya?

a. Kios Badung
b. Kios Honey
c. Kios Kuta
d. Kios Fina 

2. Jean merupakan warga negara asal Kanada, ia ingin membawa oleh-oleh berupa tas rotan, coklat, lukisan, dan kaos joger untuk dibawa pulang ke negara asalnya. Jika la harus membeli di satu Kios saja supaya tidak ketinggalan pesawat, kios manakah yang akan ia datangi dan apa konsekuensinya?

a. Kios Fina tapi ia harus merelakan membeli lukisan
b. Kios Honey tapi ia harus merelakan membeli coklat
c. Kios Kuta tapi ia harus merelakan membeli kaos joger
d. Kios Badung tapi ia harus merelakan membeli tas rotan

3. Berapa total harga dari barang-barang yang dibeli Jean jika ia harus merelakan untuk membeli lukisan?

a. Rp 200.000
b. Rp 190.000
c. Rp 185.000
d. Rp 175.000

4. Setelah Anne membeli pie susu dan bakpia ia ingin membeli kain pantai untuk dipakainya saat ke pantai kuta, manakah dari berikut ini yang merupakan harga pasti dari kain pantai jika ditinjau dari barang-barang lain?

a. Setara harga kaos joger
b. Setara harga pernak-pernik
c. Setara harga pie susu + bakpia + 10.000
d. Setara harga coklat

5. Naomi merupakan warga negara asal Jepang, ia ingin membeli oleh-oleh berupa bakpia, tas ratan, kaos joger, dan pernak pernik. Manakah dari kios berikut yang akan ia datangi...

a. Kios Ramai dan Kios Kuta
b. Kios Ramai dan Kios Honey
c. Kios Fina dan Kios Honey
d. Kios Badung dan Kios Honey

6. Jika Naomi harus mengunjungi hanya 1 kios untuk membeli barang-barangnya, kas mana yang akan ia kunjungi dan barang apa yang harus ia relakan?

a. Kios Fina, barang yang harus direlakan adalah pernak-pernik
b. Kios Ramai, barang yang harus direlakan adalah bakpia
c. Kios Ramai, barang yang harus direlakan adalah pie susu
d. Kios Honey, barang yang harus direlakan adalah bakpia

Kuis 5 - Pola Pikir Takhayul

Cerita Berikut berlaku untuk soal no 1 s.d 5 

Andra adalah seorang mahasiswa baru di sebuah kampus negeri di kota Surabaya. Ia berkenalan dengan seorang perempuan bernama Ratna. Berdasarkan pengamatan Andre, Ratna adalah seorang perempuan yang percaya diri serta antusias dalam segala hal la juga merupakan seorang perempuan yang berwatak keras dan mudah marah. Setelah berteman cukup lama dengan Ratna Andra mengetahui bahwa Ratna adalah seorang perempuan yang berzodiak Leo. 

Pada awal semester perkuliahan mereka, Andra dan Ratna ada di satu kelas yang sama. Ketika ada pemilihan ketua kelas, Ratna secara otomatis langsung mencalonkan dini untuk menjadi salah satu kandidat. Andra sebenarnya juga ingin mengajukan diri, namun ia tidak melakukannya karena ia merasa Ratna lebih pantas untuk menjadi ketua kelas dibandingkan dirinya.

1. Di antara pilihan di bawah ini, manakah dugaan pola pikir lakhayul yang mungkin dipikirkan oleh Andra?

a. Ratna adalah seorang perempuan yang pemberani.
b. Sifat-sifat yang dimiliki Ratna adalah akibat dari zodiak Leo.
с. Ratna bisa jadi adalah seseorang yang suka tantangan
d. Ratna adalah seseorang yang penuh semangat

2. Apakah dampak yang akan dirasakan oleh Andra ketika ia terus menerus memaklumi segala sifat Ratna dengan alasan zodiak?

a. Pertemanan mereka akan semakin dekat
b. Andra akan menjadi individu yang lebih tangguh
c. Andra dan Ratna akan sering bertengkar.
d. Ada kemungkinan Ratna bisa semena- mena terhadap Andra.

3. Apa yang sebaiknya dilakukan Andra ketika ia bertemu dengan orang seperti Ratna?

a. Tidak langsung mengaitkan semua sifat dan perilaku orang tersebut dengan zodiak yang mereka miliki.
b. Tidak langsung membuka diri kepada orang baru.
c. Menjadi sangat ramah agar disukai oleh orang baru yang la temui.
d. Langsung terbuka kepada siapapun yang la temui.

4. Suatu ketika, Ratna marah besar karena Andra membuat lelucon mengenai penampilan fisiknya. Jika Andra mempercayai takhayul, apakah yang paling mungkin dilakukan oleh Andra?

a. Membiarkan amarah Ratna karena berpikir bahwa kernarahan Ratna adalah produk dari sifat orang yang berzadiak Leo.
b. Meminta maaf kepada Ratna atas lelucon yang ia buat.
c. Mengajak Ratna untuk berdiskusi tentang lelucon apa yang bisa diterima dan tidak
d. Melakukan introspeksi diri.

5. Alasan apakah yang mungkin dimiliki oleh Andra ketika ia percaya dengan takhayul?

a. Ratna adalah seseorang yang tegas.
b. Ratna adalah seseorang yang jujur dan bertanggung jawab.
c. Ratna adalah seorang Leo yang pastinya akan cocok menjadi pemimpin.
d. Ratna adalah seorang yang pemarah dan memiliki emosi yang tidak stabil.

Kuis 6 - Asumsi Tersembunyi

Cerita Berikut berlaku untuk soal no 1 s.d 4 

Ibu Sarah adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Perumahan Mekar Abadi. Setiap pagi, ada seorang tukang sampah yang bertugas untuk mengambil sampah rumah tangga yang ditaruh di tempat sampah di depan setiap rumah. Berikut adalah garis besar kegiatannya setiap pagi: 

- Tukang sampah masuk ke perumahan untuk mengambil sampah pada pukul 07.00 - 07.05. 
- Tukang sampah mengambil sampah di depan rumah Ibu Sarah pada pukul 07.10 - 07.15.
- Tukang sampah selesai mengambil semua sampah di perumahan pada pukul 07.25 - 07.30. 
- Tukang sampah menyapa pak satpam untuk keluar dari perumahan pada pukul 07.30-07.35. 

Suatu hari, Ibu Sarah Melapor pada satpam perumahan bahwa ia kehilangan satu unit laptop. Menurut Ibu Sarah, \ kejadiannya berlangsung pada pagi hari sekitar pukul 07.00 - 08.00

1. Apakah data yang dimiliki ibu Sarah tentang tukang sampah saja cukup untuk menyimpulkan siapa yang mengambil laptop miliknya?

a. Ya
b. Tidak
c. Data kurang lengkap 

2. Apakah asumsi tersembunyi yang mungkin dimiliki ibu Sarah?

a. Tukang sampah tersebut adalah orang yang sangat on time.
b. Tukang sampah tersebut lah yang mencuri laptop miliknya
c. Tukang sampah tersebut adalah orang yang ramah kepada satpam.
d. Tukang sampah tersebut tidak mungkin mencuri

3. Apakah yang sebaiknya dilakukan Ibu Sarah untuk mengetahui siapa yang mencuri laptopnya?

a. Mengamati rekaman CCTV pada hari dan jam kejadian pencurian
b. Bertanya kepada satpam perumahan mengenai siapa yang masuk ke perumahan pada hari dan jam kejadian. 
c. Bertanya kepada anggota keluarganya tentang siapa yang terakhir menggunakan laptop
d. Bertanya kepada anggota keluarganya dan kepada satpam tentang adanya orang yang mencurigakan, serta mengamati rekaman CCTV di hari dan jam terjadinya kejahatan.

4. Apakah hal yang bisa terjadi apabila Ibu Sarah mengambil kesimpulan berdasarkan hidden assumption tentang tukang sampah di perumahannya?

a. Pelaku pencuriannya akan bisa cepat terungkap dan cepat ditangkap
b. Tukang sampah tersebut akan kehilangan pekerjaannya.
c. Ibu Sarah dapat segera membeli laptop baru.
d. Warga sekitar akan membantu Ibu Sarah membeli laptop baru.

Cerita Berikut berlaku untuk soal no 5 dan 6.

Rani adalah seorang perantau dari Medan yang bekerja di Jakarta. Ia menyewa sebuah kamar kos sebagai tempat tinggalnya di Jakarta. Setelah menempati kamar kosnya selama 3 bulan, ia menemukan beberapa keanehan yang terjadi di kamar kosnya. Setiap jam 1 pagi selama 5 menit, akan ada suara ketukan di belakang lemarinya. Selain itu, ia juga sering mendengar suara ketukan yang sama di jendela kamarnya. 

5. Di antara pilihan di bawah ini, manakah dugaan pola pikir takhayul yang mungkin dipikirkan oleh Rani?

a. Kamar kosnya dipenuhi oleh arwah penasaran orang-orang yang sudah meninggal
b. Suara ketukan itu adalah suara ketukan ekor cicak.
c. Suara ketukan di dekat jendela kamar adalah suara yang dihasilkan oleh angin yang menggerakkan rak sepatu Rani.
d. Suara ketukan itu dihasilkan oleh tikus yang ada di belakang lemari Rani.

6. Jika mengikuti dugaan superstitious mind yang ia miliki di awal, Rani tentu akan menemui dukun atau mungkin pemuka agama untuk mengusir arwah tersebut. Hal lain yang mungkin dilakukan adalah ia akan memberikan sesaji kepada arwah tersebut agar tidak mengganggunya. Hal-hal ini dilakukan karena Rani percaya bahwa ada arwah penasaran yang tinggal di kamarnya. Apa yang TIDAK akan dilakukan Rani jika ia tidak mempercayai pola pikir takhayul?

a. Rani akan menggeser lemarinya untuk melihat apakah yang ada di belakang lemari tersebut
b. Rani akan membersihkan seluruh bagian di kamarnya tanpa terkecuali.
c. Rani akan menaruh beberapa jebakan tikus di kamarnya
d. Rani akan membaca jampi-jampi pengusir arwah penasaran di kamarnya setiap malam

Final Kuis Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah Paket 2

1. Keluarga Cemara terkenal sebagai keluarga yang sukses karena generasi Cemara memiliki 5 prioritas yang selalu disematkan turun menurun kepada anak cucu mereka. Berikut adalah 5 prontas yang menjadi kunci kesuksesan keluarga Cemara: 
I. Ingin tentram sebelum punya anak 
II. Ingin melanjutkan pendidikan setelah punya jabatan 
III. Ingin menikah setelah punya pekerjaan 
IV. Ingin punya anak setelah melanjutkan pendidikan 
V. Ingin memiliki jabatan sebelum tentram

Jika Owen cemara ingin menikah, manakah prioritas di bawah ini yang harus ia penuhi terlebih dahulu?

a. Mempunyal anak
b. Memiliki jabatan
c. Memiliki pekerjaan
d. Hidup tentram 

2. Untuk bisa terpilih menjadi pegawai teladan di sebuah pabrik mobil, seorang karyawan harus rajin bekerja, berprestasi, dan sudah bekerja minimal 5 tahun. Pak Harun adalah satpam yang sangat disiplin, ia baru bekerja 3 tahun. Tahun lalu ia berhasil menangkap seorang pencuri sepeda motor milik karyawan. Dewi adalah seorang staf tata usaha yang sering pergi berbelanja pada jam kerja, ia sudah bekerja selama 7 tahun. Pak Yanto bekerja di bagian produksi selama 6 tahun, sering izin karena merasa kurang sehat. Sementara Yeni bekerja di bagian pemasaran, penjualannya melebihi target dan bekerja selama 5 tahun. Endang sangat rajin masuk kerja, ia adalah karyawan tata usaha dan telah bekerja selama 4 tahun.

Gelar pegawai teladan sebaiknya diberikan kepada siapa?

a. Pak Harun
b. Pak Yanto
с. Dewi
d. Yeni

3. Seorang calon legislatif melakukan kampanye pada lima kecamatan yaitu J, K, L, M dan N dengan ketentuan sebagai berikut:

* Ia dapat berkunjung ke kecamatan Mjika telah ke L dan N
* Ia tidak bisa mengunjungi kecamatan N sebelum mengunjungi kecamatan J
* Kecamatan kedua yang harus dikunjungi adalah K

Kecamatan yang pertama harus dikunjungi adalah...

a. Kecamatan J
b. Kecamatan K
с. Kecamatan L
d. Kecamatan M

Cerita berikut berlaku untuk soal no 4 s.d 5

Laura yang menjabat sebagai Ketua OSIS mempunyal masalah dalam organisasinya. Masalah tersebut berhubungan dengan anak kelas 2 yang telah menjabat sebagai anggota OSIS, berikut masalahnya:
*  Ada anak kelas 2 tersebut tidak mengikuti diklat OSIS padahal ia sudah ditunjuk sebagai anggota OSIS. 
* Anak kelas 2 tersebut memiliki teman sebangku yang pintar matematika. Anak kelas 2 tersebut ternyata mempunyai 2 kegiatan ekstrakurikuler di luar proses belajar mengajar di sekolah. 
* Anak kelas 2 tersebut langsung pulang kerumah jika selesai sekolah tidak ada kegiatan ekstrakulikuler.

4. Manakah dari komponen-komponen situasi di atas yang tidak berhubungan dengan pemecahan masalah?

a. II
b. I dan II
c. III dan IV
d. II dan III

5. Manakah komponen-komponen situasi di atas yang bisa Laura atur agar Anak kelas 2 tersebut mengikuti diklat OSIS sepulang sekolah?

a. II dan III
b. I dan II
c. II dan IV
d. I dan IV

6. Manakah diantara kegiatan berikut ini yang merupakan contoh sehari-hari dari pengamatan lapangan?

a. Bercakap-cakap dengan seorang teman yang dirasa bisa menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.
b. Berkeliling di kantin kampus untuk mencari kedai makanan yang paling laris.
c. Membaca banyak berita tentang isu COVID-19 terkini.
d. Menghubungi atasan di kantor untuk berkonsultasi mengenai suatu project di kantor.

7. Saat menentukan suatu masalah pertanyaan "DI mana masalahnya?" mengacu pada...

a. Dimensi posisi dari suatu masalah
b. Deskripsi dari suatu masalah.
c. Orang yang berhubungan dengan masalah.
d. Dimensi waktu dari suatu masalah.

8. Ani adalah seorang siswi SMA Pelita kelas XII. la berniat untuk mengambil jurusan Manajemen Bisnis di salah satu universitas di kotanya setelah dia lulus nanti. Untuk itu, tentu saja dia harus memiliki nilai matematika yang baik Syarat utamanya, rata-rata nilai matematika semester 1-6 harus 262,5. Berikut adalah dala nilai matematika Ani mulai semester 1-5. 

Pada semester 1 Ani masih berusaha untuk terbiasa dengan lingkungan barunya. Ia juga masih berusaha untuk menguasai materi baru di SMA yang berbeda dengan SMP. Pada semester ini, Ani tidak mengikuti bimbingan belajar dan memperoleh nilai 82,5. Pada semester 2. Ani sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan materi yang harus dia pelajari di SMA la mendapatkan seorang teman yang cocok dengannya, dan mereka berdua sering belajar bersama. Pada semester ini, Ani belum mengikuti bimbingan belajar dan memperoleh nilal 85. 

Pada semester 3, Ani mengikuti kegiatan kepantlaan di sekolahnya. Ia sering kali tidak hadir di kelas karena harus mengurus acara kepanitiaan di sekolahnya. Ani masih belum mengikuti bimbingan belajar namun dia dapat memperoleh nilai 75 di sekolah. Pada semester 4. Ani mundur dari jabatannya di kegiatan kepanitiaan di sekolahnya. la masih berusaha keras untuk bisa mengejar ketertinggalan materi di semester kemarin. Pada semester ini. Ani mulai mengikuti kegiatan di sebuah lembaga bimbingan belajar dan memperoleh nilai 80. Pada semester 5. Ani sudah mulai bisa mengejar ketertinggalan materi la menemukan seorang teman yang sering belajar bersama dengannya. Pada semester ini juga, Ani masih mengikuti kegiatan di bimbingan belajar dan berhasil mendapatkan nilai 85. 

Berapakah batas bawah /nilai minimum nilai matematika yang harus diperoleh Ani di semester 6 agar ia nanti bisa masuk di jurusan Manajemen Bisnis?

a. 82,5
b. 85
c. 87,5
d. 80

9. Nita, Abdi, dan Chika adalah mahasiswa semester 5. Sekitar tiga minggu lalu, mereka mendapatkan sebuah tugas kelompok dari salah satu dosen mereka. Tugas ini terdiri atas 60 soal uraian dengan bobot yang berbeda-beda. Skor bobot soal: 

* Nomor 1-25 = 1 
* Nomor 26-45 = 2
*  Nomor 46-60 = 3 

Nita, Abdi, dan Chika pun membagi tugas mereka masing-masing agar dapat mengerjakan soal ini dengan lebih efektif. Hasilnya adalah sebagai berikut:

* Nita mengerjakan nomor 1-25. 
* Abdi mengerjakan nomor 46-60. 
* Chika mengerjakan nomor 26-45. 

Setelah tugas ini selesai dikumpulkan kepada dosen mereka, mereka pun akhirnya mendapatkan nilai 89 (A), Jika kita menghitung besaran skor yang seharusnya didapatkan oleh masing-masing anggota kelompok sesuai dengan soal yang mereka kerjakan siapakah yang mendapatkan skor terendah?

a. Nita
b. Abdi
c. Chika
d. Tidak ada jawaban yang benar

Cerita Berikut berlaku untuk soal no 10 dan 11.

Sejumlah wisatawan yang mengunjungi Indonesia biasanya pergi ke Kuta, Bali. Di situ selain pantainya indah ada banyak penjual aksesoris dan juga oleh-oleh khas Bali. Di depan pantai Kuta sendiri terdapat 5 kios yang menjual oleh-oleh khas ball yang bisa dibawa oleh wisatawan kembali ke negara asal mereka. Berikut adalah macam-macam
dagangan dan 5 kios di depan kuta:

Kios Kuta: Pie susu, bakpia, kacang disko 
Kios Ramai: Kaos joger, tas rotan, dan pernak pernik kios
Badung: Tas rotan, pernak pernik, dan kain pantai 
Kios Honey: Kaos joger, tas rotan, dan lukisan 
Kios Fina: Kacang disko, tas rotan dan coklat 

Harga dari oleh-olehnya pun bervariasi, Pie susu memiliki harga 20.000/lusin, bakpia 25,000/1 lusin, kacang disko 10.000/lusin, pernak pernik harganya sama dengan kaos joger dan coklat yaitu 65.000/biji, tas rotan sama dengan kain pantai yaitu 10.000 lebih kurang dari kaos joger, dan coklat satu lusin memiliki harga 2x pie susu/lusin.

10. Jean merupakan warga negara asal Kanada, ia ingin membawa oleh-oleh berupa tas rotan, coklat, lukisan, dan kaos joger untuk dibawa pulang ke negara asalnya. Jika la harus membeli di satu Kios saja supaya tidak ketinggalan pesawat, kios manakah yang akan ia datangi dan apa konsekuensinya?

a. Kios Fina tapi ia harus merelakan membeli lukisan
b. Kios Honey tapi ia harus merelakan membeli coklat
c. Kios Kuta tapi ia harus merelakan membeli kaos joger
d. Kios Badung tapi ia harus merelakan membeli tas rotan

11. Berapa total harga dari barang-barang yang dibeli Jean jika ia harus merelakan untuk membeli lukisan?

a. Rp 200.000
b. Rp 190.000
c. Rp 185.000
d. Rp 175.000

12. -

a. Benar
b. Salah
c. Informasi tidak tersedia
d. Kemungkinan salah

Cerita Berikut berlaku untuk soal no 13 dan 14.

Rani adalah seorang perantau dari Medan yang bekerja di Jakarta. Ia menyewa sebuah kamar kos sebagai tempat tinggalnya di Jakarta. Setelah menempati kamar kosnya selama 3 bulan, ia menemukan beberapa keanehan yang terjadi di kamar kosnya. Setiap jam 1 pagi selama 5 menit, akan ada suara ketukan di belakang lemarinya. Selain itu, ia juga sering mendengar suara ketukan yang sama di jendela kamarnya. 

13. Di antara pilihan di bawah ini, manakah dugaan pola pikir takhayul yang mungkin dipikirkan oleh Rani?

a. Kamar kosnya dipenuhi oleh arwah penasaran orang-orang yang sudah meninggal
b. Suara ketukan itu adalah suara ketukan ekor cicak.
c. Suara ketukan di dekat jendela kamar adalah suara yang dihasilkan oleh angin yang menggerakkan rak sepatu Rani.
d. Suara ketukan itu dihasilkan oleh tikus yang ada di belakang lemari Rani.

14. Jika mengikuti dugaan superstitious mind yang ia miliki di awal, Rani tentu akan menemui dukun atau mungkin pemuka agama untuk mengusir arwah tersebut. Hal lain yang mungkin dilakukan adalah ia akan memberikan sesaji kepada arwah tersebut agar tidak mengganggunya. Hal-hal ini dilakukan karena Rani percaya bahwa ada arwah penasaran yang tinggal di kamarnya. Apa yang TIDAK akan dilakukan Rani jika ia tidak mempercayai pola pikir takhayul?

a. Rani akan menggeser lemarinya untuk melihat apakah yang ada di belakang lemari tersebut
b. Rani akan membersihkan seluruh bagian di kamarnya tanpa terkecuali.
c. Rani akan menaruh beberapa jebakan tikus di kamarnya
d. Rani akan membaca jampi-jampi pengusir arwah penasaran di kamarnya setiap malam

15. Ibu Sarah adalah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Perumahan Mekar Abadi. Setiap pagi, ada seorang tukang sampah yang bertugas untuk mengambil sampah rumah tangga yang ditaruh di tempat sampah di depan setiap rumah. Berikut adalah garis besar kegiatannya setiap pagi: 

- Tukang sampah masuk ke perumahan untuk mengambil sampah pada pukul 07.00 - 07.05. 
- Tukang sampah mengambil sampah di depan rumah Ibu Sarah pada pukul 07.10 - 07.15.
- Tukang sampah selesai mengambil semua sampah di perumahan pada pukul 07.25 - 07.30. 
- Tukang sampah menyapa pak satpam untuk keluar dari perumahan pada pukul 07.30-07.35. 

Suatu hari, Ibu Sarah Melapor pada satpam perumahan bahwa ia kehilangan satu unit laptop. Menurut Ibu Sarah, \ kejadiannya berlangsung pada pagi hari sekitar pukul 07.00 - 08.00

Apakah data yang dimiliki ibu Sarah tentang tukang sampah saja cukup untuk menyimpulkan siapa yang mengambil laptop miliknya?

a. Ya
b. Tidak
c. Data kurang lengkap 

Akhir Kata

Itulah dia Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar - Belajar Berpikir Analitis untuk Memecahkan Masalah Dijamin Lulus 100%.

Semoga kamu mendapatkan pengetahuan dan nilai yang memuaskan dari jawaban diatas.

Dibawah ini juga terdapat Kunci Jawaban Kuis Sekolah.mu Program Belajar Sukses Jualan Lewat Sosial Media (Pemula) :

https://www.fivser.com/2021/03/kunci-jawaban-kuis-sekolahmu-sukses-jualan-lewat-sosial-media-pemula.html

Silahkan komentar, untuk Jawaban apa yang akan diupdate selanjutnya.
Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain