Mungkinkah Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Dunia?

mungkinkah bahasa indonesia menjadi bahasa dunia

Halooo, apakabar semuanya??? Semoga dalam keadaan sehat yaa.

Kali ini saya akan memberikan pengetahuan dan jawaban mengenai mungkinkah bahasa indonesia menjadi bahasa dunia menurut pendaat anda. Jawaban yang saya berikan dibawah ini murni pendapat pribadi, boleh digunakan untuk referensi dalam menjawab soal yang serupa. 

Bagi kamu yang ingin melihat jawabannya, langsung saja lihat dibawah ini ya.

Soal

Mungkinkah bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia? Berikan alasan atas pendapat Anda.

Jawaban Pertama

Menurut saya (Ya Bisa), Karena sekarang ini bahasa indonesia juga dipelajari dilebih dari 45 negara didunia,diantaranya Australia,Jepang,Vietnam,Dll.

Bangsa Indonesia memiliki kekuatan besar untuk menjadi bahasa dunia, bahasa indonesia juga digunakan di Forum² Internasional.

Jawaban Kedua

Pendapat Saya mengenai kemungkinan bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia yaitu tentu saja bisa, karena bahasa Indonesia memiliki potensi yang dapat dilihat dari faktor yang mendukung dan mempengaruhinya

Faktor yang mempengaruhinya ada 2 yaitu faktor intrabahasa atau berasal dari bahasa itu sendiri dan faktor ekstrabahasa atau yang berasal dari luar bahasa tersebut. Faktor intrabahasa yang mempengaruhi bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa dunia adalah bahasa Indonesia telah memiliki ejaan bahasa Indonesia yang sudah disempurnakan dan dengan diterbitkan buku panduan mengenai ejaan bahasa Indonesia yang sudah disempurnakan. Sedangkan faktor ekstrabahasa yang dapat memengaruhi adalah dengan posisi Indonesia sebagai penduduk terbesar keempat di dunia sudah menjadi modal untuk menjadikan bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia.

Jawaban Ketiga

Untuk menjadi bahasa dunia/internasional, saya rasa bahasa indonesia sangat pantas, karena bahasa indonesia adalah bahasa yang sangat unik. Adapun keterbaruan sistem ejaan yang sangat memadai, sehingga bisa untuk mempengaruhi minat dan ketertarikan negara lain untuk ikut serta dalam belajar bahasa indonesia.

Jawaban Keempat

Tidak, karena bahasa Indonesia hanya sebagai bahasa negara Indonesia, tapi tidak menutup kemungkinan karena bahasa Indonesia telah banyak digunakan di beberapa negara terutama negara-negara yang memiliki banyak pegawai dari negara Indonesia. contohnya: MALAYSIA,ARAB SAUDI,dll.

Jawaban Kelima

Kenapa tidak mungkin? Bahasa Indonesia menurut saya sangat unik dan bisa menjadi bahasa dunia / internasional. Keberagaman yang ada di negara Indonesia dari keberagaman suku, budaya, adat istiadat serta keunikan-keunikan lainnya dapat menjadi nilai plus untuk masyarakat dari negara-negara lain untuk tertarik belajar Bahasa Indonesia. Akan tetapi untuk mewujudkan itu, kita sebagai generasi muda Bangsa Indonesia harus bangga dan terus menjunjung tinggi bahasa nasional negara kita tersebut.

Jawaban Keenam

Pertanyaan selanjutnya yang tak jarang juga kita tanyakan adalah, Mungkinkah Indonesia menjadi Bahasa Dunia ? Menurut saya sangat mungkin, Namun untuk mencapai hal tersebut harus dimulai dari kita terlebih dahulu. Kita harus bisa bangga dan mencintai Bahasa Indonesia terlebih dahulu. Bagi saya Bahasa Indonesia sangat mampu untuk dapat digunakan menjadi Bahasa Dunia mengingat berbagai macam potensi yang kita miliki antara lain :

1. Potensi Penduduk kita dengan jumlah terbesar ke 4 di dunia atau sekitar 3.43% Populasi dari penduduk dunia.

2. Akar Bahasa Indonesia yang berasal dari Bahasa Melayu juga turut dapat menjadi salah satu potensi Bahasa Indonesia menjadi Bahasa dunia, mengingat jumlah penduduk Melayu di dunia juga menempati posisi teratas

3. Jumlah WNI yang saat ini berdomisili di luar Indonesia yang cukup tinggi juga turut menjadi potensi menjadikan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Dunia, karena dengan kehadiran WNI di negara tersebut juga dapat turut memperkenalkan Bahasa Indonesia selain Kebudayaan Indonesia

4. Menariknya menurut beberapa fakta yang saya temukan, Bahasa Indonesia kini telah diajarkan di setidaknya 56 Negara di dunia dimana beberapa diantaranya memasukkan Bahasa Indonesia menjadi Pelajaran wajib di beberapa sekolah dasar mereka, beberapa negara tersebut diantaranya : Australia, Canada, Hongaria, Korea selatan, Jepang dan beberapa negara lainnya

Namun lebih daripada itu, terlepas Bahasa Indonesia akan menjadi Bahasa dunia atau tidak kita wajib untuk mencintai dan Bangga berbahasa Indonesia, hal yang cukup miris terjadi saat ini adalah, banyak generasi muda kita yang kurang mencintai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia, seperti contohnya dengan adanya “Demam Korea”, remaja kita ramai-ramai menggunakan Bahasa Korea, memang bagi saya tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun jangan sampai kita meninggalkan dan melupakan betapa kerennya Bahasa kita sendiri yakni Bahasa Indonesia. Bagaimana kita ingin agar Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Dunia jika kita sendiri saja masih tidak mencintai dan bangga dengan Bahasa Indonesia. Ayo Kita Cintai Bahasa Indonesia karena Bahasa Indonesia adalah Identitas dan Jati Diri kita.

Jadi, berdasarkan pada hasil telaah diatas saya dapat memahami bahwa Bahasa Indonesia hadir bukan untuk menggeser Bahasa-bahasa daerah yang sudah ada, namun Bahasa Indonesia hadir untuk mempersatukan berbagai kemajemukkan yang ada di Indonesia dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika. Bahasa Indonesia juga turut dan mampu berjalan selaras dengan Bahasa-bahasa Daerah setempat, tak jarang bahkan tercipta istilah-istilah atau bahkan Kosakata baru yang menarik untuk dipelajari. Untuk itulah selaku warga yang baik, kita wajib menjaga dan memelihara Serta “Bangga” menggunakan Bahasa Indonesia dengan tentunya tanpa melupakan kebudayaan dan Bahasa daerah tempat kita. Dengan Mencintai serta Bangga menggunakan Bahasa Indonesia kita turut menjadi Duta serta memperkenalkan Citra Indonesia ke mata Dunia dan mendukung agar Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Dunia. “Ayo Berbahasa Indonesia”

Jawaban Ketujuh

Menurut pendapat saya mengenai kemungkinan bahasa Indonesia menjadi bahasa dunia yaitu tentu saja karena bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi negara, bahasa indonesia digunakan didalam segala kegiatan kenegaraan seperti rapat-rapat urusan kenegaraan dan kegiatan kenegaraan baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan,selain itu bahasa Indonesia disebut juga bahasa yang unik dan bisa menjadi bahasa dunia karena keberagaman yang ada di negara Indonesia dari keberagaman suku, budaya,adat istiadat dan keunikan lainnya dapat menjadikan nilai plus di negara lain untuk tertarik belajar bahasa Indonesia. Untuk mewujudkan kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia kita harus bangga dan menjujung tinggi bahasa nasional negara kita yaitu bahsa Indonesia.

Jawaban Kedelapan

Menurut pendapat saya, Bahasa Indonesia mungkin saja bisa menjadi Bahasa Dunia. Bahasa Indonesia mempunyai sifat yang sederhana tanpa mengenal tingkatan Bahasa. Bahasa Indonesia digunakan sebagai resmi negara, dimana tidak semua negara memiliki bahasa resmi.

Faktanya, ada beberapa negara seperti Jepang, Australia dan Korea Selatan yang menjadikan Bahasa Indonesia sebagai mata pelajaran di negaranya.

Apa saja syarat suatu Bahasa bisa menjadi Bahasa Dunia?

Diantaranya, penuturnya harus banyak, bahasanya harus mudah dipelajari, bahasanya tidak hanya digunakan oleh satu negara saja, dan bahasanya bisa menciptakan stabilitas ekonomi juga politik.

Dilihat dari persyaratan tersebut, Bahasa Indonesia telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Bahasa Dunia. Bahasa Indonesia memiliki banyak penutur, Bahasa Indonesia mudah untuk dipelajari, Bahasa Indonesia juga digunakan dinegara lain seperti Malaysia, Timor Leste dan beberapa negara lainnya, Negara Indonesia juga sudah masuk dalam stabilitas ekonomi dan juga politik yang bagus.

Akhir Kata

Sekian jawaban dari Mungkinkah Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Dunia?. Semoga jawaban disini membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain