Apa Itu Gaskeun ?

Sebelumnya pasti kalian pernah mendengar istilah kata gaskeun. Untuk anak-anak milenial jaman sekarang pasti tidak asing lagi dengan kata gaskeun.

Kata gaskeun ini ternyata banyak digunakan di sosial media maupun perbincangan/percakapan sehari-hari di kalangan anak milenial.


Arti Kata Gaskeun Dalam Bahasa Gaul dan Asal Mula

Gaskeun berasal dari 2 kata, yaitu gas dan keun (Bahasa Sunda).

Gas artinya gas LPG, eh bukan deng :v. bisa dibilang gas ini mirip Ngegas/ ngegad yang artinya kasar, seperti menantang atau ngajak gelud (berkelahi). 

Sama seperti orang yang sedang mengendarai motor, hal yang penting untuk melaju adalah memutar handle gas. Sehingga istilah "gas" bermaksud untuk mengungkapkan kondisi berjalan, melaju, jalan terus.

Keun di ambil dari Bahasa Sunda yang artinya biar, kan, dll

Jadi kalo digabung jadinya Gaskeun/ Gaskan artinya lanjut teross, ayok (kuy lah), gelud (ladeni, mainkan)

Jadi jika digabungkan, Gaskeun juga dapat diartikan dengan "ayo (kuy lach), mainkan, ladeni, lanjut teross"

Contoh

  • Ketika melihat soal ujian hidup:v eh soal ujian sekolah yang segampang itu dan anda berbicara dalam hati "Gaskeun" - artinya seperti langsung kerjain, gas teros, lanjut teros..
  • Ketika diejek oleh Vino dan Si Dodi bilang "Gaskeun lah, tunggu apalagi". Itu maksudnya seperti ladeni/ajak gelud si Vino.
  • Diajak pergi ke Bioskop sama temen, lalu temenmu nanya, "pergi gak?" lalu kamu jawab "Gaskeun lah". Itu artinya seperti menerima ajakan dari temenmu. (yok, ayok, kuy lach)

Contoh Percakapan

Misalnya:

Vino: Sebenernya gw takut nih ngedeketin si Susi

Dodi: Apa sih yang lu takutin?

Vino: Bapaknya galak sangat cuy!

Dodi: Aaah udah, jangan dipeduli, yang penting elu kenalin diri baik-baik aja. Belum mulai aja udah takut duluan. Eeeh, btw itu orangnya lewat. Cepetan samperin. Gaskeun!!

---------------------------------------

Dito: Ngampus kuy...

Dodit: Males ah

Dito : Nanti nyesel loh..

Dodit: Emangnya kenapa?

Dito: Ada Maba

Dodit: Terus?

Dito: Mabanya cantik-cantik cuy

Dodit: Gaskeun!!!

---------------------------------------

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai pengertian dari Apa Itu Gaskeun?  semoga bermanfaat, pantau terus artikel terbaru lainnya di Fivser dan Terima kasih sudah berkunjung.