Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja [2021]

Kalian sudah pada tahu dong, bahwasannya saat ini lagi dibuka program Kartu Prakerja oleh pemerintah kita.

Sebenarnya apasih Kartu Prakerja itu?
Jika kalian belum mengetahuinya kalian bisa baca tulisan dibawah ini.


Apa itu Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya
yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya.

Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta.

Untuk Siapa Kartu Prakerja Ini?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar.

Apakah Pendaftaran Kartu ini mempunyai Tes?

Ya, Program ini memiliki Tes. Tes Tersebut dinamakan 
Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar
 
Soal Tes terdiri dari soal matematika dan tes motivasi. Disini akan saya berikan beberapa contoh dari Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar dari Kartu Prakerja ini. 

Contoh Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Soal Kemampuan Dasar

1. 2 + 7 = .....

2. [34 - (-10) + (-35)] - [-5 + 12 - (-9)] = ...

3. [24 + 10 - 15] - [5+13] = ...

4. 7/9 - 2/9 = ...

5. 4/5 - 3/5 = ...

6. Sendi membeli tiga nasi bungkus yang masing-masing harganya adalah Rp. 20.000, dan rempeyek lima buah yang masing-masih harganya Rp. 5.000, Jika Uang Sendi Rp.100.000, berapa uang kembalian Sendi? ...

7. Ibu Harma membeli Handphone seharga Rp.2.000.000,00. Kemudian dia menjual handphone 20% dari harga beli. Harga penjualan Handphone Ibu Harma adalah...

8. [24 - (-10) + (-35)] - [-5 + 12 - (-9)] = ...

9. Harga Baju di Toko Maju, masing-masing adalah Rp.80.000, dan 100.000. Jika andi ingin membeli tiga baju dan satu celana, berapa harga yang harus dibayarnya...

10. 8 + 1 = .....

11. Seorang pedagang buah membeli satu peti mangga dengan harga Rp. 500.000 Mangga tersebut akan dijual kembali dengan keuntungan 20%. Berapakah harga jual mangga tersebut?

12. 3/2 + 5/2 = ...

13. 4 + 5 x 3 = ....

14. 1/3 - 1/6 = ....

15. 49 - 23 = ....

16. Budi membeli minuman dingin dengan harga Rp. 5.000 per botol. Minuman tersebut kembali budi jual di kios miliknya dengan keuntungan 15%. Harga penjualan 100 botol minuman adalah...

17. Ibu memiliki uang Rp. 150.000, Sebagian dari uang tersebut digunakan untuk berbelanja dan sisanya ditabung. Bagian dari uang belanja tersebut dibuat untuk membeli sepatu seharga Rp. 50.000 dan membeli dua buku yang masing-masing harganya Rp. 30.000. Sisanya uang belanja ibu sekaranga adalah...

Juga terdapat soal-soal membaca Grafik. 

Soal Tes Motivasi

1. Berapa jam kira-kira anda akan alokasikan waktu untuk mengikuti pelatihan online dalam Kartu Prakerja?

2. Seberapa setuju/tidak setujukah anda dengan pernyataan berikut. Kegagalan yang pernah saya alami di masa lalu adalah karena saya kurang berbakat. (Jawab dengan: Setuju/Tidak Setuju/Sanga Tidak Setuju, Sangat Setuju, Normal).

3. Seberapa setuju/tidak setujukah anda dengan pernyataan berikut.Saya merasa minder/rendah diri pada saat orang lain bisa melakukan sesuatu lebih baik dari saya. (Jawab dengan: Setuju/Tidak Setuju/Sanga Tidak Setuju, Sangat Setuju, Normal).

4. Seberapa setuju/tidak setujukah anda dengan pernyataan berikut.Saya sering memulai kegiatan namun jarang menyelesaikannya. (Jawab dengan: Setuju/Tidak Setuju/Sanga Tidak Setuju, Sangat Setuju, Normal).

5. Seberapa setuju/tidak setujukah anda dengan pernyataan berikut.Jika pekerjaan lebih susah dari yang saya perkirakan, saya tidak akan teruskan. (Jawab dengan: Setuju/Tidak Setuju/Sanga Tidak Setuju, Sangat Setuju, Normal).

6. Seberapa setuju/tidak setujukah anda dengan pernyataan berikut.Saya takut mencoba hal baru karena saya takut gagal. (Jawab dengan: Setuju/Tidak Setuju/Sanga Tidak Setuju, Sangat Setuju, Normal).
7. Mengapa anda berniat mengikuti Program Kartu Prakerja?

8. Seberapa setuju/tidak setujukah anda dengan pernyataan berikut. Jika pekerjaan lebih susah dari yang saya perkirakan, saya tidak akan teruskan (Jawab dengan: Setuju/Tidak Setuju/Sanga Tidak Setuju, Sangat Setuju, Normal).


Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja 2020

Nah, diatas tadi merupakan contoh soalnya ya, bagaimana soalnya menurut kalian? 

Disini saya akan memberikan Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja beserta dengan Jawabannya.

Soal Tes ini terdiri dari 18 Soal.
Untuk Jawaban Tes Motivasi bisa disesuaikan dengan jawaban kamu sendiri ya.

























Jika sudah menjawab semua soal, silahkan klik/tekan tombol Selesai. Lalu, Konfirmasi Jawaban dengan klik/tekan tombol Ya, Sudah.

Setelah berhasil menjalankan tes, maka akan munucl notifikasi seperti berikut ini.


Untuk melakukan pendaftaran, kamu cukup klik/tekan tombol Cek Dashboard

Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja 2021

Nah, diatas tadi merupakan contoh soal tes motivasi dan kemampuan dasar kartu prakerja 2020

Disini saya akan memberikan Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja 2021 beserta dengan Jawabannya.

Soal Tes ini terdiri dari 27 Soal.
Untuk Jawaban Tes Motivasi bisa disesuaikan dengan jawaban kamu sendiri ya.































































Silahkan kamu klik/tekan tombol Gabung.

Lalu klik/tekan lagi, tombol Ya, Gabung


Kemudian, silahkan kamu Baca Syarat dan Ketentuan dan Juga pernyataan dari Program Kartu Prakerja ini. Jika sudah selesai membaca dan pahami isinya, silahkan tekan tombol Saya menyetujui.


Jika berhasil melakukan penndaftaran, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini dan pernyataan Pendaftaran kamu sedang di Evaluasi.


Semoga kamu lolos di Program Kartu Prakerja ini ya.

Akhir Kata

Oke. Itulah dia contoh dari Soal Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja. Semoga informasi ini dapat membantu kalian. Terimakasih telah berkunjung di Fivser.
Content Creator For Fivser.com

Post a Comment

Jangan Spam, Jangan Berkata Kasar dan Kotor
© Fivser. All rights reserved. Developed by Jago Desain