Soal Latihan Basis Data Stored Procedure dan Function Beserta Jawabannya

Halo, kali ini saya akan memberikan soal latihan mengenai procedure dan function didalam basis data beserta jawabannya.

Sebelum membahas soal dan jawabannya. Lebih baik kita mengetahui istilah dari procedure dan function terlebih dahulu.



Stored procedure adalah salah satu objek routine yang tersimpan pada database MySQL dan dapat digunakan untuk menggantikan berbagai kumpulan perintah yang sering kita gunakan, seperti misalkan sejumlah row ke table lain dengan filter tertentu.

Function merupakan fasilitas yang disediakan oleh database secara umum untuk memanipulasi data yang kompleks. Dengan adanya fungsi memungkinkan kita memanfaatkan server untuk melakukan pemrosesan dimana data langsung diproses di dalam server.

Berikut adalah contoh soal latihan basis data mengenai stored procedure dan function beserta jawabannya:



Buat Tabel Siswa
Tabel Data Siswa

Tabel Nilai Siswa:

Tabel Nilai Siswa

Soal Latihan Basis Data Stored Procedure dan Function


Berdasarkan tabel “datasiswa” dan “nilaisiswa” diatas maka:

1. Buatlah sebuah procedure dengan nama “getSiswaByBorn” yang digunakan menampilkan data siswa pada tabel “datasiswa” berdasarkan kriteria input tempat lahir!

2. Buatlah sebuah function dengan nama “getJmlByGender” untuk menghitung jumlah siswa pada tabel “datasiswa” berdasarkan kriteria input gender!

3. Buatlah procedure “isiNilaiSiswa” yang digunakan untuk mempermudah pengisian data pada tabel “nilaisiswa”!

4. Buatlah tabel baru dengan nama “SiswaKeluar” yang terdiri dari kolom nis dan tgl_hapus, dimana fungsinya adalah mencatat data siswa yang dihapus dari tabel “datasiswa”, kemudian buatlah trigger untuk menjalankan fungsi tersebut!

5. Buatlah procedure “validSiswa” yang terdapat fungsi transaction untuk commit dan rollback dari pengisian data untuk tabel “nilaisiswa” !

6. Buatlah sebuah function dengan nama “getJmlByGender” untuk menghitung jumlah siswa pada tabel “datasiswa” berdasarkan kriteria input gender!

7. Buatlah tabel baru dengan nama “SiswaKeluar” yang terdiri dari kolom nis dan tgl_hapus, dimana fungsinya adalah mencatat data siswa yang dihapus dari tabel “datasiswa”, kemudian buatlah trigger untuk menjalankan fungsi tersebut!

Jawaban: 

1. 




2.




3.






4.




5.





6.



7.



Akhir Kata

Itulah dia contoh soal latihan basis data mengenai stored procedure dan function. semoga artikel ini bermanfaat dan membantu.

Terimakasih telah berkunjung, nantikan artikel terbaru lainnya dari Fivser.com
Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain