Soal Animasi Kelas 10 [+Kunic Jawaban] 2020

Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek/gambar yang disusun secara beraturan dan berurutan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.


Soal Animasi Kelas 10 dan Kunci Jawaban

Berikut soal-soal animasi kelas 10.

1. Bagian dari Macromedia Flash 8 yang berfungsi untuk melakukan pengaturan ukuran lembar kerja, warna background, frame rate, dan dimensi dari animasi yang akan dibuat adalah...

a. Timeline
b. Menu Bar
c. Toolbar
d. Document Properties
e. Scene

2. Motion Tweening berfungsi untuk menggerakkan objek dari satu tempat ketempat lain atau bisa juga untuk mengubah ukuran dari yang kecil menjadi besar begitu pula sebaliknya, jadi tahapan untuk membuat animasi pergerakan objek adalah...

a. Klik kanan Tween – Create Animation
b. Klik Kanan Motion Tween – Create Animation
c. Klik Kanan Insert Frame – Create Animation
d. Klik Kanan Create Animation Tween
e. Klik Kanan Create Motion Tween

3. Bentuk linier yang akan menghubungkan paling sedikit dua titik dan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek dua dimensi disebut…

a. Poligon
b. Titik / Point
c. Vektor
d. Bitmap
e. Garis / Line

4. Suatu tipe data seperti suara, gambar, dan teks yang digunakan untuk mengontrol movie desebut …

a. Poligon
b. Titik
c. Vektor
d. Bitmap
e. Objek

5. Menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka merupakan prinsip kerja animasi….

a. Motion Tween
b. Tweening
c. Shape Tween
d. Masking Animation
e. Movement Tween

6. Setelah selesai mendesain objek yang akan dibuat animasi, maka kita akan menguji/menjalankan hasil desain animasinya dengan cara menekan tombol keyboard….

a. Spasi + Enter
b. Alt + Enter
c. Ctrl + Enter
d. Shift + Enter
e. Ctrl + F5

7. Animasi yang mempunyai gerakan sesuai dengan jalur yang kita buat disebut….

a. Masking Animation
b. Motion Tween
c. Shape Tween
d. Movement Tween
e. Motion Guide

8. Ada beberapa jenis-jenis animasi diantaranya animasi pergerakan objek dan perubahan bentuk. Jenis animasi yang digunakan untuk perubahan bentuk adalah...

a. Motion Animation
b. Shape Animation
c. Tint Animation
d. Masking Animation
e. Motion Guide Animation

9. Apabila kita membuat/memasukkan suatu objek, maka kita akan mengubah ukuran atau memutar objek agar bisa sesuai dengan yang kita butuhkan dengan cara…

a. Selection
b. Sub Selection
c. Free Transform
d. Ink Bottle
e. Pencil

10. Suatu objek berbentu persegi bisa berubah menjadi bentuk tulisan/huruf dengan cara menggunakan animasi….

a. Motion tween
b. Motion Shape
c. Motion Guide
d. Masking Animation
e. Motion Path

11. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi disebut…

a. Gambar
b. Lukisan
c. Animasi
d. Film
e. Kartun

12. Prinsip dasar animasi yang berguna untuk menunjukkan volume, berat objek, efek gravitasi, serta gerakan pada sebuah objek, sehingga gerakan objek tersebut akan lebih kelihatan nyata disebut….

a. Staging
b. Anticipation
c. Squash and stretch
d. Arch
e. Exaggeration

13. Pembuatan gambar dalam animasi secara spontan yang dimulai dari gambar pertama sampai gambar terakhir yang dilakukan oleh seorang animator disebut….

a. Staging
b. Anticipation
c. Squash and stretch
d. Follow through and overlapping action
e. Straight ahead

14. Rencana kasar yang berfungsi membantu anda dalam mengidentifikasi berbagai material yang harus dibuat, didapatkan, dan disusun supaya pekerjaan dapat berjalan dengan lancar adalah….

a. Outline
b. Scenario
c. Storyboard
d. Proposal
e. Concept definition

15. Apabila sudah selesai melakukan penyuntingan video, maka langkah terakhir adalah mengemas file project tersebut menjadi sebuah file video dengan cara klik….

a. File – export – Audio and Video
b. File – export – Frame
c. File – export – Export Movie
d. File – export –Video
e. File – Import - Movie

16. Pada Macromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah….

a. 800 x 600 pixels
b. 600 x 800 pixels
c. 550 x 400 pixels
d. 400 x 550 pixels
e. 1280 x 800 pixels

17. Hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak disebut dengan….

a. Film
b. Movie
c. Animasi
d. Cinema
e. Diorama

18. Berikut ini yang merupakan contoh serial film yang dibuat dengan teknik animasi stop motion adalah…

a. Spongebob Squarepants
b. Shaun The Sheep
c. Avatar The Legend of Ang
d. Naruto Shippuden
e. Transformer

19. Teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak sendiri, dan biasanya dibuat dari gabungan foto-foto, dengan mayoritas tokoh animasinya dibuat menggunakan lilin/tanah liat adalah animasi ….

a. Animasi Komputer
b. Animasi Stop Motion
c. Animasi 3 Dimensi
d. Animasi Model
e. Animasi 2 dimensi

20. Naruto Shippuden, Doraemon, Spongebob Squarepants merupakan jenis animasi yang tergolong dalam….

a. Animasi 1D
b. Animasi 2D
c. Animasi 3D
d. Animasi Stop Motion
e. Animasi Shape Tween

21. Tool yang digunakan untuk mengatur warna pada objek sesuai dengan keinginan anda adalah….

a. Swap Color
b. Color Mixer
c. Color tool
d. Stroke Color
e. Fill Color

22. Motion tweening adalah jenis tweening yang utama dan paling mendasar. Salah satu fungsinya adalah menggerakkan objek dari satu tempat ketempat yang lain. Syarat dalam menggunakan fasilitas motion tween pada flash adalah….

a. Objek awal dan akhir harus berupa image
b. Objek awal berupa image dan akhir berupa symbol
c. Objek awal dan akhir mempunyai ukuran yang sama
d. Objek awal dan akhir harus dalam satu layer
e. Objek awal dan akhir pada posisi yang sama

23. Tool yang digunakan untuk menghapus gambar pada Macromedia Flash, dinamakan….

a. Eraser Tool
b. Oval Tool
c. Transform Tool
d. Paint Bucket Tool
e. Rotating Tool

24. Salah satu cara untuk menghindari dua shape yang saling tumpang tindih adalah….

a. Memisahkan dua shape kedalam dua layer yang berbeda
b. Memberikan warna yang berbeda agar tidak tercampur
c. Membuat objek yang berbeda sehingga mudah dibedakan
d. Tidak meletakkan objek pada satu tempat
e. Mengubah bentuk objek menjadi lebih kecil

25. Free Transform Tool digunakan untuk….

a. Memasukkan Text
b. Membuat objek berbentuk persegi
c. Mengubah bentuk objek
d. Memberi warna
e. Menambahkan Teks

26. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu menggunakan….

a. Motion Tween
b. Motion Shape
c. Guiding Object
d. Motion Guide
e. Motion Rotate

27. Software yang digunakan untuk membuat animasi 2D adalah….

a. Corel Draw
b. ACDC
c. Adobe Photoshop
d. Macromedia Dreamweaver
e. Macromedia Flash

28. Untuk menampilkan teks pada Adobe Flash kita menggunakan....

a. Pencil Tool
b. Line Tool
c. Pen Tool
d. Text Tool
e. Transform Tool

29. Animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehingga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi...

a. Animasi Masking
b. Animasi Transisi
c. Animasi Blend
d. Animasi Tween
e. Animasi Shape

30. Suatu frame kosong dimana didalamnya tidak ada objek disebut….

a. Frame set
b. Keyframe
c. Canvas
d. Timeline
e. Blank Keyframe

31. Animasi yang dibuat menggunakan komputer dengan cara menggambar dan membuat animasi vektor secara langsung pada komputer disebut...

a. Animasi tradisional
b. Animasi berbasis vektor
c. Animasi motion graphic
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

32. Animasi yang dibuat dengan cara gambar manual oleh tangan, animator membuat gambar untuk setiap frame yang kemudian akan menjadi rangkain gambar animasi adalah pengertian dari...

a. Animasi tradisional
b. Animasi berbasis vektor
c. Animasi motion graphic
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

33. Animasi gerakan elemen grafis atau teks dengan tujuan untuk iklan atau promosi disebut...

a. Animasi tradisional
b. Animasi berbasis vektor
c. Animasi motion graphic
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D

34. Animasi dengan cara membuat model 3D lalu diberikan rigging animasi di dalam ruang tiga dimensi dengan menggunakan komputer disebut...

a. Animasi tradisional
b. Animasi berbasis vektor
c. Animasi motion graphic
d. Animasi 2D
e. Animasi 3D atau CGI

35. Area atau kanvas yang dapat digunakan untuk menggambar dan meletakkan objek yang ingin diproses dalam pembuatan animasi adalah...

a. Panel library
b. Panel properties
c. Stage
d. Workspace
e. Tools panel

36. Manipulasi yang bisa kita lakukan antara lain adalah rotate, scaling, dan skew yaitu menggunakan tool...

a. Subselection tool
b. Free transform tool
c. Pen tool
d. Lasso tool
e. Selection tool

37. Tempat menyimpan aset-aset yang digunakan pada pembuatan animasi seperti gambar, suara, video, dan simbol adalah...

a. Panel library
b. Panel properties
c. Stage
d. Workspace
e. Tools panel

38. Melakukan perubahan objek pada posisi, rotasi, ukuran, constrain, dan kemiringan adalah pengertian...

a. Transformation
b. Panel properties
c. Stage
d. Workspace
e. Tools panel

39. Area kerja untuk melakukan pembuatan dan manipulasi proyek animasi dengan menggunakan panel, bar, dan window adalah...

a. Transformation
b. Panel properties
c. Stage
d. Workspace
e. Tools panel

40. User interface aplikasi 2D terdiri atas panel, bar, dan ...

a. Transformation
b. Panel properties
c. Window
d. Workspace
e. Tools panel

41. Animasi untuk mengubah posisi objek adalah...

a. Animation
b. Movment tween
c. Motion tween
d. Tweening
e. Shape tween

42. Frame rate menunjukan banyaknya deretan gambar diam dalam video yang dapat ditampilkan dalam satu detik, frame rate diukur dalam satuan...

a. Dpi
b. Fps
c. Byte
d. Sps
e. M/s2

43. Untuk membuat objek secara bebas dengan titik (node) sebagai penghubung merupakan fungsi tool...

a. Oval
b. Eraser
c. Brush
d. Lasso
e. Pen

44. Untuk memberikan efek transparan pada objek digunakan pengaturan color...

a. Beta
b. Omega
c. Radial
d. Ease out
e. Alpha

45. Sebuah objek dapat menjadi beberapa macam clip, kecuali...

a. Movie Clip
b. Button
c. Graphic
d. a, b & c benar
e. Film Clip

46. Teks pada flash terdiri atas tiga tipe, yaitu; kecuali ...

a. Dinamic teks
b. Static teks
c. Input teks
d. Left teks
e. Scroll

47. Warna yang menggunakan gambar untuk mengisi fill pada suatu objek disebut...

a. Warna mixer
b. Warna stroke
c. Warna bitmap
d. Warna fill
e. Warna balance

48.  Pada animasi  tradisional, objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis untuk menghemat pembuatan gambar. Istilah untuk gambar latar belakang adalah...

a. Background
b. Backstage
c. Backsound
d. Backbone
e. Backpacker

49.  Siapakah animator yang membuat film animasi pendek dengan judul Humourus Phases Of Funny Faces pada tahun 1906-an?

a. Willis Obrien
b. Allan J Pincton
c. Albert E.Smith
d. Stuart Blacton
e. George Melies

50.  Studio animasi spesialisasi stop motion yang didirikan oleh peter Lord dan David Sproxton (1972) yaitu...

a. Aardman Animations
b. Walt Disney
c. Lord Animations
d. Allan Animations
e. Parked studios

Essay

1. Gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan merupakan definisi dari….

Jawaban: Animasi, Animation

2. Software aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat animasi, presentasi,simulasi, permainan, navigasi situs web, aplikasi web, iklan, dan lain sebagainya yaitu….

Jawaban: Flash, Flash 8, Macromedia Flash

3. Tool yang berfungsi untuk menghapus objek yang ingin dihilangkan yaitu…

Jawaban: Erase Tool

4. Langkah-langkah untuk membuka program Macromedia Flash 8 adalah

Jawaban: 
1. Start, 2. All Program, 3. Macromedia, 4. Macromedia Flash 8

5. Tuliskan langkah-langkah untuk menambah layer pada macromedia flash 8!

Jawaban: 1. Insert, 2. Timeline, 3. Layer

6. Sebutkan 12 Prinsip Dasar Animasi!

Jawaban:

12 Prinsip Dasar Animasi meliputi:
  1. Squash and Stretch
  2. Anticipation
  3. Staging
  4. Straight Ahead And Pose to Pose
  5. Follow Through And Overlapping Action
  6. Slow In And Slow Out
  7. Arch
  8. Secondary Action
  9. Timing
  10. Exaggeration
  11. Solid Drawing
  12. Appeal

7. Jelaskan Fungsi dari penerapan prinsip dasar animasi?

Jawaban:

Fungsi dari penerapan prinsip dasar animasi adalah:

- Sebagai media hiburan bagi penonton. 
Dengan prinsip animasi seorang animator dapat menyisipkan ekspresi karakter dan menarik perhatian para audien. Sehingga penonton bisa terhibur dengan adegan lucu, sedih, menggemaskan, jengkel, atau empati lain yang dihadirkan karakter melalui penerapan prinsip animasi.

- Sebagai media presentasi materi tertentu. 
Fungsi prinsip ini digunakan untuk membawa suasana presentasi materi menjadi tidak kaku dan menarik audiens, dan diharapkan dapat tercapainya penyampaian Informasi secara efektif dan efisien.

Dengan adanya animasi, presentasi menjadi menarik dan tidak membosankan, memperindah tampilan presentasi, memudahkan saat menyajikan presentasi, mempermudah penggambaran dari sebuah materi yang hendak di sampaikan.

- Sebagai media periklanan 
Penerapan prinsip ini mampu menjadi daya tarik bagi sebuah produk. Sehingga konsumen menjadi tertarik untuk membeli atau memiliki. Karena dalam bidang ini prinsip animasi bisa menjadi fungsi hias yang mempercantik tampilan iklan.

8. Jelaskan Jenis-jenis Animasi 2D!

Jawaban:

Jenis-jenis Animasi 2D yaitu:
- Animasi Stop Motion (Stop Motion Animation)
Animasi stop motion adalah teknik animasi yang menggunakan kamera untuk melakukan pemotretan pada setiap pergerakan objek, kemudian hasil fotonya disusun pada software animasi secara frame by frame, sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan.

- Animasi Tradisional (Traditional Animation)
Animasi Tradisional adalah teknik animasi yang digunakan pada saat animasi pertama kali dikembangkan. Teknik animasi tradisional dibuat secara tradisional tanpa menggunakan software animasi.

Animasi Tradisional  juga sering disebut cel animation karena teknik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan. Animation.

- Animasi Komputer (Computer Animation)
Sesuai namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan menggunakan komputer. melalui camera movement, keseluruhan objek bisa diperlihatkan secara 3D. Sebagai contoh pada film final fantasy. Pada film ini karakter yang tampil begitu real dan terlihat mempunyai kemampuan gerak yang hampir menyamai gerakan manusia.  

- Kombinasi Animasi
a. Kombinasi 2D dan 3D, contoh : Film The Road to Eldorado, Titan A.E.
b. 2D dan Live shot (syuting adegan), contoh : Film Space Jam, Osmosis Jones.
c. 3D dan Live shot (syuting adegan), contoh : Film Jurassic Park, Titanic, Lord of the Ring, Harry Potter, Stuart Little, Scooby Doo.

9. Jelaskan Konsep utama yang mendasari teori prinsip – prinsip Animasi?

Jawaban:

Konsep utama yang mendasari teori prinsip – prinsip Animasi adalah fenomena kelemahan mata manusia yang disebut : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur).

Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optik yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang waktu tertentu sebagai sebuah pola.

10. Apa Fungsi utama dari prinsip – prinsip dasar animasi?

Jawaban:

Fungsi utama dari prinsip – prinsip dasar animasi adalah agar setiap animasi yang dibuat kelihatan menarik, dramatis, dengan gerakan yang alami.

11. Apa itu teknik animasi manual dan teknik animasi 2D komputer?

Jawaban:

Teknik animasi manual atau yang biasa disebut dengan cell animation adalah teknik animasi yang paling lama usianya. Teknik animasi ini memungkinan animator untuk membuat gambar pada lembaran celuloid (lembar transparan) yang berlapis-lapis. karena kemajuan teknologi sekarang animator tidak lagi membuat animasi tradisional ini dengan lembaran celuloid, tapi bisa dengan menggunakan kertas biasa yang nanti akan dipindai (scan) lalu di warna dengan menggunakan komputer.

Teknik animasi 2D komputer adalah teknis animasi yang dibuat dengan menggunakan bantuan komputer (software) dan tetap mengandalkan kemampuan menggambar lembar demi lembar. Sehingga yang membedakan antara traditional animation dengan 2D CGI (Computer generated imagery) adalah medianya.

12. Apa modal utama seorang animator? Apa bedanya dengan komikus, ilustrator, atau  karikaturis?

Jawaban:

Modal utama seorang animator adalah kemampuan meng-capture momentum kedalam runtutan gambar sehingga seolah-olah menjadi bergerak atau hidup. Sedikit berbeda dengan komikus, ilustrator, atau  karikaturis yang menangkap suatu momentum ke dalam sebuah gambar diam (still). Animator harus lebih memiliki ‘kepekaan gerak’ daripada ‘hanya’ sekedar kemampuan menggambar. Gambar yang bagus akan percuma tanpa didukung kemampuan meng-’hidup’-kan.

13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan animasi?

Jawaban:

Animasi adalah proses menghidupkan gambar atau usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.

Atau dengan definisi lainnya animasi adalah gambar bergerak yang terbentuk dari sekumpulan gambar yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan.

Menurut Ibiz Fernandes animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.

14. Apa yang kamu ketahui tentang teknik animasi 2D ?

Jawaban:

Teknik animasi 2D adalah jenis animasi yang memiliki sifat flat secara visual. Bila dilihat dari teknis pembuatannya terdapat dua cara, yaitu manual dan komputer.

15. Jelaskan secara sederhana dari prinsip kerja Animasi! Sebutkan contohnya!

Jawaban:

Secara sederhana prinsip kerja animasi adalah dengan menumpuk beberapa gambar secara bergantian dan berurutan.

Contoh:
Beberapa gambar ditumpuk secara berurutan dalam tempo yang cepat. Gambar akan ditampilkan mulai dari urutan pertama sampai terakhir sehingga seolah olah gambar yang ada menjadi bergerak, misalnya gambar bola bergerak dari bawah keatas.

16. Jelaskan langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana!

Jawaban:

Langkah-langkah membuat animasi tweening sederhana :
  1. Buka halaman baru File > New > File Flash > OK
  2. Pada menu Propeties tentukan size atau ukuran stage 550 x 200 pixel, warna Background Putih dan jumlah Frame per detik 12.
  3. Ubahlah nama untuk Layer 1 dengan nama layer “Bola”.
  4. Seleksi drame 1 pada layer Bola
  5. Dengan menggunakan Oval Tool buatlah lingkaran seperti pada latihan animasi frame by frame dan le takkan gambar bola di stage sebelah kiri.
  6. Klik kanan frame 8 layer Bola dan pilih Insert Keyframe
  7. Drag gambar bola yang berada di frame 8, geser ke sebelah kanan stage.
  8. Klik kanan di frame 1 dan 8, pilih Create Motion Tween
  9. Keadaan frame setelah ditambah Motion Tween
  10. Cek hasil Movie dengan menekan Ctrl + Enter

17. Jelaskan fungsi utama tweening!

Jawaban:

Fungsi utama tweening adalah untuk menggerakkan objek dari satu titik ke titik lainnya.

18. Jelaskan pengertian dari tweening!

Jawaban:

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru.

19. Kenapa Animasi motion tween sangat baik untuk digunakan?

Jawaban:

Dua alasan utama mengapa Animasi motion tween sangat baik yaitu karena mengurangi pekerjaan mengambar dan meminimalkan ukuran file karena isi dari setiap frame tidak perlu disimpan

20. Kapan animasi motion tween digunakan?

Jawaban:

Animasi motion tween digunakan apabila kita ingin membuat gerakan animasi yang teratur. Animasi ini sangat mengurangi waktu karena kita tidak perlu membuat animasi secara frame per frame. Sebaliknya hanya membuat frame awal dan frame akhir saja

21. Jelaskan cara kerja tweening!

Jawaban:

Cara kerja tweening adalah dengan cara menentukan dua poin keadaan pada objek awal dan akhir, sedangkan macromedia flash membuat rangkaian gerakan diantaranya. Animasi yang dihasilkan menggunakan metode ini adalah gerakan yang halus, perubahan letak, ukuran, rotasi, bentuk maupun warna

22. Jelaskan Prinsip kerja dari animasi motion tween!

Jawaban:

Prinsip kerja dari animasi motion tween adalah membuat objek pada frame pertama dan terakhir saja, sedangkan frame-frame diantaranya akan dibuat secara otomatis. Objek yang dapat diaplikasikan dalam motion tween adalah objek instance (simbol), group dan teks. Animasi motion tween biasa digunakan untuk membuat animasi objek bergerak, berputar, dan mengubah ukuran (skala).

Untuk menggerakkan animasi berupa obyek yang bergerak , langkah tercepat yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan Motion Tween. Dengan menggunakan Motion Tween, kita hanya menentukan posisi pertama dan posisi terkahir obyek dan selanjutnya kita gerakan dengan Motion Tween.

23. Apa yang kamu ketahui tentang layer?

Jawaban:

Layer adalah tempat untuk meletakkan gambar/image yang telah kita buat untuk kemudian diolah susunan waktu (timing)nya. 

24. Jelaskan pengertian masking layer dan cara membuatnya!

Jawaban:

Masking layer adalah tempat untuk meletakkan gambar yang akan diolah menggunakan masking, disini layer masking terdapat di dalam layer lembar kerja yang biasa digunakan untuk membuat animasi. Cara membuat layer masking adalah dengan cara double klik objek yang akan kita beri mask

25. Jelaskan pengertian masking!

Jawaban:

Mask artinya adalah penutup/topeng.
Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.

Mask merupakan fasilitas di flash yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang kita kehendaki. Di samping motion tween, mask merupakan tehnik yang harus dikuasai.

26. Jelaskan Prinsip kerja animasi masking!

Jawaban:

Prinsip kerja dari Animasi Masking adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka

27. Jelaskan fungsi dari animasi masking?

Jawaban:

Fungsi Masking dalam Animasi: sama seperti fungsi topeng dalam arti yang sebenarnya; digunakan untuk menutupi bagian-bagian objek yang ingin ditutupi dan hebatnya yang menutupinya tidak akan terlihat juga.

28. Jelaskan cara kerja Masking!

Jawaban:

Prinsip kerja masking adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyembunyikan bidang yang terbuka. Pada dasarnya animasi making terjadi dikarenakan penumpukan dua buah objek yang dibuat dalam layer yang berbeda, layer utama ditutup layer objek dengan bantuan masking, sehingga objek utama hanya terlihat seukuran objek penutup atau objek yang dijadikan masking. Atau dengan kata lain, objek yang terlihat adalah objek yang saling bertumpukan sedangkan objek yang lain disembunyikan.

29. Sebutkan langkah-langkah membuat animasi Motion Shape!

Jawaban:
  1. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat animasi Motion Shape:
  2. Buka file baru atau Ctrl+N
  3. Pada Frame pertama buatlah sebuah objek lingkaran dengan menggunakan Oval Tool.
  4. Kemudian pada frame 20 buatlah sebuah keyframe
  5. Setelah itu pada frame 20 yang telah dibuat sebuah key frame, kita hapus dengan cara klik frame 20 kemudian tekan Delete pada keyboard.
  6. Setelah keyframenya kosong buatlah sebuah objek persegi pada frame 20 tersebut
  7. Klik frame 1 kemudian buka panel properties, pada pilihan animasi tween pilih shape
  8. Kemudian tekan Enter untuk melihat hasilnya.

30. Jelaskan pengertian animasi Shape Tweening!

Jawaban:

Shape Tween adalah perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain. Untuk Shape Tween objek yang dianimasikan harus berjenis Shape, untuk ukuran file yang dihasilkan Shape Tween lebih besar dibandingkan motion Tween

31. Hal apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat animasi shape tweening ?

Jawaban:

Yang perlu diperhatikan, shape tweening hanya dapat diterapkan untuk menganimasi obyek shape. Jadi tidak untuk melakukan Shape tween untuk group, symbol, atau teks. Untuk hasil yang baik biasanya digunakan satu shape. Jika Anda menggunakan banyak shape, semuanya harus dalam layer yang sama. Hal ini akan memudahkan jika ingin melakukan perubahan. Shape tweening juga memperbolehkan untuk mengubah warna.

32. Apa yang kamu ketahui tentang Animasi Sel/Cel Technique Animasi?

Jawaban:

Animasi Sel/Cel Technique Animasi merupakan dasar film animasi kartun (Cartton animation). Animasi ini memanfaatkan serangkaian gambar yang dibuat di atas lembaran plastik tembus pandang, biasanya ada cell obyek animasi yang bergerak dan background yang diam

33. Jelaskan pengertian Frame!

Jawaban:

Frame adalah satuan terkecil dalam video.
Pada program flash, frame diumpamakan seperti kertas hvs yang telah digambar, dan contoh apabila framenya kita perpanjang sebanyak 5 frame, maka diumpamakan seperti 5 kertas hvs dengan gambar yang sama.apabila kita merubah gambar salah satu frame, maka frame yang lain akan mengikuti perubahan gambar tersebut.

34. Jelaskan pengertian Storyboard!

Jawaban:

Storyboard secara Harfiah berarti dasar cerita.
Dalam perkembanganya storyboard didefinisikan sebagai area berseri (berjajar) dari sebuah gambar sketsa yang digunakan sebagai alat perencanaan untuk menunjukkan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung, dan akan menjadi dasar dari kelangsungan keseluruhan dari cerita nantinya

35. Jelaskan pengertian Menggambar Clean Up dan Menggambar sisip!

Jawaban:

- Menggambar Clean Up adalah membersihkan gambar dengan cara menjiplak pada animasi.
- Menggambar sisip adalah menyisipkan gambar, warna atau teks pada animasi.

36. Jelaskan pengertian Animator!

Jawaban:

Animator adalah kemampuan meng-capture momentum ke dalam runtutan gambar sehingga seolah-olah menjadi bergerak atau hidup.

37. Gambar yang kamu simpan bentuknya bisa jadi berupa JPG dan GIF. Jelaskan apa itu JPG dan GIF?

Jawaban:

- JPG adalah jenis data yang dikembangkan oleh Joint Photographic Experts Assemble (JPEG) yang dijadikan standar untuk para fotografer profesional

- GIF adalah kepanjangan dari Graphics Interchange Format dan sama-sama memiliki kompresi seperti format gambar TIFF.

38. Apa yang kamu ketahui tentang fla?

Jawaban:

fla adalah format asli pada Flash yang di dalamnya menyimpan layer – layer dan frame-frame.

39. Pernahkah kamu temui file berbentuk swf? Jelaskan pengertian swf tersebut!

Jawaban:

swf adalah file yang terbentuk jika anda melakukan test movie , .swf adalah sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2d lainya.

40. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Tweening?

Jawaban:

Tweening adalah proses membuat sebuah animasi pergerakan dengan cara memberikan perubahan pada bentuk atau posisi objek dengan menentukan
keyframe awal dan akhir sehingga dapat terbentuk frame-frame baru.

41. Jelaskan pengertian objek dalam pelajaran animasi!

Jawaban:

Objek adalah suatu tipe data seperti suara, gambar, teks, yang digunakan untuk mengontrol movie. Semua objek merupakan bagian dari suatu kelas. Objek pada Flash dapat berupa gambar yang nampak , hingga sesuatu yang abstrak (tidak nampak), misalnya tanggal, data, atau deteksi input dari mouse

42. Pada HP/Android/Smartphone/Tablet dan alat elelktronik yang kamu miliki kebanyakan tersimpan MP3. Nah, sekarang jelaskan apa itu MP3!

Jawaban:

MP3 Salah satu berkas audio yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. MP3 mengurangi bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia

43. Selain MP3, ketika kamu buka file rupanya ada yang berbentuk WAV. Apakah WAV itu?

Jawaban:

WAV adalah file audio yang tidak terkompres sehingga seluruh sample audio disimpan semuanya di media penyimpanan dalam bentuk digital.

44. Jelaskan tahap-tahap atau langkah-langkah yang dilakukan dalam pewarnaan objek! (Misalnya: mewarnai kepiting)

Jawaban:

Langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam pewarnaan objek (kepiting) adalah sebagai berikut ini:
a. Pilih objek yang akan diwarnai dan buka panel color
b. Pada panel color pilihlah warna yang ingin dipakai dengan drag titik bulat dan segitiga panah (misalnya: objek badan kepiting)
c. Menggunakan panel color swatches. Pilih objeknya (misalnya ekor kepiting), lalu pilih warna pada color swatches
d. Lihat hasil pewarnaan menggunakan panel color dan panel swatches
e. Dengan melakukan pewarnaan berbeda pada kepiting, akan didapatkan kepiting dengan warna karakter yang berbeda

45. Apa yang kamu ketahui tentang fungsi skew horizontal dan skew vertical?

Jawaban:

- Skew horizontal adalah suatu fungsi untuk mengubah kemiringan suatu objek posisi horisontal. Caranya dengan mengubah di transform panel dengan menuliskan angkanya atau menarik persennya.

- Skew vertical adalah suatu fungsi untuk mengubah kemiringan suatu objek posisi vertikal. Caranya dengan mengubah di transform panel dengan menuliskan angkanya atau menarik persennya.

46. Jelaskan apa yang dimaksud dengan transfomasi objek!

Jawaban:

Transfomasi objek adalah melakukan perubahan objek pada posisi, rotasi, ukuran, constrain, dan kemiringan

47. Apa fungsi dari scale width dan scale height? Jelaskan caranya masing-masing!

Jawaban:

- Scale width digunakan untuk mengubah lebar suatu objek
Caranya dengan mengubah di transform panel dan mengubahnya dengan menulis angkanya atau menarik persennya

- Scale height digunakan untuk mengubah tinggi suatu objek
Caranya dengan mengubah pada transform panel dengan cara menuliskan angkanya atau menarik persennya

48. Jelaskan apa yang dimaksud dengan timeline!

Jawaban:

Timeline adalah area yang digunkan untuk mengontrol animasi. Pada area ini terdapat dua bagian, yang di sebelah kiri disebut layer, sedangkan yang di sebelah kanan adalah area frame

49. Jelaskan fungsi dari tool-tool berikut!
- Selection tool
- Pen tool
- Text tool
- Brush
- Hand

Jawaban:

- Selection tool: digunakan untuk memilih dan memindahkan objek-objek yang ada di dalam stage
- Pen tool: digunakan untuk menggambar objek shape secara manual
- Text tool: digunakan untuk menambahkan komponen teks pada stage
- Brush: digunakan seperti kuas yang bentuknya berdasarkan shape dan angle
- Hand: digunakan untuk bernavigasi secara bebas

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang Soal Animasi Kelas 10 [+Kunci Jawaban] 2020  semoga bermanfaat, pantau terus artikel terbaru lainnya di Fivser dan Terima kasih sudah berkunjung.

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain