Nilai Positif dan Negatif Pada Keimanan Pada QS. An-Nisa(4):51. QS. Al-Ankabut(29):51, QS. Al-Baqarah(2):4, dan QS. Al-Baqarah(2): 285.

Nilai Positif dan Negatif Pada Keimanan Pada QS. An-Nisa(4):51. QS. Al-Ankabut(29):51, QS. Al-Baqarah(2):4, dan QS. Al-Baqarah(2): 285.


Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Nilai Positif dan Negatif Pada Keimanan Pada QS. An-Nisa(4):51. QS. Al-Ankabut(29):51, QS. Al-Baqarah(2):4, dan QS. Al-Baqarah(2): 285.".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Keimanan merupakan derivasi dari kata “Iman”. Untuk memahami pengertian Iman secara utuh dan mendalam, kita perlu merujuk pada Al-Qur’an dan hadits sebagai sumber primer ajaran Islam. Penelaahan ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan ayat ayat yang mengandung kata “iman” atau kata lain yang terbentuk dari kata “Iman”, seperti; “Aamana”, “Yu’minu” atau “Mukmin”. 

Ayat-ayat yang berbicara tentang pengertian iman dalam Al-Qur’an antara lain: Q.S. Al-Baqarah (2): 165, QS. Al-A’raf(7): 179. Terdapat juga ayat yang berbicara tentang nilai yang dapat mempengaruhi keimanan seseorang, baik positif maupun negatif, antara lain; QS. An-Nisa(4): 51, QS. Al-Ankabut(29): 51, QS. Al-Baqarah(2): 4, dan QS. Al-Baqarah(2): 285.

Jawaban Pertama

Nilai positif dan negatif pada keimanan dalam ayat dibawah ini:

QS. An-Nisa(4): 51

Nilai Negatif: Kata iman didalam ayat ini terdapat rangkaian kata jibt (sesembahan selain dari Allah), thagut (berhala), syaitan dan segala sesuatu yang disembah kecuali Allah.

QS. Al-Ankabut(29): 51

Nilai Negatif: Kata iman di ayat ini berhubungan dengan kata batil (yang tidak benar bagi Allah.

QS. Al-Baqarah(2): 4

Nilai Positif: Didalam ayat ini dikatakan bahwa orang-orang yang beriman kepada (Al-quran dan kitab-kitab Allah) yang diturunkan kepadamu dan sebelummu, juga mereka betul-betul percaya akan adanya Akhirat.

QS. Al-Baqarah(2): 285.

Nilai Positif: Didalam ayat ini dikatakan Rasul (Muhammad) telah beriman kepada apa yang diturunkan oleh Tuhan dan demikian juga orang-orang beriman. Seluruhnya berian kepada Allah, malaikat-malaikatNya, kitab-kitabNya dan juga rasul-rasulNya.

Jawaban Kedua 

Nilai negatif QS.An-Nisaa’(4):51 dijelaskan bahwa orang-orang percaya kepada jibt, thagut, syaithan dan apa saja yang disembah selain Allah SWT.

Nilai negatif QS. Al-Ankabut (29):51 dikaitkan dengan kata batil (yang tidak benar menurut Allah).

Nilai positif QS. Al-Baqarah (2):4 dijelaskan orang-orang yang beriman kepada al-qur’an dan kitab-kitab sebelumnya yang diturunkan, mereka yakin akan adanya akhirat.

Nilai positif QS. Al-Baqarah(2): 285 dijelaskan bahwa Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya.

Jawaban Ketiga 

Berikut adalah nilai positif dan negatif dalam beberapa ayat ini;

- Didalam QS. An-Nisa(4): 51

Negatif : Didalam ayat ini dijelaskan bahwa mereka (orang-orang yahudi) percaya kepada jibt yakni berhala atau penyihir dan tagut yakni selain syariat Allah. Dan mereka mengatakan kepada orang-orang musyrik mekkah dengan penuh kesombongan bahwa mereka itu lebih benar jalannya dari pada orang muslim beriman.

- Didalam QS. Al-Ankabut(29): 51

Negatif : Dijelaskan bahwa Iman dikaitkan dengan kata batil yg tidak dibenarkan menurut Allah.

Apakah tidak cukup bagi mereka bahwa Allah telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) . Sungguh dalam Al-Qur'an itu terdapat rahmat yg besar dan pelajaran bagi orang-orang yg beriman.

- Didalam QS. Al-Baqarah(2): 4

Positif : orang-orang yg bertaqwa mereka yg beriman percaya kepada apa-apa yg diturunkan oleh Allah kepadamu, wahai Nabi Muhammad berupa Al-Qur'an, Adz-dzikr, dan kitab-kitab yg telah diturunkan sebelum engkau.

- Didalam QS. Al-Baqarah(2): 285

Positif : Nabi Muhammad beriman atas apa yg diturunkan padanya (Al-Qur'an) dari tuhannya, demikian pula dengan orang-orang yg beriman. Semua beriman kepada Allah , Malaikat-malaikatNya, Kitab-kitabNya, dan para RosulNya.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Nilai Positif dan Negatif Pada Keimanan Pada QS. An-Nisa(4):51. QS. Al-Ankabut(29):51, QS. Al-Baqarah(2):4, dan QS. Al-Baqarah(2): 285.", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain