Soal Latihan Pemodelan Perangkat Lunak (PPL) SMK [+Kunci Jawaban] 2020

Pemodelan Perangkat Lunak atau PPL merupakan sebuah disiplin ilmu guna mempelajari bentuk-bentuk permodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek.


Disini akan kita bahas soal latihan,uts, uas pemodelan perangkat lunak(ppl) kelas 11 semester 1 dan semester 2 pilihan ganda dan esai beserta jawabannya.

Pilihan Ganda

Langsung saja simak 30 contoh soal pilihan ganda dan 20 esai nya dibawah ya.

1. Pada struktur percabangan, program akan berpindah urutan pelaksanaan jika suatu kondisi yang disyaratkan dipenuhi. Pada proses seperti ini symbol flowchart yang harus digunakan….

a. Decision
b. Process
c. Preparation
d. Predefined
e. Data

2. Kumpulan sketsa gambar yang disusun secara berurutan dan disesuaikan dengan naskahnya, merupakan defenisi dari...

a. Storyboard
b. Squensy Diagram
c. Class Diagram
d. ERD
e. Flowchart

3. Diagram yang menggambarkan suatu lingkaran besar yang dapat mewakili seluruh proses merupakan pengertian level diagram…

a. Diagram konteks
b. Diagram nol
c. Diagram nilai
d. Diagram batang
e. Diagram static

4. Struktur pengulangan terdiri dari dua bagian, yaitu kondisi pengulangan dan badan pengulangan. Yang dimaksud dengan badan pengulangan…

a. Menetapkan nilai counter sama dengan awal
b. Satu atau lebih instruksi yang akan diulang
c. Mengeksekusi instruksi pernyataan yang ada dibadan loop pengulangan.
d. Syarat yang harus dipenuhi untuk melaksnakan pengulangan
e. Menaikkan atau menurunkan nilai counter sesuai dengan jumlah yang diulang

5. Memproses keputusan yang tepat dan sesuai dengan yang keinginan pengguna system berdasarkan beberapa kondisi yang terjadi pada sistem yang digunakan tersebut. Pernyataan ini merupakan fungsi dari….

a. Algoritma Berurutan
b. Algoritma Pengulangan
c. Algoritma
d. Algoritma Percabangan
e. Algoritma Pengakhiran

6. Inti dari algoritma percabanganya itu suatu program atau system akan mengerjakan sebuah perintah yang disesuaikan dengan kondisi atau syarat tertentu. Berikut macam-macam algoritma percabangan…

a. Percabangan cout
b. Percabang ancin
c. Percabangan untuk 2 kondisi
d. Percabangan cerr
e. Percabangan off

7. Diagram yang merupakan suatu lingkaran besar dan mewakili lingkaran kecil didalamnya, merupakan pengertian level diagram…

a. Diagram konteks
b. Diagram nol
c. Diagram nilai
d. Diagram batang
e. Diagram static

8. Alur kerja (work flow) atau kegiatan dari sebuah system atau menu yang ada dalam perangkat lunak merupakan pengertian dari..

a. Activity diagram
b. Story board
c. ERD (Entity Relationship Diagram)
d. DFD (Data Flow Diagram)
e. Sequence diagram

9. Suatu diagram yang menggambarkan interaksi objek dan mengidentifikasikan atau memberi petunjuk atau tanda komunikasi diantara objek tersebut. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…

a. Story board
b. ERD
c. DFD
d. Sequence diagram
e. Activity diagram

10. Untuk memahami software dan akhirnya memahami rekayasa software, maka kita harus mengetahui karakteristik software. Berikut ini adalah karakteristik software…

a. Software dapat dikembangkan atau direkayasa
b. Software tidak habis dipakai tetapi software bisa usang (obsolete)
c. Software tidak habis dipakai tetapi software bisa usang (obsolete)
d. Jawaban a, b, dan c benar
e. Jawaban a dan b benar

11. Perhatikan pernyataan dibawah ini

1. untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan film
2. untuk memudahkan orang lain memahami alur cerita
3. memudahkan pembuatan film dalam memvisualisasikan idenya
4. membantu menjelaskan suatu alur / narasi
 
Dari pernyataan diatas, yang termasuk dalam tujuan story board adalah nomor…

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. Semua benar

12. Kumpulan sketsa gambar yang disusun secara berurutan dan disesuaikan dengan naskahnya, merupakan defenisi dari...

a. Storyboard
b. Squensy Diagram
c. Class Diagram
d. ERD
e. Flowchart

13. Ada banyak tipe data yang tersedia, tergantung jenis bahasa pemrograman yang anda pakai. Namun secara umum dapat dikelompokkan menjadi dua…

a. Integer dan Pascal
b. Real Dan Char
c. primitive dan composite
d. String Dan Pascal
e. Flowchart dan Algoritma

14. Struktur dasar algoritma terdiri dari satu atau lebih instruksi, yang setiap instruksinya dikerjakan secara berurutan sesuai dengan urutan penulisan algoritma tersebut. Sebuah instruksi dikerjakan dan diulang kembali, instruksi tersebut termasuk…

a. Struktur Instruksi
b. Struktur Perulangan
c. Struktur pemilihan
d. Struktur Sekuensial
e. Struktur Bersyarat

15. 
Start
READ alas, tinggi
Luas = 0.5 * alas * tinggi
PRINT Luas
Stop

Algoritma diatas merupakan contoh jenis algoritma dari……

a. Basic
b. Flowchart
c. Structure English
d. Pascal
e. Pseudo-code

16. Sebuah teknik perancangan Desain WEB yang melibatkan embedding script dalam dokumen HTML yang diminta oleh client dari sebuah server. Merupakan penjelasan dari…?

a. Server side scripting
b. Caching
c. Web server
d. C++
e. Client side scripting

17. Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah merupakan pengertian dari….

a. Algoritma
b. Tipe-tipe data
c. Flowchart
d. Konsttanta
e. Variable

18. Sebagai alat pembuat model yang memungkinkan professional system untuk menggambarkan system sebagai suatu jaringan proses fungsional ,merupakan fungsi dari...

a. Flowchart
b. Diagram class
c. Diagram batang
d. ERD
e. DFD

19. Visual dari struktur sistem program pada kelompok-kelompok yang dibentuk, merupakan defenisi dari...

a. Flowchart
b. DFD
c. ERD
d. Squency Diagram
e. Class Diagram

20. Referensi grafis dari work flow dari kegiatan dan tindakan bertahap untuk di dukung untuk pilihan literasi dan con currency. Merupakan pengertian dari…

a. Simbol
b. Flowchart
c. Class diagram
d. ERD
e. Activity diagram

21. Bagian activity class diagram yang berfungsi sebagai asosiasi percabangan dengan pilihan lebih dari satu merupakan simbol dari?

a. Activitas
b. penggabungan
c. Entusias
d. Decision
e. Choice

22. Yang merepresentasikan entitas yang berada diluar system dan interaksi dengan system meerupakan fungsi dari …..

A. Aksi
B. Activity
C. Actor
D. Button
E. Life line

23. Diagram yang mengurangi proses apa yang ada dalam diagram nol disebut diagram…

a. Class diagram
b. Sequance diagram
c. Activity diagram
d. Diagram rinci
e. Diagram konteks

24. Perhatikan teks dibawah ini !

- Tidak bisa membuat instance atau objek baru dari sebuah interface
- Sebuah interface tidak memiliki kode implementasi sedangkan class memiliki salah satunya.

Teks diatas merupakan ….. dari interface

a. Isi
b. Pengertian
c. Ciri – ciri
d. Tujuan
e. A , B , C dan D benar

25. Model static yang menggambarkan struktur dan deskripsi class serta hubungannya dengan class, merupakan pengertian dari.....

a. Simbol
b. Activity diagram
c. Class diagram
d. Storyboard
e. Flowchart

26. Suatu modul untuk menjelaskan hubungan antara dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antara relasi ERD untuk memodulkan struktrur data dari hubungan antara data untuk menggambarkan digunakan beberapa notasi dan symbol merupakan pengertian dari...

a. Simbol
b. Sequence diagram
c. Class diagram
d. Flowchart
e. ERD

27. 
  1. Apa kelebihan produk
  2. Syarat khusus yang dari cilent
  3. Menentukan bentuk projek
  4. Mengidentifikasi kebutuhan pembuatan objek
  5. Mengumpulkan data sebanyak mungkin
Dari contoh di atas, langkah – langkah dalam pembuatan storyboard yang benar.....

a. 1,2,3,4 dan 5
b. 1,3,5,4 dan 2
c. 2, 1,5,3 dan 4
d. 4,3,1,2 dan 5
e. 5,4,3,2 dan 1

28. Toolbox merupakan tempat dimana komponen komponen yang kita butuhkan dalam merancang suatu aplikasi, adapun komponen yang tidak terdapat di toolbox...

a. Label
b. Button
c. Folderbrowserdialog
d. Menustrip
e. Bookmarks

29. 
Suatu titik dimana sebuah objek mulai berpartisipasi didalam sebuah sequence yang Menunjukkan kapan sebuah objek mengirim atau menerima objek

Merupakan pengertian dari...

a. Lifeline
b. Aktor
c. Activation
d. Entity
e. General

30. Form pada visual studio berfungsi sebagai lembar kerja atau tempat komponen komponen yang dibutuhkan dalam perancangan aplikasi, maka rumus yang dibutuhkan untuk menghubungkan dari form satu ke form yang lainnya dengan rumus...

a. Me.close
b. End sub
c. Form.show
d. End class
e. End if

ESSAY!

1. Suatu bagian diagram dengan symbol-symbol grafis yang menyatakan aliran algoritma detail dan prosedur system secara logika merupakan pengertian dari... 
Jawaban: Flowchart

2. Suatu titik dimana sebuah objek mulai berpartisipasi didalam sebuah sequence yang Menunjukkan kapan sebuah objek mengirim atau menerima objek  Merupakan pengertian dari... 
Jawaban: Activation

3. Sebutkan 4 macam DBMS versi komersial yang sering digunakan sekarang ini?
Jawaban: Oracle, Microsoft SQL Server, IBM DB2, Microsoft Access

4. Sebutkan 4 macam DBMS versi ‘open source’ yang sering digunakan saat ini?
Jawaban: MySQL, PostgreSQL, Firebird, SQLite

5. Sebutkan singkatan dari CRUD ?
Jawaban: Create, Read, Update, Delete

6. Sebutkan singkatan dari ERD dan DFD ?
Jawaban: ERD : Entity Relationship Diagram. DFD : Data Flow Diagram

7. Kumpulan sketsa gambar yang disusun secara berurutan dan sesuai dengan naskahnya sehingga ide cerita bisa di sampaikan merupakan pengertian dari…
Jawaban: StoryBoard

8. Apakah proses pembuatan software itu serupa dengan proses produksi pada pabrik mobil? Jelaskan Alasannya!
Jawaban: Berbeda dalam pengertian membuat software itu disesuaikan dengan kebutuhan yang spesifik pengguna, seperti mengolah baju sesuai pesanan si pengguna. Pabrik mobil bersifat masal.

9. Mengapa ada proses atau tahapan dalam rekayasa perangkat lunak ?
Jawaban: Agar software dapat memenuhi kebutuhan si pengguna (user), dan program yang dibuat tidak “tambal sulam”

10. Jelaskan kegiatan Analis Sistem secara singkat!
Jawaban: Kegiatan analis sistem adalah kegiatan untuk melihat sistem yang sudah dan sedang berjalan, melihat bagian mana yang bagus dan tidak bagus, mendokumentasikan kebutuhan yang akan dipenuhi dalam sistem yang baru.

Hasil akhir dari analisis sitem adalah sebuah dokumen yang menjelaskan mengenai spesifikasi kebutuhan sistem informasi atau SRS (Software Requirement Spesification)

11. Suatu diagram yang menggambarkan interaksi objek dan mengidentifikasikan komunikasi diantara objek tersebut, merupakan pengertian dari squence diagram, sebutkan 6 simbol dari squence diagram!
Jawaban: 
A. Actor
B. Entity Class
C. Boundary Class
D. Control Class
E. Focus Of Control dan Life Line
F. Massage

12. Text To Speak adalah aplikasi yang dirancang untuk merubah text menjadi suara, dalam perancangan aplikasi text to speak dibutuhkan komponen apa saja...
Jawaban:
A. Label
B. Text Box
C. Track Bar
D. Button

13. Sebutkan proses umum dalam merekayasa perangkat lunak?
Jawaban: Analisis – Perancangan – Implementasi – Pengujian

14. Sebutkan langkah-langkah dalam membuat perangkat lunak agar mencapai tujuan pembuatan perangkat lunak yang berkualitas?
Jawaban: Spesification – Development – Validation – Evolution
(membuat spek, mengembangkan, mengecek/validasi –menyesuaikan)

15. Sebutkan Teknik Pengumpulan Data yang kalian ketahui ?
Jawaban: Wawancara, Kuesioner dan Observasi

16. Sebutkan singkatan dari DBMS dan SQL?
Jawaban: DBMS : DataBase Management System .SQL : Structure Query Language

17. Sebutkan Singkatan dari SDLC ?
Jawaban: SDLC : Software/System Development Life Cycle

18. Sebutkan beberapa model dalam SDLC
Jawaban: Model Waterfall, Model Prototype, Model RAD,Model Spiral

19. Jelaskan pengertian dari Perangkat Lunak !.
Jawaban: Perangkat Lunak adalah program komputer yang didalamnya terdapat dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan(user manual)

20. Jelaskan pengertian dari System !
Jawaban: Sistem merupakan kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai suatu tujuan Komponen itu berupa input, proses, ouput, boundary, feedback, metod/standard.