Kunci Jawaban Exam Skill Academy Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data

Kunci Jawaban Exam Skill Academy Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data - Selamat bagi kamu semua yang sudah lulus dalam seleksi Program Kartu Prakerja 2021. Pasti kamu saat sini sedang mencari kunci jawaban dari kelas yang diikuti bukan? Agar insentif nya segera cair hehehe.

Kunci Jawaban Exam Skill Academy Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data. Langsung saja simak soal dan kunci jawabannya dibawah ini ya.

For your information: Saya mendapatkan Kunci Jawaban ini dari sumber terpercaya 

Kunci Jawaban Exam Skill Academy Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data


Mid Test 1 - Pengenalan Pembelajaran

1. Tahapan dalam belajar merancang produk yang dicintai oleh pengguna dimulai dengan menemukan solusi dari sebuah permasalahan.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: B 

2. Data Powered Design adalah teknik merancang produk sesuai kebutuhan pengguna yang berbasis...

a. Design
b. Planning
c. Power
d. Data
e. Testing

Jawaban Benar: D 

3. Ketika seseorang mengumpulkan data dari berbagai sumber lalu mengaitkan antara data yang satu dengan lainnya hingga terbentuk sebuah cerita sampai tercipta sebuah goals bisnis, maka mindset penggunaan data yang digunakan adalah...

a. Data driven design
b. Data informed design
c. Data Inspired design
d. Data decision design
e. Data performed design

Jawaban Benar: C 

4. Pada tahapan akhir dalam merancang produk yang dicintai oleh pengguna, kita perlu melakukan uji coba prototype kepada pengguna, sehingga kita bisa memastikan bahwa solusi yang kita rancang benar-benar berhasil.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: A 

5. Hal yang harus dilakukan ketika merancang suatu produk agar tepat guna adalah....

a. Belajar dari produk terdahulu yang sudah ada
b. Mengumpulkan modal usaha
c. Melakukan riset kebutuhan calon pengguna produk
d. Mencari partner yang bisa merakit produk bersama
e. Membuat karya tulis ilmiah tentang produk

Jawaban Benar: C 

Mid Test 2 - Data & Desain

1. Tahapan dalam design thinking yang merupakan fase dimana secara bersama-sama membuat ide untuk memecahkan masalah pengguna adalah define.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: B 

2. Dalam menentukan goals produk bisnis yang Prita ingin kembangkan, la mengumpulkan data dari berbagai sumber lalu mengaitkannya antara data yang satu dengan lainnya hingga terbentuk sebuah cerita sampai tercipta sebuah goals.
Maka mindset penggunaan data yang digunakan oleh Prita adalah...

a. Data driven design
b. Data informed design
c. Data Inspired design
d. Data decision design
e. Data performed design

Jawaban Benar: C 

3. Prita sudah menentukan solusi dari permasalahan yang dialami oleh penggunanya. Jika prita ingin membuat produk sebagai perwujudan solusi yang ia rancang. Maka tahapan selanjutnya yang harus dilakukan oleh Prita sesuai design thinking adalah...

a. Empathise
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test

Jawaban Benar: A 

4. Prita berencana membuka sebuah bisnis di bidang kesehatan, namun dia tidak mengetahui masalah apa yang dialami oleh calon pelanggannya untuk dapat diselesaikan dengan produk bisnis ia nantinya.
Maka tahap design thinking dalam merancang produk yang perlu dilakukan Prita adalah...

a. Empathise
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test

Jawaban Benar: A 

5. Dalam mindset data informed design, data bertindak untuk memeriksa dan memvalidasi suatu intuisi atau hipotesis.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: A 

Mid Test 3 - Determine Problem

1. Self assumption merupakan salah satu teknik pengambilan data untuk menemukan problem.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: B 

2. Kamal melihat adanya penurunan penjualan selama 3 bulan terakhir pada bisnis sepatunya. Dan setelah ia mencari permasalahannya, kamal menemukan masalah pelanggan yang tidak mau memesan lagi karena terlambat menerima pesanannya.
Maka perumusan masalah yang baik dari permasalahan kamal di atas adalah...

a. Apa yang membuat terjadinya penurunan penjualan?
b. Dimana terjadi penurunan penjualan
c. Mengapa terjadi penurunan penjualan?
d. Bagaimana cara kita meningkatkan penjualan?
e. Bagaimana cara kita mempercepat proses distribusi sepatu kepada pelanggan?

Jawaban Benar: E 

3. Perhatikan beberapa hal berikut!

1. High value & low effort
2. High value & high effort
3. Low value & low effort
4. Low value & high effort

Urutan prioritas penyelesaian problem statements dan goals yang benar adalah...

a. 1-2-3-4
b. 1-2-4-3
c. 1-3-2-4
d. 1-3-4-2
e. 1-4-2-3

Jawaban Benar: A 

4. Kamal ditugaskan oleh atasannya untuk mengetahui masalah yang dialami oleh usernya secara mendalam.
Maka teknik pengambilan data yang sebaiknya dilakukan oleh Kamal adalah...

a. User interview
b. Observasi
c. Survey
d. Online research
e. Asumsi pribadi

Jawaban Benar: A 

5. Setelah memiliki banyak data terkait permasalahan dan harapan pengguna, haruslah dilakukan validasi data.
Pentingnya validasi data adalah...

a. Memastikan kebenaran data
b. Memperbanyak data
c. Mengurangi jumlah data
d. Agar data tidak bias
e. Agar data berdistribusi normal

Jawaban Benar: A 

Mid Test 4 - Determine Solution 

1. Tahap pertama membangun prototype adalah membangun low fidelity prototype.
Pernyataan diatas merupakan pernyataan yang...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: B 

2. Tujuan dari fase ideation pada tahap merancang solusi adalah...

a. Menemukan ide yang paling benar
b. Mengeksplorasi ide yang paling brilian
c. Mengeksplorasi ide sebanyak-banyaknya
d. Mengukur kemampuan tim untuk mengeluarkan ide
e. Mengambil ide dari bisnis sejenis

Jawaban Benar: C 

1) Eksplorasi ide
2) Berkolaborasi untuk memperkaya perspektif
3) Sesi presentasi
4) Menggabungkan ide-ide yang relevan
5) Memprioritaskan ide-ide yang akan diterapkan

3. Urutan langkah-langkah ideation!

a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 1, 2, 4, 3, 5
c. 2, 1, 3, 4, 5
d. 2, 1, 4, 3, 5
e. 3, 1, 4, 2, 5 

Jawaban Benar: A 

4. Kamal tengah mencari solusi dari permasalahan penurunan penjualan yang diakibatkan oleh lambatnya proses distribusi sepatu ke pelanggan.
Maka hal pertama yang seharusnya dilakukan oleh kamal adalah?

a. Menambah pekerja di tim distribusi.
b. Menambah pekerja di tim produksi.
c. Mengumpulkan tim terkait dan beberapa perwakilan pelanggan
d. Mencari solusi sendiri
e. Memecat tim distribusi yang lambat


Jawaban Benar: C 

5. Salah satu mindset yang harus digunakan dalam membangun prototype adalah...

a. Quick and expensive
b. Quick and cheap
c. Detail and cheap
d. Detail and expensive
e. Fast and expensive

Mid Test 5 - Testing and Validation

1. Perhatikan hipotesis berikut!
Dengan menambahkan layanan order via app, maka kita bisa mengurangi waktu antri pelanggan.
"Layanan order via app" pada hipotesis tersebut termasuk dalam variabel...

a. Dependen
b. Independen
c. Terikat
d. Moderator
e. Output

Jawaban Benar: B 

2. Dinda saat ini sedang merancang aplikasi pemesanan tempat wedding berbasis protokol Covid-19. Dan ia hanya menggambar model dan fitur-fitur aplikasinya tersebut terlebih dahulu pada sebuah kertas. Kemudian, ia meminta respon kepada teman-temannya yang akan menikah dengan mengirimkan rancangannya melalui email.
Maka mindset perancangan prototype yang dilakukan oleh Dinda adalah...

a. Quick
b. Cheap
c. Expensive
d. Quick & expensive
e. Quick & Cheap 

3. Langkah awal dalam melakukan uji coba prototype adalah...

a. Membuat hipotesis
b. Merancang cara kerja
c. Merancang bentuk analisis data
d. Menentukan metode uji coba
e. Menentukan variabel pengukuran

4. Saat menguji coba prototype kepada user, kita harus leading dan mengarahkan pengguna agar sesuai dengan hasil yang kita harapkan.
Pernyataan di atas merupakan pernyataan yang....

a. Benar
b. Salah

5. Dibawah ini yang merupakan metode uji coba yang menguji beberapa varian prototype untuk menilai yang paling berhasil adalah...

a. Scenario-based usability testing
b. User interview
c. A/B testing
d. Focus group discussion
e. Survey

Mid Test 6 - Implementation and Monitoring

1. Apabila uji coba prototype tidak berhasil, maka kita dapat mundur satu langkah untuk me-reframe solusi, problem, bahkan goals yang kita tetapkan.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: A 

2. Dalam memonitor solusi yang telah diterapkan, kita harus menetapkan ukuran yang menjadi indikator bahwa solusi yang diberikan berhasil. Indikator ini biasa juga disebut dengan...

a. Measure metrics
b. Success metrics
c. Monitoring metrics
d. Solution metrics
e. Success criteria

Jawaban Benar: B 

3. Dalam memonitor atau memantau solusi yang telah kita terapkan, kita hanya perlu melihat datanya secara
kuantitatif, hingga menemukan issue.
Pernyataan tersebut adalah ...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: B 

4. Dinda membuat hipotesis uji coba pada perancangan aplikasinya sebagai sebagai berikut:
"Dengan menambahkan fitur memasukkan kode diskon maka akan meningkatkan jumlah checkout pemesanan pada aplikasi"
Bagian yang bold pada hipotesis diatas merupakan variabel...

a. Dependen
b. Independen
c. Terikat
d. Output
e. Konsekuen

Jawaban Benar: B 

5. Ketika Dinda menguji coba aplikasi pemesanan tempat wedding yang ia rancang kepada user, la mendapat keluhan bahwa pada aplikasinya sering keluar dengan sendirinya pada handphone.
Maka hal yang sebaiknya dilakukan oleh dinda adalah?

a. Melanjutkan go live aplikasi
b. Mengganti dengan aplikasi yang lain
c. Me-reframe solusi, problem, dan goals
d. Melakukan uji coba ulang dan memperbaiki bugs
e. Menyalahkan tim atas tidak berhasilnya aplikasi

Jawaban Benar: D 

Mid Test 7 - Summary

1. Tahap design thinking dalam merancang produk dimana kita memahami pengguna dengan mengumpulkan data sebanyak
mungkin dari pengguna adalah...

a. Empathise
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test

Jawaban Benar: A 

2. Jika solusi yang sudah dirancang tidak berhasil menyelesaikan problem, apa yang sebaiknya dilakukan?

a. Melanjutkan go live produk
b. Mengganti dengan solusi yang lain
c. Me-reframe solusi, problem, dan goals
d. Melakukan uji coba ulang solusi
e. Menyalahkan tim atas tidak berhasilnya solusi

Jawaban Benar: C 

3. Membuat prototype merupakan tahap terakhir dalam merancang produk yang dicintai pengguna.
Pernyataan tersebut adalah...

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: B 

4. Setelah memiliki ide, langkah selanjutnya adalah pembuatan prototype. Mindset yang harus dimiliki dalam pembuatan prototype adalah...

a. Fast and cheap
b. Quick and expensive
c. Fast and controlled
d. Quick and cheap
e. Fast and expensive

Jawaban Benar: D 

5. Memiliki bisnis yang berhasil yang berhasil dan produk yang dicintai oleh pengguna memerlukan proses berkelanjutan dalam mempelajari dan memahami kebutuhan yang diinginkan pengguna.
Pernyataan tersebut adalah ....

a. Benar
b. Salah

Jawaban Benar: A 

Post Exam - Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data:

1. Tahapan dalam design thinking yang merupakan fase dimana secara bersama-sama membuat ide untuk memecahkan masalah pengguna, adalah....

a. Empathise
b. Define
c. Ideate
d. Prototype
e. Test

Jawaban Benar: C

2. Data bertindak sebagai pengambil keputusan utama dalam proses desain, merupakan mindset?

a. Data driven design
b. Data informed design
c. Data Inspired design
d. Data decision design
e. Data performed design

Jawaban Benar:  A

3. Dibawah ini yang tidak termasuk metode pengumpulan data untuk menemukan problem adalah....

a. User interview
b. Observasi
c. Survey
d. Donline research
e. Asumsi pribadi

Jawaban Benar: E

4. Tujuan melakukan validasi problem adalah....

a. Menemukan problem yang lebih luas
b. Mempersempit data yang diperoleh
c. Mengetahui root cause dan impact-nya
d. Menemukan solusi dari permasalahan
e. Memastikan kebenaran asumsi

Jawaban Benar: C

5. Prioritas utama dalam memilih problem yang ingin dipecahkan adalah problem yang bersifat....

a. High value - high effort
b. High value - low effort
c. Low value - high effort
d. High effort - low value
e. Low effort - high value

Jawaban Benar: B

6. Perhatikan gambar dibawah !



Gambar diatas merupakan salah satu metode eksplorasi solusi yang bernama...

a. Mind mapping
b. Brainstorming
c. Crazy eight
d. Paper ideation
e. Image ideation

Jawaban Benar: C

7. Perhatikan hipotesis berikut!

"Dengan menambahkan layanan order via app maka kita bisa mengurangi waktu antri pelanggan"

Bagian yang highlight pada hipotesis diatas merupakan variabel....

a. Dependen
b. Independen
c. Terikat
d. Output
e. Konsekuen

Jawaban Benar: B

8. Mindset yang perlu digunakan ketika membangun solusi menjadi prototype adalah....

a. Quick
b. Cheap
c. Expensive
d. Quick & expensive
e. Quick & cheap

Jawaban Benar: E

9. Dibawah ini yang merupakan metode uji coba yang menguji beberapa varian prototype untuk menilai yang paling berhasil adalah....

a. Scenario-based usability testing
b. User interview
c. A/B testing
d. Focus group discussion
e. Survey

Jawaban Benar: C

10. Hal terpenting yang perlu diperhatikan agar data yang diperoleh valid dan representatif jika menggunakan metode kuantitatif saat mengukur hasil uji coba prototype adalah...

a. Jumlah sampel uji coba
b. Kehidupan pribadi sampel
c. Waktu pengambilan data
d. Suasana hati sampel
e. Jarak rumah antar sampel yg diambil

Jawaban Benar: A

11. Apa yang sebaiknya dilakukan jika solusi yang sudah dirancang tidak berhasil menyelesaikan problem?

a. Melanjutkan go live produk
b. Mengganti dengan solusi yang lain
c. Me-reframe solusi, problem, dan goals
d. Melakukan uji coba ulang solusi
e. Menyalahkan tim atas tidak berhasilnya solusi

Jawaban: C

12. Dalam memonitor solusi yang telah diterapkan, kita harus menetapkan ukuran yang menjadi indikator bahwa solusi yang diberikan berhasil. Indikator ini biasa juga disebut dengan....

a. Measure metric
b. Success metrics
c. Monitoring metrics
d. Solution metrics
e. Success criteria

Jawaban Benar: B

13. Setelah memiliki banyak data terkait permasalahan dan harapan pengguna, maka hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah...

a. Memperbanyak data
b. Mengurangi jumlah data
c. Mereduksi data
d. Memastikan kebenaran data
e. Mengambil kesimpulan

Jawaban Benar: D 

14. Data bertindak sebagai pengambil keputusan utama dalam proses desain, merupakan mindset?

a. Data driven design
b. Data informed design
c. Data Inspired design
d. Data decision design
e. Data performed design

Jawaban Benar: B  

15. Hal pertama yang dipelajari dalam kelas ini adalah...

a. Cara menemukan problem dan goals
b. Cara melakukan validasi data
c. Menemukan solusi dari sebuah permasalahan
d. Merancang & menguji coba prototype
e. Mengenal data dan design

Jawaban Benar: E  

16. Dibawah ini hal yang sebaiknya tidak dilakukan saat menjalankan ujicoba prototype adalah...

a. Menyampaikan kepada pengguna bahwa yang diuji adalah prototype nya, bukan pengguna-nya
b. Menyampaikan bahwa kita hanya penguji-coba prototype, bukan pembuatnya
c. Meminta pengguna untuk bersuara dan mengutarakan pendapatnya saat mencoba prototype kita
d. Mengarahkan atau leading pengguna saat mencoba prototype kita
e. Melakukan debrief atau refleksi pengalaman pengguna setelah uji coba selesai

Jawaban Benar: D 

17. Perhatikan urutan berikut!

1. Prototype
2. Empathise
3. Ideate
4. Define
5. Test

Tahapan design thinking yang benar adalah...

a. 1-2-3-4-5
b. 2-3-4-1-5
c. 2-4-3-1-5
d. 3-2-1-4-5
e. 3-4-2-1-5

Jawaban Benar: C 

18. Ketika Dinda menguji coba aplikasi pemesanan tempat wedding yang ia rancang kepada user, la
mendapat keluhan bahwa pada aplikasinya sering keluar dengan sendirinya pada handphone.
Maka hal yang sebaiknya dilakukan oleh dinda adalah...

a. Melanjutkan go live aplikasi
b. Melakukan uji coba ulang dan memperbaiki bugs
c. Mengganti dengan aplikasi yang lain
d. Me-reframe solusi, problem, dan goals
e. Menyalahkan tim atas tidakberhasilnya aplikasi 

Jawaban Benar: B 

19. Yang membuat penurunan penjualan pada semua tenant coffee shop-nya, yakni kurangnya variasi kopi yang dijual membuat pelanggan cepat bosan dan menginginkan menu yang lebih bervariasi serta kekinian yakni kopi boba.
Maka hal yang dapat dilakukan Brian untuk memvalidasi problem tersebut adalah...

a. Langsung menjual kopi boba di semua tenant
b. Mencari berbagai supplier bahan boba
c. Mencoba memasang menu kopi boba pada salah satu tenant 
d. Mencoba memasang menu kopi boba pada setengah dari jumlah tenant
e. Menanyakan kembali ke pengunjung apakah mereka menginginkan kopi boba

Jawaban Benar: D 

20. Setelah membuat prototype dalam bentuk wireframe pada produk yang cukup kompleks, maka tahapan yang selanjutnya dilakukan adalah...

a. Membuat prototype dalam bentuk fisik
b. Membuat produk dalam bentuk fisik
c. Menguji wireframe-nya ke user
d. Melakukan pemberian warna, animasi dan interaksi
e. Membuat wireframe pembanding

Jawaban Benar: A 

21. Langkah pertama dalam proses merancang uji coba prototype adalah...

a. Menentukan metode uji coba
b. Menentukan apa yang akan diukur
c. Membuat hipotesis pengujian
d. Membuat problem statement
e. Membuat Goals pengujian

Jawaban Benar: C 

22. Salah satu alasan taksi konvensional mulai ditinggalkan oleh pengguna adalah...

a. Pengguna ingin mendapatkan transportasi yang menjangkaunya dengan cepat
b. Pengguna ingin taksi yang lebih modern
c. Pengguna lebih suka jalan kaki
d. Pengguna lebih suka menggunakan transportasi umum
e. Taksi konvensional yang relatif mahal

Jawaban Benar: A 

23. Brian membuat aplikasi pemesanan kopi untuk coffee shop nya agar pelanggan tidak lama antri di kasir. Dan adapun hasil pengujiannya adalah dari 200 orang yang menjadi subjek uji coba, didapatkan data 40 orang yang menunggu 4 menit, 30 orang menunggu 10 menit, 50 orang menunggu 1 menit, dan 80 orang menunggu selama 5 menit.
Berdasarkan kasus diatas, Brian melakukan uji coba dengan metode...

a. Kuantitatif
b. Kualitatif
c. Behavioral
d. Longitudinal
e. Konditional 

Jawaban Benar: A 

24. Untuk membuat prototype pada produk digital, kita bisa menggambarkan tampilannya secara hitam putih yang biasa disebut...

a. Wireframe
b. Command prompt
c. QR code
d. BlackWhite screen
e. QR frame

Jawaban Benar: A 

25. Perhatikan langkah-langkah berikut!

1. Eksplorasi ide
2. Berkolaborasi untuk memperkaya perspektif
3. Sesi presentasi
4. Menggabungkan ide-ide yang relevan
5. Memprioritaskan ide-ide yang akan diterapkan

Urutan langkah-langkah ideation yang benar adalah...

a. 1, 2, 3, 4, 5
b. 1, 2, 4, 3, 5
c. 2, 1, 3, 4, 5
d. 2, 1, 4, 5, 3

Jawaban Benar: A 

26. Hal terpenting yang perlu diperhatikan agar data yang diperoleh valid dan representatifjika menggunakan metode
kuantitatif saat mengukur hasil uji coba prototype adalah...

a. Jumlah sampel uji coba
b. Kehidupan pribadi sampel
c. Waktu pengambilan data
d. Suasana hati sampel
e. Jarak rumah antar sampel yg diambil

Jawaban Benar: A 

27. Mindset yang perlu digunakan ketika membangun solusi menjadi prototype adalah...

a. Quick
b. Cheap
c. Expensive
d. Quick & expensive
e. Quick & cheap

Jawaban Benar: E 

Akhir Kata

Itulah dia Kunci Jawaban Exam Skill Academy Kunci Jawaban Exam Skill Academy Merancang Produk yang Dicintai Pengguna berdasarkan Data.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan bermanfaat.

Terimakasih telah berkunjung di Fivser.com