Jelaskan Pengertian Iman

Jelaskan Pengertian Iman

Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Pengertian Iman".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Keimanan merupakan derivasi dari kata “Iman”. Untuk memahami pengertian Iman secara utuh dan mendalam, kita perlu merujuk pada Al-Qur’an dan hadits sebagai sumber primer ajaran Islam. Penelaahan ini dapat dilakukan dengan cara mengumpulkan ayat ayat yang mengandung kata “iman” atau kata lain yang terbentuk dari kata “Iman”, seperti; “Aamana”, “Yu’minu” atau “Mukmin”. 

Dari pernyataan diatas coba Jelaskan pengertian Iman!

Jawaban Pertama

Pengertian Iman

Iman ialah asas yang menentukan berbagai kepribadian manusia. Biasanya orang-orang memahami arti Iman adalah kepercayaan atau sikap batin, yaitu mempercayai adanya Allah, Malaikat, Rasul, Kitab, Hari Akhir (kiamat), serta Takdir baik dan buruk.

Secara lebih luas, Iman merupakan kepribadian yang mencerminkan suatu keterikatan antara kalbu, ucapan dan perilaku sesuai dengan ketetapan Allah.

Jawaban Kedua

Pengengertian iman adalah kepercayaan / keyakinan kepada Allah, nabi, kitab, dan sebagainya. Iman diyakini dalam hati, yaitu dengan mempercayai dan meyakini dengan sepenuh hati adanya alam semesta dan segala isinya.

Jawaban Ketiga 

Pengertian Iman

Iman ialah pembenaran hati , pengakuan lisan dan amal dari seluruh anggota badan. Dimana seorang yg beriman akan terlihat dari cara ia mengerjakan amalan terhadap ibadahnya. Orang yg beriman akan percaya adanya Allah, Malaikat, Rosul , Hari kiamat dan Kitab-kitabNya serta takdir baik dan buruk.

Jawaban Keempat

Keimanan berasal dari kata dasar "iman" untuk memahami pengertian iman dalam ajaran islam strateginya yaitu mengumpulkan ayat-ayat Al-Qur'an atau hadits yang redaksionalnya terdapat kata iman,atau kata lain yang dibentuk dari kata tersebut yaitu "aamana" (fi'il madhi/bentuk telah), "yu'minu" (fi'il mudhari/bentuk sedang atau akan), dan mukminun (perilaku/orang yang beriman).dan keimanan yang dijelaskan pada QS: Al-Baqarah (2):165 ialah sikap yang menunjukkan kecintaan dan kerinduan yang luar biasa terhadap Allah SWT.Orang beriman itu percaya kepada Allah maka karena itu orang beriman akan merelakan jiwa dan raga nya untuk mewujudkan harapan dan kemauan yang dituntut oleh Allah kepadanya.

Jawaban Kelima

Berdasarkan QS. Al-Baqarah (2) : 165 .Pengertian iman sama dengan asyaddu hubban lillah artinya kecintaan /kerinduan yang sangat luar biasa kepada Allah. Maksudnya iman merupakan sikap (attitude) yang mempunyai keinginan yang luar biasa terhadap Allah. Orang-orang yang beriman kepada Allah berarti orang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk mewujudkan kemauan yang diperintahkan oleh Allah kepadanya.

Pengertian iman berdasarkan hadist Nabi yaitu aqdun bil qalbi wa ikraarun bil lisaani wa amalun bil arkani. Iman adalah kepribadian yang mencerminkan suatu keterpaduan antara kalbu, ucapan dan perilaku menurut ketentuan Allah, yang disampaikan oleh Malaikat kepada Nabi Muhammad.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Pengertian Iman", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com


Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain