Jelaskan Ciri-Ciri Keimanan dan Dilengkapi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Sesuai

Jelaskan Ciri-Ciri Keimanan dan Dilengkapi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Sesuai


Assalamualaikum wr.wb, halooo apa kabar kalian semua? Semoga tetap dalam keadaan yang sehat dan dalam lindungan Allah SWT yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Jelaskan Ciri-Ciri Keimanan dan Dilengkapi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Sesuai".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Pengertian iman tidak hanya dibatasi pada qalbu (keyakinan hati), akan tetapi juga meliputi ikrar dengan ucapan, dan perilaku. Qalbu (hati) merupakan entitas metafisika yang eksistensinya hanya Allah yang dapat mengetahui. Namun demikian, keimanan yang baik akan memancarkan perilaku yang menjadi ciri keimana seorang mukmin, sehingga dapat diidentifikasi secara dhahir, antara lain; Tawakal, Mawas diri dan bersikap ilmiah, Optimis dalam menghadapi masa depan, Konsisten dan menepati janji, dan Tidak sombong.

Jelaskan secara detail, ciri-ciri keimanan tersebut diatas, dilengkapi dengan ayat-ayat al-Qur’an yang sesuai.

Jawaban Pertama

Ciri-ciri orang beriman:

1) Tawakal

Jika dibacakan Alquran, kalbunya terangsang untuk melaksanakan. seperti yang dinyatakan dalam QS. Al-Anfaal (8) : 2.

Tawakal yaitu senantiasa hanya mengabdi (hidup) mngikuti apa yang telah diperintah Allah. Orang yang bertawakal ialah orang yang menyandarkan bergama aktifitasnya atas perintah Allah. seperti yang dinyatakan dalam Q.S Al-Baqarah (2) : 172

2) Mawas Diri dan Bersikap Ilmiah

Mawas Diri ditujukan agar seseorang tak terpengaruh oleh berbagai kasus darimanapun datangnya, baik itu dari kalangan manusia dan jin, dan mungkin juga datangnya dari diri sendiri. seperti yang dinyatakan dalam Q.S An-Naas (114): 1-3.

Mawas diri yang berkaitan dengan alam pikiran, yaitu berpikir kritis dalam memperoleh informasi, terutama dalam memahami nilai-nilai dasar keislaman. seperti yang dinyatakan dalam Q.S Ali-Imran (3) : 7.

Hendaknya seseorang tidak dibenarkan membenarkan suatu sikap, sebelum menangkap terlebih dahulu permasalahannya. seperti yang dinyatakan dalam Q.S Al-Israa’ (17) : 36

3) Optimis Dalam Menghadapi Masa Depan

Saat seseorang telah melakukan suatu perbuatan dengan penuh perhitungan, maka tidak perlulah ia memikirkan bagaimana hasil akhirnya nanti, sebab hasil merupakan akibat dari suatu perbuatan seperti yang dinyatakan dalam Q.S Al-Insyirah (94) : 5 – 6.

Optimisme merupakan sikap yang terpuji dan pesimisme merupakan sikap yang tercela. Pesimisme seharusnya tidak tercermin pada seorang mukmin. seperti yang dinyatakan dalam QS. Yusuf (12) : 87.

4) Konsisten dan Menepati Janji

Janji merupakan hutang. Menepati janji artinya membayar hutang. Lagi pula jika ingkar janji berarti itu adalah suatu pengkhianatan. seperti yang dinyatakan dalam QS. Al-Maa’idah (5) : 1.

5) Tidak Sombong

Kesombongan adalah suatu sikap dan sifat yang tercela serta membahayakan diri, oranglain danjuga lingkungan hidupnya. seperti yang dinyatakan dalam (Q.S Luqman (31) : 8).

Jawaban Kedua 

Ciri-Ciri Orang Beriman 

A. Tawakkal, yaitu senantiasa hanya mengabdi (hidup) menurut apa yang diperintahkan oleh Allah. Terdapat di QS. Al-Anfaal (8): 2 dan QS. Al-Baqarah (2): 172 .

B. Mawas diri dimaksudkan agar seseorang tidak terpengaruh oleh berbagai kasus dari manapun datangnya, baik dari kalangan jin dan manusia, bahkan mungkin datang dari diri nya sendiri. Terdapat di QS. An-Naas (114): 1-3.

Sedangkan bersikap ilmiah bertujuan agar seseorang tidak dibenarkan menyatakan sesuatu sikap sebelum mengetahui terlebih dahulu permasalahannya. Terdapat di QS. Al-Imran (3): 7 dan QS. Al-Israa’ (17) : 36.

C. Optimis dalam Menghadapi Masa Depan

Al-quran memberikan petunjuk kepada manusia untuk selalu bersikap optimis meskipun perjalanan hidup seseorang tidak selalu berjalan mulus. Terdapat di QS. Al-Insyirah (94) : 5-6.

D. Konsisten dan menepati janji

Karena janji adalah utang maka sebaiknya seseorang harus menepati janjinya karena itu sudah termasuk membayar utang. Terdapat di QS. Al-Maidah(5): 1.

E. Tidak sombong

Sifat sombong sendiri termasuk dalam sifat yang tercela dan tidak terpuji. Contoh apabila kita sombong merasa paling pandai maka kesombongannya akan berbalik menjadi bodoh.

Seperti yang dijelaskan dalam QS. Luqman (31): 18.

Jawaban Ketiga

Ciri-ciri orang yg beriman

a). Tawakal

Yaitu senantiasa hanya mengabdikan hidup Menurut apa yg diperintahkan oleh Allah. Tawakkal juga disebut sebagai perbuatan menyerahkan segala perkara, ikhtiar dan usaha kita kepada Allah SWT.

Seperti dalam penggalan Surat dan Ayat berikut yg artinya ;

" Hai orang-orang yg beriman, makanlah diantara rezeki yg baik-baik yg kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepadaNya kamu menyembah " (QS. Al-Baqarah : 172)

b). Mawas diri dan bersifat ilmiah

Pengertian mawas diri disini agar seseorang tidak mudah terpengaruh oleh berbagai kasus darimanapun datangnya baik dari kalangan jin ataupun manusia.

Seperti yg dinyatakan dalam QS QS. An-Nas (114): 1-3

" Katakanlah aku berlindung kepada Tuhan yg memelihara manusia (1) Yang menguasai manusia (2) Tuhan bagi manusia. "

Mawas diri yg berhubungan dengan alam pikiran yaitu bersikap kritis dalam menerima informasi terutama dalam memahami nilai-nilai dasar keislaman. hal ini diperlukan agar terhindar dari berbagai fitnah. QS Ali Imran(3);7

Atas dasar pemikiran tersebut hendaknya seseorang tidak dibenarkan menyataka sesuatu sikap, sebelum mengetahui terlebih dahulu permasalahannya, sebagaimana dinyatakan dalam QS. Al-Israa' (17);36

c). Optimis dalam menghadapi masa depan

Merupakan keyakinan diri dan salah satu sikap baik yg dianjurkan dalam islam. dengan sikap optimis seseorang akan semangat dalam menjalani kehidupan sehari-harinya. Seperti yg ada didalam firman Allah berikut yg artinya :

" Janganlah kamu bersikap lemah , dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yg paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yg beriman " QS. Ali-Imran (3);139

"Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yg ragu " QS Al-Baqarah (2);147

d). Konsisten dan menepati janji

Menepati janji berarti berusaha untuk memenuhi semua yg telah dijanjikan kepada seseorang dimasa yg akan datang. Allah SWT pernah berfirman yg artinya :

" Dan penuhilah janji, sesungguhnya janji itu pasti dimintai pertanggungjawabannya " QS Al-Isra' ; 34

Allah juga berfirman yg artinya :

" Dan tepatilah perjanjian dengan Allah apabila kamu berjanji dan janganlah kamu membatalkan sumpah-sumpah itu setelah meneguhkannya " QS An-Nahl ; 91

Demikian perintah dari Allah kepada para umatNya untuk senantiasa menjaga dan menepati janjinya.

e). Tidak sombong

Sombong merupakan penyakit hati yg mana pengidapnya merasa bangga, memandang tinggi atas dirinya sendiri dan menganggap bahwa orang lain jauh dibawahnya. Allah SWT pernah berfirman yg artinya ;

" Dan janganlah engkau berjalan dibumi dengan berlagak sombong, karna sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi, dan engkau tidak dapat menyamai setinggi gunung-gunung " QS Al-Israa' ayat 37

Allah SWT juga pernah berfirman yg artinya ;

" Sesungguhnya orang-orang yg menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka jahannam dalam keadaan hina " QS Luqman ayat 60.

NB: Alangkah lebih baiknya ayat-ayat Al-Qur'an yang ada pada jawaban, ditulis ayat dan terjemahannya.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Jelaskan Ciri-Ciri Keimanan dan Dilengkapi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur'an Yang Sesuai", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain