Resep dan Cara Membuat Kulit Risol Andalan, Bagus, dan Tak Pernah Gagal

Resep dan Cara Membuat Kulit Risol Andalan, Bagus, dan Tak Pernah Gagal

Haloo, apakabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat ya. 

Kalian pasti tau kan apa itu Risol atau biasanya disebut Risoles?? Tentunya kalian tau dong, dengan makanan yang satu ini. Dibalik enaknya risol atau risoles, ada hal terpenting agar risol tersebut bisa jadi dengan sempurna, tak lainnya adalah kulit dari risol itu sendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan resep dan cara membuat risol atau risoles andalan, bagus, dan tak pernah gagal. Bagi kalian yang ingin mengetahui resep dan cara membuatnya langsung saja simak caranya dibawah ini ya...

Resep dan Cara Membuat Kulit Risol Andalan, Bagus, dan Tak Pernah Gagal

Hasil dari kulit risolnya

Berikut alat, bahan, dan cara membuatnya:

Alat:

  • Wajan Kwalik/Teflon

Bahan-Bahannya:

  • 200 gram terigu
  • 1 sdm penuh tepung kanji/tapioka
  • 1 butir telur
  • 350 ml air
  • Garam secukupnya 

Cara Membuatnya:

1. Campurkan semua bahan menjadi satu, lalu aduk sampai tak ada yang bergerindil
2. Kemudian saring agar hasilnya nanti bisa menjadi mulus yaaa

Jika menggunakan wajan kwalik, kalian bisa mengikuti cara dibawah ini:

3. Gunakan wajan kwalik, lalu panaskan wajan, kemudian setelah wajan panas angkat wajan dan tempelkan ke adonan, letakkkan lagi di kompor, masak dengan api sedang sampai matang, lalu angkat dan lakukan begitu seterusnya sampai adonan habis/selesai.

Jika menggunakan teflon, kalian bisa mengikuti cara dibawah ini:

3. Panaskanlah teflon yang anti lengket, lalu oleskan teflonnya dengan sedikit minyak (bisa menggunakan tisu,atau sebagainya) agar teflon tidak lengket.

4. Tuang 1 sendok sayur adonan, lalu putar teflonnya, gunakan api sedang cenderung kecil saja, lalu cek kematangannya (bisa dengan cara dipegang saja), kalau sudah matang maka akan keliatan hasilnya gak lengket dan waktu disentuh hasilnya membal, jika sudah lalu angkat. Lakukan begitu seterusnya sampai adonan habis/selesai.

Catatan: 

Untuk airnya, kalau dirasa masih kental boleh ditambah lagi air secukupnya saja ya, sebab kalau adonan terlalu kental maka hasil kulit nantinya akan terlalu tebal.

Informasi:

Bagi yang bertanya mengapa risol saat di goreng pecah/sobek? Salah satu penyebabnya bisa berasal dari kulitnya yang kurang lentur,kalau kulitnya sudah bagus dan lentur maka kalian bisa melipatnya dengan gampang dan mudah-mudahan gak akan pecah saat di goreng.

Akhir Kata 

Itulah dia Resep dan Cara Membuat Kulit Risol Andalan, Bagus, dan Tak Pernah Gagal. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang membutuhkannya yaa, Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com dan nantikan artikel-artikel lainnya.

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain