IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bela Negara Yang Seperti Apakah Yang Paling Tepat Dilakukan Oleh Mahasiswa dan Kalangan Terpelajar Lainnya di Indonesia?

Bela Negara Yang Seperti Apakah Yang Paling Tepat Dilakukan Oleh Mahasiswa dan Kalangan Terpelajar Lainnya di Indonesia?

Halooo semua, bagaimana kabar kalian? Semoga dalam keadaan yang sehat yaa...

Kesempatan kali ini saya akan membahas dan memberikan jawaban tentang persoalan "Bela Negara Yang Seperti Apakah Yang Paling Tepat Dilakukan Oleh Mahasiswa dan Kalangan Terpelajar Lainnya di Indonesia?".

Disini akan saya berikan beberapa opsi jawaban, silahkan gunakan sebagai referensi dalam menjawab persoalan yang mirip. Jawaban disini murni pendapat pribadi dari beberapa orang. Bagi kalian yang membutuhkan langsung saja simak jawabannya dibawah ini ya 😄

Soal

Ketahanan Nasional adalah kondisi dinamis negara Indonesia yang berupa keuletan dan ketangguhan bangsa dan negara di dalam mengatasi berbagai macam hambatan, tantangan, ancaman, dan gangguan, baik yang berasal dari dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri. 

Salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan nasional tersebut adalah dengan melakukan bela negara. Di beberapa negara lain, upaya bela negara salah satunya diwujudkan dalam bentuk aktivitas wajib militer bagi setiap warga negara. Menurut pendapat Anda, bela negara yang seperti apakah yang paling tepat dilakukan oleh mahasiswa dan kalangan terpelajar lainnya di Indonesia?

Jawaban Pertama

Sebagai generasi muda Indonesia,dalam upaya bela negara,mahasiswa diharapkan dapat ikut ambil bagian dalam memerangi korupsi di lingkungan kampus,menolak keterlibatan dalam paham-paham radikalisme dan ikut serta melakukancounter narasi terhadap paham-paham radikal,ujaran kebencian dan narasi-narasi yang memecah belah bangsa.

Dalam pelaksanaannya Bela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi sebagai mahasiswa kita bisa melakukan bela negara dengan cara lain seperti belajar dengan rajin,tidak menyebarkan berita Hoax dan ujaran kebencian,hidup bertoleransi,melestarikan budaya,memakai produk Indonesia,berprestasi mengharumkan nama bangsa di dunia internasional,menjaga nama baik bangsa dan negara.

Kita sebagai mahasiswa tidak boleh acuh terhadap perkembangan pemerintahan yang ada di negara kita.Kesalahan-kesalahan atas kebijakan yang dilakukan dengan penguasa harus dikiritik.Mahasiswa harus menjadi generasi yang cerdas dan tidak diam begitu saja ketika masyarakatnya bergeming.Sebagai mahasiswa kita harus berada di garda terdepan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Sebagai mahasiswa juga kita harus memikirkan bagaimana caranya untuk mengembalikan dan mengubah kondisi negara kita ini agar menjadi negara yang ideal dan mampu bersaing dengan negara maju yang ada di seluruh dunia.Perubahan tersebut sangat diperlukan untuk tercapainya sebuah negara yang ideal,namun,dalam pelaksanaannya nanti tidak menghilangkan jati diri sebagai mahasiswa dan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang sopan,ramah,bermoral dan memiliki akhlak mulia.

Supaya semua hal itu terwujud,peran mahasiswa sangat-sangat penting adanya,terlebih sebagai agent of change untuk membuat bangsa dan negara kita menjadi bangsa yang kuat dan mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya.Maka dari itu,intinya mahasiswa harus memiliki sikap kritis terhadap dinamika pemerintahan,apabila terjadi kesalahan dalam pemerintah,mahasiwa harus berani untuk mengkritik dan memberikan saran untuk yang lebih baik.Mahasiswa harus menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas sehingga dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Jawaban Kedua

Menurut Pendapat saya, bela negara paling tepat dilakukan oleh mahasiswa atau kalangan terpelajar lainnya adalah dengan menjadi berprestasi di bidang akademik ataupun non akademik sesuai dengan bakat ,minat dan kemampuan masing-masing.

Mahasiswa adalah penerus generasi bangsa harus mampu menjadikan dirinya sebagai pemimpin bangsa di masa di depan yang mengetahui betul segala kekurangan, kelebihan dan potensi yang dimiliki negara nya. Mahasiswa juga harus bisa menjadi agent of change dengan segala sumbang sih pemikiran-pemikirannya sebagai salah satu bentuk dari bela negara.

Jawaban Ketiga

Dalam pelaksanaannya, Bela negara tidak selalu harus dalam wujud militer atau perang. Tetapi sebagai mahasiswa dan pelajar kita bisa melakukan bela negara dengan cara lain seperti belajar dengan giat, tidak menyebarkan berita hoax dan ujaran kebencian, hidup bertoleransi, melestarikan budaya, memakai produk dalam negeri, serta berprestasi mengharumkan nama bangsa di Dunia dan senantiasa menjaga nama baik bangsa dan negara.

Pelajar juga bisa melakukan upaya bela negara dengan mengikuti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, yang diselenggarakan di setiap sekolah. Hal ini tercantum dalam Pasal 9 ayat (2) Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara.
Sebagai mahasiswa dan pelajar, menaati peraturan dan tata tertib dimanapun kita berada juga merupakan bagian dari upaya bela negara.

Jawaban Keempat

Bela Negara bagi mahasiswa dan kalangan terpelajar merupakan suatu tuntutan. Mahasiswa dan kalangan terpelajar harus bisa mengendalikan apa yang terjadi dilingkungan sekitarnya dan bisa merubah kondisi yang kurang baik menjadi lebih, dan kondisi yang lebih baik menjadi lebih baik lagi.

Menurut pendapat saya, bela negara yang tepat dilakukan oleh mahasiswa dan kalangan terpelajar di Indonesia adalah bela negara secara nonfisik atau nonmiliter.

Bisa saja mahasiswa atau kalangan terpelajar Indonesia ikut serta bela negara secara fisik atau militeristik, hanya saja kondisinya tak sesuai dengan status yang dipegangnya saat ini. Jika ingin mengikuti beka negara secara fisik, mahasiswa atau kalangan terpelajar Indonesia dapat dilakukan dengan menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pelatihan Dasar Kemiliteran.

Sesuai dengan statusnya saat ini sebagai mahasiswa dan kalangan terpelajar, maka bela negara secara nonfisik atau nonmiliter adalah bela negara yang tepat dan dapat dilakukan.

Bela negara secara nonfisik atau nonmiliter bagi para mahasiswa dan kalangan terpelajar dapat dilakukan dengan berbagai cara, yakni:

- Rela berkorban untuk nusa dan bangsa,
- Kesadaran berbangsa dan bernegara,
- Cinta tanah air,
- Melestarikan budaya,
- Belajar untuk menjadi pintar, dan
- Ikut serta dalam perlombaan internasional untuk mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Jawaban Kelima

Bela negara diartikan sebagai sikap dan tindakan warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang menjamin hidup bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dalam pelaksanaanya, warga negara wajib mengikuti usaha bela negara yang diatur dalam UUD 1945 Pasal 30. Wujud bela negara secara militer, merupakan usaha bela negara untuk mempertahankan dan menghadapi ancaman militer, salah satunya kita bisa menjadi anggota TNI. Adapun wujud bela negara secara non militer, merupakan usaha bela negara untuk dapat memajukan bangsa negara baik melalui pendidikan, moral, sosial dan memajukan kesejahteraan bangsa.

Sebagai warga negara Indonesia, mahasiswa dapat melakukan usaha bela negara dengan mencintai tanah air, menghasilkan berbagai prestasi yang membanggakan, mengikuti perlombaan internasional untuk mengharumkan bangsa dan negara, mempelajari sejarah perjuangan pahlawan, menjaga budaya daerah agar tidak memudar, mematuhi hukum yang berlaku dan jika ingin melakukan bela negara secara militer dapat dilakukan dengan menjadi anggota TNI.

Jawaban Keenam

Menurut saya bahwa Pentingnya Peran Mahasiswa dalam Bela Negara dalam rangka menjadikan manusia Indonesia khususnya mahasiswa yang terlibat dalam upaya bela negara, maka perlu dilaksanakan pembinaan kesadaran bela negara.

Mahasiswa sebagai agent of change dan social control. Agent of change yaitu suatu tindakan yang membawa suatu keadaan dari kondisi yang kurang baik ke kondisi yang lebih baik, dan yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. “Selalu dari pemikiran mahasiswa harus ada pemikiran hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari besok harus lebih baik dari hari ini. pemikiran-pemikiran yang individualisme dari mahasiswa seharusnya dibuang dan beralih pada pemikiran sosial dengan mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu peran mahasiswa dalam bela negara adalah bagian dari menjaga ketahanan nasional bahwa mahasiswa seharusnya berpikir untuk mengembalikan dan mengubah kondisi negara ini menjadi negara ideal dan mampu bersaing. lima nilai dasar dari bela negara yaitu cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara baik psikis maupun fisik. bela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa dengan cara lain seperti belajar dengan rajin, tidak menyebarkan berita Hoax dan ujaran kebencian, hidup bertoleransi, melestarikan budaya, memakai produk Indonesia, berprestasi mengharumkan nama bangsa di dunia internasional, menjaga nama baik bangsa dan negara.

Mahasiswa seharusnya berfikir untuk mengembalikan dan mengubah kondisi negara kita ini menjadi negara ideal dan mampu bersaing. Perubahan sangat diperlukan untuk tercapainya keidealismean di di dunia ini, namun, dengan tidak menghilangkan jati diri sebagai mahasiswa dan Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang sopan, ramah, bermoral dan memiliki akhlak yang mulia.

Mahasiswa tidak boleh acuh terhadap perkembangan dinamika kepemerintahan yang sedang berjalan. Kesalahan-kesalahan atas kebijakan yang dilakukan penguasa harus dikritik. Mahasiswa harus menjadi generasi yang cerdas dan tidak diam begitu saja ketika masyarakatnya bergeming. Mahasiswa harus berada di garda terdepan dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Akhir Kata

Demikianlah jawaban mengenai persoalan "Bela Negara Yang Seperti Apakah Yang Paling Tepat Dilakukan Oleh Mahasiswa dan Kalangan Terpelajar Lainnya di Indonesia?", semoga jawaban ini bermanfaat dan membantu untuk yang membutuhkannya. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com

Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain